DMOZ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Open Directory Project)
Langsung ke: navigasi, cari
Dmoz
DMOZ logo.png
Dmoz Screenshot.png
Halaman utama Dmoz.org
URL www.dmoz.org
Komersial? Tidak
Jenis situs Direktori web
Pendaftaran Pilihan
Bahasa Inggris
Lisensi konten Proyek Direktori Terbuka
Pemilik Netscape AOL
Dibuat oleh Netscape
Diluncurkan 5 Juni 1998
Status saat ini Aktif

Proyek Direktori Terbuka (bahasa Inggris: Open Directory Project, disingkat ODP), dikenal dengan nama Dmoz (dari nama domain aslinya, directory.mozilla.org) adalah sebuah direktori konten terbuka multibahasa dari World Wide Web, direktori ini disusun dan dirawat oleh sekumpulan editor sukarela dari sebuah komunitas maya. Direktori ODP tidak mencari keuntungan dalam mendaftarkan situs-situs web yang dikirimkan. ODP menggunakan skema hierarkis ontologi untuk mengatur daftar situs-situs web dalam direktorinya. Daftar situs-situs web dalam direktori ODP yang memiliki topik serupa dikelompokkan ke dalam sebuah kategori, yang dapat mencakup kategori yang lebih kecil.

Informasi proyek[sunting | sunting sumber]

Rich Skrenta, pendiri Proyek Direktori Terbuka.

ODP telah didirikan di Amerika Serikat dengan nama Gnuhoo oleh Rich Skrenta dan Bob Truel pada tahun 1998 saat mereka berdua bekerja sebagai insinyur untuk Sun Microsystems. Chris Tolles, yang bekerja di Sun Microsystems sebagai kepala pemasaran untuk produk keamanan jaringan, juga ikut bergabung pada tahun 1998 sebagai seorang wakil pendiri Gnuhoo bersama dengan pendiri Bryn Dole dan Jeremy Wenokur, Rich Skrenta telah mengembangkan TASS, yang merupakan versi lanjutan dari pendahulunya Tin, dan thread populer Usenet pembaca berita untuk Unix sistem. Kebetulan, struktur kategori asli dari direktori Gnuhoo berdasarkan bebas pada struktur newsgroup Usenet yang kemudian mulai eksisten.

Direktori Gnuhoo mulai berjalan pada tanggal 5 Juni, tahun 1998. Sesudah sebuah artikel Slashdot memberi saran pada Gnuhoo agar selalu menggunakan perangkat-perangkat yang berhubungan erat dengan Perangkat gratis,[1] sebagaimana proyek GNU lain yang lebih dulu telah ada, Richard Stallman dan Free Software Foundation keberatan dengan penggunaan sistem GNU pada Gnuhoo. Jadi Gnuhoo mengganti nama menjadi NewHoo. Namun Yahoo! ikut merasa keberatan dengan penggantian nama tersebut, karena menggunakan kata Hoo, sehingga memaksa mereka untuk mengganti nama kembali menjadi ZURL, karena nama ZURL merupakan pilihan yang paling memungkinkan dari nama-nama lain.[2] Namun, ketika belum sempat beralih ke ZURL, Netscape Communications Corporation lebih dahulu mengakusisi pada Oktober 1998 dan namanya berubah menjadi Open Directory Project. Netscape merilis data ODP dibawah lisensi Proyek Direktori Terbuka. Tak lama kemudian Netscape diakusisi oleh AOL, dan ODP menjadi salah satu aset yang ikut diakusisi oleh AOL. Kemudian AOL bergabung dengan Time Warner.

ODP dengan ukuran tanggal.

Pada saat Netscape mulai mengambil pekerjaan dalam mengurus proyek ini, Proyek Direktori Terbuka memiliki sekitar 100.000 URL diindeks dengan kontribusi dari sekitar 4.500 editor, Pada tanggal 5 Oktober 1999, jumlah URL yang diindeks oleh ODP mencapai satu juta. Menurut perkiraan yang tidak resmi, lalu pada bulan April 2000 URL dalam Proyek Direktori Terbuka mencapai angka 1.600.000, jumlah itu melebihi jumlah orang-orang di Direktori Yahoo!.[3] ODP mencapai tonggak dari pengindeksan dua juta URL pada tanggal 14 Agustus 2000, tiga juta pendaftaran pada tanggal 18 November 2001 dan empat juta pada tanggal 3 Desember 2003.

