Omegle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Omegle
Omegle.png
URL Omegle.com
Slogan Talk to strangers!
Jenis situs Online chat, voice chat, video chat
Bahasa all
Dibuat oleh Leif K-Brooks
Diluncurkan March 25, 2009
Peringkat Alexa 4,192
(pada 24 Mei 2012 (2012-5-24))[1]

Omegle adalah situs web pengirim pesan instan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara acak dengan mengenalkan konsep baru dalam dunia internet. Maksudnya adalah situs ini pada dasarnya hampir sama dengan program pengirim pesan instan seperti Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, Google Talk, atau pengirim pesan instan lainnya yang bertujuan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain dengan cara tidak bertemu langsung melainkan menggunakan alat dan jaringan internet. Situs ini sedang berkembang di Indonesia dan juga tentunya di dunia. Nama Omegle ini merupakan perubahan dari kata omega. Dan lambang omegle adalah lambang omega (Ω) yang dibalik secara diagonal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Banyak sekali situs-situs atau website di internet yang menggunakan layanan pengirim pesan instan yang disebut dengan situs berkomunikasi menggunakan jasa internet. Situs-situs ini memudahkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu. Kapan saja dan dengan dukungan perkembangan teknologi-teknologi komunikasi yang mutakhir, pengiriman pesan instan sudah bisa dilakukan dari mana saja melalui telepon genggam dan laptop selama ada jaringan. Biasanya, situs-situs pengirim pesan instan ini memberikan layanan kepada pengguna dengan berbagai cara. Seperti webcam, chatting, dan ngobrol secara langsung dengan menggunakan headset yang disebut dengan voice chat.

Situs-situs yang menyediakan dan menggunakan program pengirim pesan instan ini memiliki berbagai jenis cara penggunaan. Jenis yang pertama adalah type chat seperti Y!M atau kepanjangan dari Yahoo Messenger yang disediakan oleh portal web Yahoo yang dimiliki oleh Yahoo! Inc, Windows Live Messenger yang disediakan oleh situs portal web dari Microsoft bernama MSN, dan Google Talk yang disediakan oleh perusahaan publik Amerika Serikat di bidang pencarian internet, Google. Jenis lainnya adalah voice chat dan video chat, seperti Skype, AOL Instan Messaging atau AIM, dan oovoo. Pengembangan dari Y!M dan Windows Live Messenger telah menyediakan fasilitas untuk melakukan voice chat dan video chat, Short Message Service atau SMS, dan juga layanan Telepon ke pengguna telepon genggam.

Omegle dibuat oleh seorang anak laki-laki berusia 18 tahun yang berasal dari Brattleboro, Vermont bernama Leif K-Brooks, pada 25 Maret 2009. Omegle sengaja dibuat untuk para pengguna internet dan pengirim pesan instan untuk mendapat pengalaman dan mendapat teman baru secara acak dalam dunia online. Pada saat peluncuran website ini untuk pertama kalinya, pengguna omegle sudah mencapai angka yang tidak rendah, yaitu 100 pengguna. Lima hari kemudian pengguna omegle bertambah menjadi 1800. Sejak bulan April pengguna situs omegle ini sudah mencapai sekitar 3000, dan situs tersebut dilaporkan mendapatkan 150.000 hits per hari.

Omegle menggunakan teknologi program piranti lunak twisted network yang berbasis tindakan pengguna. piranti lunak ini juga dipakai pada program matematika bernama sage. selain itu juga digunakan pula pada server pengkalenderan milik apple dan situs web mikroblog asal Finlandia bernama Jaiku.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Omegle tidak membutuhkan pendaftaran atau pembuatan akun. Untuk menggunakan omegle tidak pula dikenakan biaya, karena situs ini menyediakan fasilitas pengiriman pesan instan secara gratis. Sesaat setelah mengakses situs pengirim pesan omegle, pengguna langsung diarahkan kepada link “start a chat” untuk memulai berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Pada saat pengguna ingin menggunakan situs ini untuk berkomunikasi, tulisan yang tertera bukan nama asli pengguna, melainkan tulisan “you” untuk mengidentitaskan diri pengguna dan “stranger” untuk mengidentitaskan lawan bicaranya. Pengguna saat menggunakan situs ini tidak dapat mengubah namanya, begitupula untuk lawan bicaranya tidak akan berubah namanya. Di dalam situs web omegle ini juga mempunyai slogan yang berbunyi “talk to stranger”.

