Omegle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Omegle.com LLC
Omegle.png
URL Omegle.com
Slogan Talk to strangers!
Jenis situs Obrolan Online, obrolan suara, obrolan suara
Bahasa Semuanya
Dibuat oleh Leif K-Brooks
Diluncurkan 25 Maret 2009
Peringkat Alexa 2,793 (April 2014)[1]

Omegle adalah situs Obrolan Online gratis yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang asing tanpa mendaftar. Layanan secara acak pasangan pengguna dalam satu-satu sesi chat di mana mereka chatting anonim menggunakan pegangan "Anda" dan "Orang Asing". Situs ini dibuat oleh 18-tahun Leif K-Brooks dari Brattleboro, Vermont, dan diluncurkan pada tanggal 25 Maret 2009[2][3] Kurang dari sebulan setelah peluncurannya Maret 2009, Omegle mengumpulkan sekitar 150.000 tampilan halaman hari,[4] dan Maret 2009 situs memperkenalkan fitur konferensi video. Situs ini sekarang menyediakan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna chatting dengan orang asing dari perangkat mobile.

Perbandingan telah dilakukan untuk awal tahun 1990-an AOL.[5] Layanan lain yang menyediakan layanan serupa termasuk Zumbl, Chatroulette, Tinychat dan Whisper.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Omegle awalnya obrolan teks saja yang dipasangkan pengguna secara acak untuk berkomunikasi sebagai "orang asing". Namun, pada tahun 2010, Omegle memperkenalkan modus video untuk modus text chat, yang bersama-sama pasangan orang asing yang menggunakan web-cam dan mikrofon. The obrolan video juga memiliki jendela teks built in.

Pada tahun 2011, versi beta dari fitur baru, "Mode Mata-mata", diperkenalkan. Dalam Mode Mata-mata (Pertanyaan), pengguna memiliki dua pilihan; untuk menjadi "mata-mata" dan mengajukan pertanyaan dari dua orang asing, atau untuk membahas pertanyaan dengan orang asing lain. Sebagai mata-mata, pengguna input pertanyaan untuk dua orang asing untuk menjawab atau mendiskusikan dan mampu melihat diskusi sebagai pihak ketiga, meskipun tanpa bisa berkontribusi lebih lanjut untuk percakapan. Mata-mata dapat berhenti kapan saja tanpa mengakhiri obrolan untuk dua orang asing lainnya. Jika pengguna memilih untuk membahas pertanyaan sebaliknya, seperti dalam modus teks biasa, pengguna dipasangkan dengan orang asing lain dan dapat mendiskusikan pertanyaan mata-mata telah meminta sampai titik orang asing lainnya memutuskan untuk melepaskan dan/atau beralih ke pertanyaan lain .

Pada tahun 2012, Omegle menambahkan fitur baru khusus untuk mode teks dan video, pilihan untuk masukan "bunga" tag. Menambahkan kepentingan memungkinkan pengguna dipasangkan dengan orang asing yang memiliki sesuatu yang sama dengan pengguna. Sebuah input pengguna dapat banyak kepentingan karena ia ingin, dan jika tidak ada pertandingan yang tersedia ditemukan, pengguna dipasangkan dengan orang asing benar-benar acak sebaliknya.

Pada 2013, versi dimonitor dari modus obrolan video dibuka, meninggalkan bagian video moderator diatur konten asli terbuka bagi siapa saja berusia tiga belas dan sampai selama isi video streaming nya bersih. Awalnya, konten dewasa dipertanyakan di bagian video Omegle disaring menggunakan algoritma pengenalan gambar saja. Bagian video yang dimonitor lebih baru memungkinkan menyetujui orang dewasa di atas usia delapan belas kebebasan untuk melihat, dan berbagi dengan satu sama lain, tidak sensor eksplisit aliran video.

Pada tahun 2014, Omegle mulai bereksperimen dengan mode "obrolan asrama", yang mengharuskan pengguna untuk memberikan alamat e-mail berakhiran ".edu" untuk memverifikasi bahwa mereka berhubungan dengan perguruan tinggi atau universitas. Obrolan asrama memungkinkan pengguna untuk chatting dengan nya teman sekelas dan rekan-rekan di Omegle.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Sebelum awal 2013, situs ini tidak menyensor kontribusi melalui filter senonoh, dan pengguna mungkin memiliki ketelanjangan ditemui atau konten seksual di depan kamera.[6] Setelah Januari 2013, Omegle menerapkan "dipantau" video chat, untuk memantau perilaku dan melindungi orang di bawah usia 18 dari konten yang berbahaya, termasuk ketelanjangan atau konten seksual. Untuk melengkapi video chat dipantau, Omegle juga memiliki "dimonitor" video chat yang tidak dimonitor untuk konten seksual.[7] K-Brooks telah mengakui isi yang meragukan situs, pada satu waktu mengungkapkan kekecewaannya pada cara di mana situs telah digunakan.[8] Hal ini juga harus dicatat bahwa situs tersebut memiliki banyak pengguna bermasalah, sehingga tidak aman untuk anak-anak, yang akan menghadapi konten seksual secara hampir terus menerus.

Pada 2 Oktober 2014, seorang pria Burnsville, Minnesota bernama Casey Lee Chin ditangkap setelah penculikan dan pelecehan seksual dua gadis berusia 13 tahun ia diduga bertemu secara online melalui situs. Ini telah membawa kekhawatiran dari orang tua tentang anak-anak mereka mengakses situs dengan sedikit atau tidak ada verifikasi usia.[9]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Info Situs Omegle.com". Alexa Internet. Diakses 2014-04-01. 
  2. ^ Brooks, Leif (March 30, 2009). "Welcome to the Omegle blog!".
  3. ^ "Omegle chat program can help you find love anonymously". April 14, 2009.
  4. ^ Quenqua, Douglas (April 26, 2009). "Tired of Old Web Friends? A New Site Promises Strangers". The New York Times.
  5. ^ O'Brien, Terrence (2009-04-02). "Omegle.com Lets You Anonymously Mess With Complete Strangers". Switched.com. Retrieved 2010-03-17.
  6. ^ "Chatroulette and Omegle: chat rooms with a twist". BBC News. 2010-03-24. Retrieved 2010-06-06.
  7. ^ "Omegle privacy policy". 2013-02-01. Retrieved 2013-02-27.
  8. ^ "Chatroulette and Omegle: chat rooms with a twist". BBC News. 2010-03-24. Retrieved 2010-06-06.
  9. ^ "Charges: 13-year-old girls were found 'huddled,' 'crying' at man's home". StarTribune. 2014-10-02. Retrieved 2014-10-02.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]