Sejak Januari 2006, Proyek Direktori Terbuka menerbitkan laporan online untuk menginformasikan publik tentang perkembangan proyek ini. Laporan pertama membahas perkembangan proyek pada tahun 2005. Laporan bulanan yang diterbitkan, dilanjutkan sampai September 2006.[4] Laporan ini memberikan wawasan yang lebih luas pada fungsi direktori daripada statistik yang telah disederhanakan yang diberikan di halaman depan direktori. Jumlah pendaftaran dan kategori dikutip di halaman depan termasuk "Test" dan "Bookmarks" dari kategori, tapi ini tidak termasuk dalam RDF dump ditawarkan kepada pengguna. Jumlah editor yang telah memberikan kontribusi ke direktori pada tanggal 31 Maret 2007 adalah 75.151.[5] Ada sekitar 7.330 editor aktif pada bulan Agustus 2006.[4]

Kegagalan sistem dan penghentian mengedit, Oktober sampai Desember 2006[sunting | sunting sumber]

Tampilan situs Dmoz ketika mengalami kegagalan sistem, pada Oktober-Desember 2006

Pada tanggal 20 Oktober 2006, server utama ODP mengalami kegagalan sistem,[6] hal itu mengakibatkan para editor tidak bekerja di direktori sampai dengan tanggal 18 Desember 2006. Selama periode itu, pengurus ODP menampilkan isi direktori dari versi terdahulu, sebagai tampilan sementara dari direktori. Pada tanggal 13 Januari 2007, situs dan isi daftar direktori berhasil diperbaiki, sehingga direktori kembali tersedia .[7] Pada tanggal 26 Januari 2007, ODP mulai membuat data cadangan mingguan, yang disebut RDF dumps, dan terus dilanjutkan hingga sekarang. Untuk menghindari gangguan pada masa mendatang, sistem ini sekarang berada pada konfigurasi, dengan lebih dari dua server berbasis Intel.[8]

Persaingan dan proyek spin-off[sunting | sunting sumber]

Sejalan dengan berjalannya waktu ODP menjadi lebih dikenal luas, dan dua direktori pesaing yang setingkat dengan ODP Direktori web, ikut menerapkan sistem pengolahan kontennya oleh editor sukarela, direktori pesaing ODP ini bernama Go.com dan Zeal, keduanya kini telah ditutup. karena direktori ini tidak memberi lisensi kepada konten mereka untuk didistribusikan sebagai konten terbuka yang dimiliki oleh mereka.[9][10]

Konsep menggunakan sukarela dalam skala besar sebagai editor untuk mengkompilasi konten online telah berhasil diterapkan untuk jenis proyek lainnya, yang juga milik Rich Skrenta. Model dari cara mengedit isi konten ODP, langsung terinspirasi ke tiga proyek konten terbuka lain, yang menggunakan editor sukarela pula, tiga proyek terbuka milik Rich Skrenta itu adalah,

  • ChefMoz, yaitu sebuah direktori konten terbuka mengenai restoran.[11]
  • MusicMoz, yaitu sebuah direktori musik terbuka.[12]
  • Open Site, yaitu sebuah ensiklopedia berbentuk direktori.[13]

Ketiga situs direktori yang merupakan proyek spin-off dari Proyek Direktori Terbuka tersebut masih berjalan dengan normal sampai sekarang, dengan sistem yang masih sama seperti awal ketiga situs direktori ini dibuat.

Pemeringkatan situs[sunting | sunting sumber]

Skala PageRank

Proyek Direktori Terbuka atau ODP diawali dengan kumpulan situs web yang dipilih oleh editor sukarela Proyek Direktori Terbuka. Setelah itu, Google akan menerapkan teknologi PageRank yang telah dipatenkan dan berbagai faktor lain untuk menentukan peringkat situs berdasarkan tingkat kepentingannya. Untuk melihat PageRank dari suatu halaman web, Google membuat skala berbentuk panel horizontal berwarna hijau dengan peringkat 1 sampai 10 yang ditampilkan di sebelah setiap halaman Web, menunjukkan tampilan Google atas tingkat kepentingan halaman. Pendekatan unik untuk menentukan peringkat situs Web ini memungkinkan halaman berkualitas terbaik muncul pertama sebagai hasil teratas dalam kategori direktori Google apapun.

Konten umum[sunting | sunting sumber]

Gnuhoo meminjam kerangka dasar untuk ontologi awal yang berasal dari Usenet. Pada tahun 1998, Rich Skrenta berkata, "Saya mengambil daftar panjang kelompok dan diubah dengan tangan mereka (editor sukarela) menjadi sebuah hirarki." Sebagai contoh, topik yang tercakup dalam grup berita Usenet yang diadopsi pleh Rich Skrenta adalah comp.ai.alife diwakili oleh kategori Komputer / AI / Artificial Life. Divisi Gnuhoo yang sebenarnya adalah bertopik dewasa, seni, bisnis, komputer, permainan, kesehatan, rumah, berita, rekreasi, referensi, regional, sains, belanja, sosial, dan olahraga. Meskipun tingkat atas lima belas kategori tersebut tetap utuh, namun ontologi kedua dan kategori tingkat rendah telah mengalami evolusi bertahap perubahan signifikan yang dimulai dengan diskusi antara editor, dan kemudian diterapkan ketika konsensus telah tercapai.

Perawatan[sunting | sunting sumber]

Pendaftaran Direktori diatur oleh para editor sukarela. Sementara beberapa editor fokus pada penambahan pendaftaran baru, editor yang lain fokus pada pemeliharaan daftar yang ada. Ini termasuk tugas-tugas seperti pengeditan daftar individu untuk mengoreksi ejaan dan kesalahan tata bahasa, serta memantau status situs yang terhubung, dan selanjutnya diserahkan melalui pengajuan situs untuk menghapus spam dan duplikasi pengiriman yang terjadi pada ODP. Robozilla adalah situs pengeruk atau web crawler tertulis untuk memeriksa status dari semua situs yang terdaftar di ODP. Secara berkala, situs Robozilla akan memberikan tanda atau ciri dengan bentuk bendera, yang akan muncul telah pindah ataupun menghilang, dengan begitu editor akan menindak lanjut untuk memeriksa situs dan mengambil tindakan selanjutnya. Proses ini sangat penting untuk direktori dia berjuang untuk mencapai salah satu tujuan didirikan: untuk mengurangi link tak berguna dalam direktori web. Tak lama setelah itu, situs yang ditandai dengan kesalahan, secara otomatis dipindahkan ke antrian pengulangan dimana editor sukarela lain dapat melakukan penyelidikan atas situs yang ditolak oleh editor sebelumnya, namun itu dapat dilakukan bila waktu memungkinkan.

Lisensi dan persyaratan[sunting | sunting sumber]

ODP data dibuat untuk didistribusikan sebagai konten terbuka dibawah persyaratan Lisensi Open Directory, yang membutuhkan meja ODP atribusi spesifik pada setiap halaman Web yang menggunakan datanya. Lisensi Open Directory juga mencakup persyaratan bahwa pengguna data terus-menerus memeriksa situs ODP untuk update dan menghentikan penggunaan dan distribusi data atau karya yang berasal dari data sekali update terjadi. Pembatasan ini mendorong Free Software Foundation untuk mengacu pada lisensi Open Directory, yaitu dokumentasi yang berlisensi non-bebas, mengutip hak untuk mendistribusikan versi yang diberikan tidak permanen, dan kebutuhannya untuk memeriksa perubahan lisensi.

RDF dumps[sunting | sunting sumber]

Data ODP yang tersedia pada RDF dumps adalah data seperti yang diterbitkan pada server unduhan khusus, di mana sebuah arsip data ODP dari versi sebelumnya telah disediakan untuk memberikan data cadangan kepada ODP bila mengalami kerusakan ataupun kegagalam pada sistemnya. Versi baru RDF dumps biasanya dibuat setiap minggu. Editor ODP memiliki katalog sejumlah bug yang telah ditemui ketika menerapkan RDF dumps pada ODP, termasuk kesalahan pengkodean UTF-8 (telah diperbaiki sejak Agustus 2004) dan format RDF yang tidak sesuai dengan spesifikasi RDF akhir, karena generasi RDF dump pada ODP digunakan sebelum spesifikasi RDF diselesaikan. Jadi, sementara hari ini RDF dumps menggunakan Bahasa skrip XML, yang tidak terlalu ketat, tetapi format RDF ODP lebih spesifik. Perangkat lunak untuk proses RDF dump ODP perlu memperhitungkan ini.

Konten pengguna[sunting | sunting sumber]

Data dari Proyek Direktori Terbuka atau ODP ini adalah merupakan layanan inti untuk banyak situs mesin pencari dan portal web terbesar, termasuk Netscape Search, AOL Search, Google, dan Alexa. Penggunaan lain yang juga buatan dari data ODP adalah seperti pada musim semi tahun 2004, Overture mengumumkan sebuah layanan pencarian untuk pihak ketiga yang menggabungkan hasil pencarian Direktori Yahoo! dengan judul, deskripsi, dan data meta dari data ODP. Mesin pencari Gigablast juga mengumumkan pada 12 Mei 2005 bahwa juga ikut menggunakan data dari hasil pencarian dari data ODP. Teknologi ini memungkinkan melakukan pencarian situs yang terdaftar dalam kategori yang lebih spesifik dari data ODP, "dapat langsung menciptakan lebih dari 500.000 mesin pencari vertikal". Pada tanggal 8 September 2006, tercatat 313 situs web Bahasa Inggris yang menggunakan data ODP serta ada 238 situs dalam bahasa lain. Namun, angka-angka tersebut tidak mencerminkan gambaran penuh mengenai jumlah situs yang menggunakan data dari ODP, karena banyak juga situs-situs yang menggunakan data ODP, namun tidak mengikuti syarat-syarat lisensi Open Project sehingga tidak dimasukan dalam daftar situs yang menggunakan data ODP.

Kebijakan dan prosedur[sunting | sunting sumber]

Kebijakan ODP adalah untuk memasukkan situs yang memiliki isi yang unik, dimana hal ini berarti banyak situs tidak terkualifikasi untuk dimasukkan. Di antara situs yang hampir pasti ditolak adalah situs yang punya isi dari hasil plagiarisme atau yang sering dikenal dengan Copy-Paste dari situs lain. Beberapa isinya dapat diterima tapi ketika editor sukarela mendapatkan ada isi dari banyak yang mengduplikasi dari situs lain, maka situs tersebut akan ditolak, sehingga dalam menyaring situs seperti itu, ODP membutuhkan editor sukarela, namun tidak semua orang dapat menjadi editor sukarela ODP, Ada pembatasan yang dikenakan kepada para calon editor sukarela ODP. Mekanisme Gatekeeping atau gerbang penyaringan utama adalah sebuah aplikasi editor proses dimana calon editor menunjukkan kemampuan mengedit mereka, bukannya mengungkapkan aplikasi yang mungkin menimbulkan konflik kepentingan, sedangkan justru sebaliknya memberikan rasa bagaimana para calon editor mungkin akan merasa setuju dan menyatu dengan budaya dan misi ODP.[14] sebagian besar aplikasi yang ditolak, namun mungkin diwaktu lain aplikasi dari para calon editor diperkenankan untuk mendaftar lagi. Standar yang sama berlaku untuk editor dari semua kategori dan subkategori ODP lainnya.

Setelah menjadi seorang editor sukarela ODP, editor tersebut umumnya baru akan memiliki izin mengedit hanya dalam sebuah ruang lingkup kategori kecil. Begitu mereka telah menunjukkan kemampuan pengeditan dasar sesuai dengan pedoman mengedit ODP, baru mereka dipersilahkan untuk mengajukan permohonan hak mengedit tambahan, baik dalam kategori yang lebih luas, atau dalam kategori di tempat lain dalam direktori. Hubungan Mentor dengan editor adalah untuk mendorong dan memotivasi para editor, dan internal Dmoz menyediakan alat untuk editor baru untuk mengajukan pertanyaan kepada mentor atau yang lebih senior dari editor tersebut.

ODP memiliki forum internet internalnya sendiri, yang isinya hanya untuk editor sukarela untuk berkomunikasi satu sama lain terutama tentang topik mengedit. Akses ke forum membutuhkan akun editor, dan editor diharapkan untuk menjaga isi dari forum ini dari hal yang tidak memiliki sangkut paut dengan topik mengedit di Dmoz.[15]

Seiring waktu, editor senior dapat diberikan hak istimewa tambahan yang mencerminkan pengalaman mengedit dan kepemimpinan dalam komunitas pengeditan di ODP. Yang paling mudah adalah hak istimewa untuk mengedit semua kategori yang ada di Dmoz dengan aplikasi baru "editall", yang memungkinkan editor untuk mengakses semua kategori dalam direktori ODP. Meta hak tambahan memungkinkan editor untuk melakukan tugas-tugas seperti mereview aplikasi editor, pengaturan fitur kategori, dan penanganan laporan penyalahgunaan eksternal dan internal. Hak istimewa "Cateditall" mirip dengan editall, tetapi hanya untuk kategori direktori tunggal. Demikian pula, hak istimewa catmod mirip dengan meta, tetapi hanya untuk kategori direktori tunggal. hak "Catmv" memungkinkan editor untuk melakukan perubahan pada ontologi direktori dengan menggerakkan atau mengganti nama kategori. Semua hak istimewa yang diberikan oleh admin dan staf, biasanya diluncurkan setelah diskusi dengan editor meta.

Pada bulan Agustus 2004, tingkat baru dari hak istimewa yang disebut admin diperkenalkan. Administrator memiliki kemampuan untuk memberikan hak istimewa + editall untuk editor sukarela lain dan untuk menyetujui kebijakan direktori yang terbaru, otoritas yang sebelumnya hanya tersedia bagi staf editor penting,[16] kini sebuah daftar lengkap itu dipublikasi secara bebas untuk para editor lain,[17] seperti daftar dari semua editor saat ini.[18]

Semua editor ODP diharapkan untuk mematuhi Pedoman penyuntingan pada ODP. Pedoman ini menjelaskan dasar-dasar editing seperti, jenis situs apa yang dapat terdaftar dan yang tidak mungkin, bagaimana daftar situs harus diberi judul dan dijelaskan secara luas dan konsisten. Editor sukarela yang tertangkap telah melanggar pedoman dapat dihubungi oleh staf atau editor senior, dan akan dikurangi hak izin editnya, ataupun dihilangkan hak editnya, Pedoman ODP secara periodik direvisi setelah diskusi di forum editor.

Pengiriman situs[sunting | sunting sumber]

Salah satu motivasi awal dari pembentukan Gnuhoo / Newhoo / ODP adalah banyaknya orang yang ahli frustasi dengan situs web mereka yang telah memenuhi syarat untuk terdaftar di Direktori Yahoo!, namun mendapatkan informasi bahwa situs web mereka ditolak di Direktori Yahoo!. Karena Yahoo! menerapkan layanan berbayar tanpa pertimbangan yang lebih mendalam. Sistem pengiriman situs seperti ini telah diikuti oleh banyak direktori lain. beberapa penerimaan tidak gratis seluruhnya. Dengan begitu, banyak orang-orang frustasi karena masalah itu, dengan banyaknya direktori kompetitor yang menggunakan sistem berbayar tersebut membuat ODP semakin mempertahankan kebijakannya mengenai penerimaan situs secara gratis untuk semua jenis situs — ODP adalah satu-satunya direktori umum besar yang mempunyai kebijakan seperti itu, saat itu.

Salah satu dampaknya telah terjadi perbedaan yang bertahap antara ODP dan direktori lain dalam keseimbangan kontennya yaitu, bila situs direktori komersial pemilik situsnya membayar-untuk-model inklusi yang hanya terasa baik bagi yang mampu dan mau membayar, yang mempunyai akibat yaitu situs-situs web komersial yang cenderung mendominasi dalam direktori tersebut.[19] Namun bandingkan, sebuah direktori yang terdiri dari sukarela yang akan lebih cepat menanggapi dan mengerti tujuan dari sukarela itu, sehingga daftar-daftar milik ODP mempunyai sebuah bagian yang lebih baik dari segi informasi dan segi ekonominya, dibandingkan direktori yang mencari keuntungan dengan meminta bayaran dalam pengiriman situsnya.

Dampak lain dari kebijakan pengiriman gratis yang dilakukan ODP adalah ODP mempunyai jumlah situs yang luar biasa banyak dalam menunggu untuk diseleksi. Dalam jumlah yang banyak tersebut juga banyak yang terdiri dari situs spam dan situs yang salah dalam pengirimannya.[20] sehingga rata-rata waktu yang diperlukan untuk memproses pengiriman situsnya semakin lama ke setiap tahunya. Namun bagaimanapun lamanya tidak bisa diprediksi, sejak variasi pemprosesan semakin diperketat: sebuah pengiriman mungkin diproses dalam hitungan jam atau bahkan bisa hingga hitungan tahun.[21] Bagaimanapun, pengiriman situs adalah satu-satunya jalan dalam menambah daftar baru pada ODP. Para editor tidak diperintah untuk memeriksa daftar baru mereka, dan yang sebenarnya adalah terdorong untuk menggunakan sumber lain.[21][22]

Perdebatan dan kecaman[sunting | sunting sumber]

Cuplikan forum editor yang berisi laporan editor mengenai kecurangan dalam melakukan penerimaan pada situs web yang dicurigai dikirim dan diterima oleh seorang yang bekerja sebagai editor.

Telah ada dugaan yang mengatakan bahwa editor sukarela ODP membuat keringanan bagi diri mereka sendiri yaitu mengirim dan menerima situs mereka sendiri, sedangkan orang lain harus bersaing dengan sulit untuk mendaftarkan situs mereka di ODP.[23] Dugaan seperti itu diluruskan oleh staf editor ODP dan editor meta, yang mempunyai kekuasaan untuk mendisiplinkan editor sukarela kembali yang dicurigai melakukakan hal itu.[24] Pada 2003, ODP mengenalkan fitur baru Public Abuse Report System yang memperbolehkan masyarakat umum untuk melaporkan dugaan-dugaan dari perbuatan yang dilarang bagi editor lewat sebuah formulir online.[25] Sebuah perdebatan kembali muncul ketika ada dugaan yang terlihat pada situs web forum diskusi internet bernama Webmaster mainstream, mengenai bug pengiriman situs web pada kategori-kategori di ODP yang bisa dikirimkan secara tak terbatas, Meskipun ODP telah menjelaskan secara jelas mengenai kebijakan situs ODP yang hanya memperbolehkan satu situs individu hanya boleh dikirimkan pada hanya satu kategori,[26] Namun dugaan itu terbukti terjadi, setelah pada Oktober 2007, Topix.com, sebuah situs pembaca umpan berita yang dibuat oleh Rich Skrenta yang juga pembuat ODP, mempunyai 10.000 halaman yang terdaftar pada banyak kategori di ODP.[27]

Pada awal penyelesain berbagai perdebatan dan kecaman kepada ODP, staf editor ODP mengambil solusi untuk menyelesaikan perdebatan yang ada, dengan cara ODP memperbolehkan perwakilan dari perusahaan yang terpilih seperti perusahaan Majalah Rolling Stone dan CNN untuk menjadi editor sementara dari ODP, setiap editor perwakilan perusahaan yang terpilih tersebut diberikan hak khusus untuk mendaftarkan setiap halaman situs web yang mereka wakili di ODP.[28] Link ke artikel CNN individu telah ditambahkan hingga tahun 2004 dan telah sepenuhnya dihapus dari direktori pada Januari 2008[29] namun karena perubahan yang dibuat oleh para editor perwakilan perusahaan dianggap ketinggalan zaman dan tidak dianggap sepadan dengan usaha untuk merawat ODP. percobaan editor perwakilan tersebut tidak dilakukan kembali.

Kepemilikan dan manajemen[sunting | sunting sumber]

Mendasari beberapa kontroversi seputar ODP tidak terlepas dari masalah kepemilikan dan manajemen. Seperti adanya beberapa editor yang bekerja pada ODP merasa bahwa mereka telah tertipu karena bergabung dengan perusahaan Gnuhoo yang berubah menjadi ODP.[1] Untuk derajat yang bervariasi, keluhan mereka terus berlanjut sampai sekarang.

Pada saat kelahiran ODP, ada sedikit pemikiran yang diberikan untuk gagasan tentang bagaimana ODP harus dikelola, namun tidak ada forum resmi, pedoman, atau FAQ. Pada dasarnya, hal ini membuat ODP memulai untuk berperilaku bebas.[30]

Seiring berjalannya waktu, forum editor ODP berubah menjadi de facto atau parlemen ODP, dan ketika salah seorang anggota staf ODP akan memuat pendapatnya di forum, itu akan dianggap sebagai keputusan resmi.[15] Meskipun demikian, staf ODP mulai memberikan hak istimewa kepada editor senior yang dipercaya untuk memberi perubahan tambahan, termasuk kemampuan untuk menyetujui aplikasi editor baru, yang akhirnya menghasilkan hirarki bertingkat tugas dan hak-hak di antara editor ODP, dengan staf yang dibayar ODP yang memiliki kata akhir mengenai kebijakan dan prosedur ODP.[16][31]

Proses pemecatan editor[sunting | sunting sumber]

Editor ODP yang tidak dapat Login, karena telah dipecat.

Prosedur pemecatan editor ODP diawasi oleh staff ODP dan editor meta. Mengikuti pada panduan resmi pengeditan ODP, editor yang dipecat adalah editor yang praktek mengeditnya masih buruk dan editor yang bersikap tidak sopan. Diskusi yang dapat mengakibatkan tindakan pendisiplinan terhadap editor sukarela yang terjadi dalam forum editor ODP hanya dapat diakses oleh staf ODP dan editor meta, dan editor sukarela yang sedang dibahas dalam forum editor ODP tidak diberi tahukan bahwa proses tersebut pendisiplinan terhadap dirinya sedang dilakukan oleh para staf ODP dan editor meta.[31] Beberapa orang menyukai pengaturan ini, karena ingin diskusi lebih seperti model pengadilan yang diadakan dalam sistem peradilan Amerika Serikat.[32]

Dalam artikel Editor Removal Explained, editor meta ODP bernama Arlarson menyatakan bahwa "banyak kebingungan tentang pemecatan editor dari hasil ODP dari pernyataan palsu atau menyesatkan oleh mantan editor".[33]

Pedoman kerahasiaan ODP melarang setiap ODP editor saat itu dalam posisi apapun untuk mengetahui apapun dari hasil diskusi mengenai alasan pemecatan editor tertentu.[31] Tapi bagaimanapun, daftar umum dari alasan pemecatan editor adalah untuk contoh yang diberikan dalam pedoman.[34] Di masa lalu, ini telah menyebabkan editor ODP yang dihapus bertanya-tanya dan bingung mengapa mereka tidak dapat login di ODP untuk melakukan pekerjaan pengeditan yang seperti biasa mereka lakukan.[35][36]

Dugaan bahwa editor dipecat untuk mengkritik kebijakan[sunting | sunting sumber]

David F. Prenatt, Jr. (mantan editor ODP netesq) dan mantan editor yang dikenal dengan nama alias The Cunctator mengaku telah dihapus karena tidak setuju dengan staf tentang perubahan kebijakan, dengan memberi perhatian khusus kepada kebijakan hak cipta ODP. Menurut klaim mereka, staf menggunakan alasan bahwa perilaku mereka tidak sopan sebagai alasan untuk memecat mereka dari proyek ODP.[32][37][38]

Daftar hitam situs[sunting | sunting sumber]

Senior editor ODP memiliki kekuasaan untuk melampirkan catatan "warning" atau "do not list" ke domain-domain individu, tapi editor pelampir catatan tersebut tidak memiliki kekuasaan secara sepihak untuk menghapus situs dari daftar situs ODP. Situs dengan catatan ini mungkin masih terdaftar, dan baru bisa dihapus setelah melakukan beberapa diskusi dengan editor senior lain.[39]

Struktur Hirarki[sunting | sunting sumber]

Kritik baru-baru ini terhadap munculnya struktur Hirarki ODP. Banyak yang percaya direktori hirarkis terlalu rumit. Seperti munculnya Web 2.0 baru-baru ini, folksonomi mulai muncul. Orang-orang ini berpikir folksonomi, network, dan grafik diarahkan lebih alami dan lebih mudah untuk mengelola dari hirarki.[40][41][42]

Perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Pencarian[sunting | sunting sumber]

ODP mempunyai perangkat lunak khusus untuk melakukan pencarian situs-situs yang ada dalam direktori ODP dengan nama ODPsearch, perangkat lunak yang digunakan ODPsearch adalah perangkat lunak yang dibuat oleh Isearch yang bernotabene Open source, dibawah lisensi dari Lisensi Umum Mozilla.[43] ODPsearch mempunyai kemampuan lebih dibandingkan perangkat lunak situs lain, karena perangkat lunak ODPsearch mampu menangani beban besar, tanpa menambah beban kepada database dari ODP, dan ODPsearch dapat melakukan pencarian dengan ukuran yang lebih besar dibanding mesin pencari milik Yahoo!.[44]

Forum editor[sunting | sunting sumber]

Forum editor ODP pada awalnya berjalan pada perangkat lunak yang memiliki sistem dasar Ultimate Bulletin Board. Pada Juni 2003, mereka beralih ke sistem open source phpBB. Pada tahun 2007, forum ini yang didukung oleh versi modifikasi dari phpBB.

Penjejak bug[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak pelacakan bug yang digunakan oleh ODP adalah Bugzilla, dan web server menggunakan Apache. Squid web server proxy juga digunakan tetapi dihapus pada bulan Agustus 2007 ketika server penyimpanan ditata kembali. Semua aplikasi ini open source.

Tampilan[sunting | sunting sumber]

Database ODP/perangkat lunak penyunting merupakan sumber tertutup, meskipun Richard Skrenta dari ODP mengatakan pada bulan Juni 1998 bahwa ia sedang mempertimbangkan lisensi dibawah GNU General Public License. Hal ini menimbulkan kritik dari proyek GNU tersebut, banyak dari mereka juga mengkritik lisensi isi ODP.[45]

Dengan demikian, ada beberapa upaya untuk memberikan alternatif untuk ODP. Alternatif-alternatif ini akan memungkinkan komunitas di terutama editor untuk mengatur dan memelihara sumber terbuka/konten terbuka direktori Web mereka sendiri. Namun, tidak ada sumber terbuka yang/alternatif konten terbuka signifikan yang cocok untuk ODP.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The GnuHoo BooBoo". Slashdot. Diakses April 27, 2007. 
  2. ^ Zurl Directory, berorientasi pada Topix.com versi judul blog tanggal 29 Mei 2004 oleh Rich Skrenta, pendiri dari ODP.
  3. ^ ODP and Yahoo Size Charts Grafik perbandingan jumlah editor ODP dengan Direktori Yahoo!
  4. ^ a b ODP reports oleh administrator editor relawan bernama chris2001
  5. ^ ODP Front Page, diambil pada 15 Agustus 2006
  6. ^ "Dmoz's Catastrophic Server/Hardware Failure" 27 Oktober 2006, diambil pada 15 November 2006
  7. ^ dmoz.org technical problems di resource-zone.com (diambil pada 13 Januari 2007)
  8. ^ The Hamsters' New Home, pada: laporan berkala masalah ODP musim dingin 2006, diambil pada 26 Desember 2006
  9. ^ Zeal Terms of use diambil dari Archive.org
  10. ^ GO Network Terms of Service and Conditions of use diambil dari Archive.org
  11. ^ ChefMoz Fine Dining Menu, pada: laporan berkala direktori terbuka mengenai masalah pada musim gugur
  12. ^ About MusicMoz, pada musicmoz.org
  13. ^ help pada situs open-site.org
  14. ^ Become an Editor at the Open Directory Project
  15. ^ a b ODP Communication Guidelines
  16. ^ a b Open Directory Project Administrator Guidelines
  17. ^ Open Directory Meta-editor report
  18. ^ Open Directory Editor list
  19. ^ When Giant Directories Roamed the Earth, artikel yang menunjukan sebuah contoh ciri-ciri pengaruh yang kuat terlihat begitu baik.
  20. ^ RZ-Posting by Meta-Editor hutcheson
  21. ^ a b FAQ: How long until my site will be reviewed? pada situs Resource-Zone.com
  22. ^ ODP Help Resources pada blog resmi Dmoz, pada tanggal 21 Januari 2009
  23. ^ How To: ODP Editor Is Competitor dikirimkan pada Webmasterworld.com, pada tahun 2000
  24. ^ ODP Meta Guidelines: Editor Abuse and Removal, diakses pada tanggal 9 Oktober 2008.
  25. ^ Open Directory Project: Public Abuse Report System
  26. ^ How to suggest a site to the Open Directory
  27. ^ Open Directory Project Search: "topix" (diakses 18 Oktober 2007)
  28. ^ Multiple URL's in DMOZ dikirimkan di Webmasterworld.com pada 2003
  29. ^ News Category in DMOZ, diambil dari Archive.org
  30. ^ Laisha, The History of the Open Directory Project pada Search Engine Laisha's List, Juni 1999.
  31. ^ a b c Open Directory Project Meta Guidelines
  32. ^ a b XODP Yahoo! Group Message Archive
  33. ^ Arlarson, Editor Removal Explained, Laporan Proyek Direktori Terbuka (September 2000).
  34. ^ Account Removal
  35. ^ Thread: Editor account expired di Resource-Zone
  36. ^ Thread: Can't Login di Resource-Zone
  37. ^ David F. Prenatt, Jr., Life After the Open Directory Project, Traffick.com (1 Juni 2000).
  38. ^ CmdrTaco (October 24, 2000). "Dmoz (aka AOL) Changing Guidelines In Sketchy Way". Slashdot. 
  39. ^ Add Note to URL Feature, diambil dari Dokumentasi ODP
  40. ^ Hriţcu, C., (April 8, 2005). "Folksonomies vs. Ontologies". 
  41. ^ Shirky, C. (March 15, 2005). "Ontology is Overrated: Links, Tags, and Post-hoc Metadata". ITConversations. 
  42. ^ Hammond, T.; Hannay, T.; Lund, B. & Scott, J. (April 2005). "Social Bookmarking Tools (I)". D-Lib Magazine. 
  43. ^ Open Directory Search Guide
  44. ^ ODP search
  45. ^ FSF: Non-Free Documentation Licenses: "Masalah utama adalah bahwa Anda berhak untuk mendistribusikan versi yang diberikan adalah tidak permanen dan ini mengharuskan pengguna untuk tetap memeriksa kembali di situs tersebut, yang terlalu membatasi kebebasan pengguna."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]