Perbedaan Omegle dengan pengirim pesan instan-pengirim pesan instan lainnya adalah jika pengirim pesan instan lain pada saat ingin berkomunikasi, sudah pasti dapat mengetahui dan mengenal siapa lawan bicaranya, karena sudah terlebih dahulu harus menambah kontak dan menunggu persetujuan dari kontak lain. Akan tetapi, jika menggunakan omegle pengguna tidak akan tahu siapa orang yang menjadi lawan bicaranya karena dipilih oleh omegle secara acak. Jadi mudah bagi pengguna untuk menutupi identitas asli kepada lawan bicara. Cakupan dari omegle tersebut sangat luas, karena dapat berinteraksi dengan semua pengguna yang ada di seluruh dunia melalui situs ini.

Selain untuk chat, omegle menyediakan link untuk mengunjungi blog milik K-Brooks dan juga link untuk mengirimkan feedback dari pengguna untuk pengembangan omegle.

Data dan fakta[sunting | sunting sumber]

Menurut situs penyedia informasi yang menyediakan data mengenai banyaknya pengunjung satu website, Alexa Internet, situs pengirim pesan instan Omegle banyak diakses oleh pengguna dari Amerika Serikat sebanyak 30.4%. terbanyak kedua berasal dari Indonesia sebanyak 10.0%. Turki, India, Belanda berada di bawahnya.

Untuk hitungan data pernegara, situs pengirim pesan instan Omegle di Amerika menduduki peringkat situs ke 8,240 untuk banyaknya pengguna yang mengakses. Indonesia termasuk yang paling tinggi, situs pengirim pesan instan Omegle berada di peringkat ke 1,806 untuk banyaknya pengguna yang mengakses.

Untuk hitungan data secara global, situs pengirim pesan instan Omegle menduduki peringkat ke 9,537 untuk periode Oktober.

Strategi Pemasaran[sunting | sunting sumber]

K-Brooks dalam memasarkan brand pengirim pesan instan Omegle karyanya melakukan langkah viral marketing yang membiarkan sebuah brand dikenal dengan sendirinya saat dilemparkan ke masyarakat.

  • Membiarkan pengguna berbagi pengalaman.

Karena format dari omegle hanya berbasis pada text, pembicaraan omegle dapat dengan mudah dicopy-paste ke dalam forum – forum atau blog, sehingga pengguna lainnya bisa mengetahui keberadaan Omegle.

  • Membiarkannya tetap simpel

Fokus pada situs pengirim pesan instan omegle hanya satu. Omegle hanya menyediakan layanan pengiriman pesan dan berkomunikasi dengan orang lain.

  • Membiarkan situs jejaring sosial membicarakan

Tingginya pengaruh situs jejaring sosial membuat Omegle cepat dikenal di kalangan pengguna Internet. Situs mikroblog Twitter merupakan salah satu sarana jejaring sosial yang membantu penyebaran pemahaman dalam sebuah produk. Tercatat sejak pertama diluncurkan, Omegle dibicarakan hampir 66% situs jejaring sosial mulai membicarakan Omegle. Dua minggu setelah peluncuran perdana nama Omegle sudah mulai masuk ke Twitter.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Situs pengirim pesan instan Omegle ini sekarang sudah dapat dinikmati di aplikasi apple iPhone. Pada tanggal 7 Juni 2009, apple telah menyetujui rancangan yang diajukan oleh K-Brooks dan Omegle berhasil mendapatkan persetujuan untuk menjadi downloadable application di web iTunes dengan hanya membayar $0.99. Jadi pengguna apple iPhone dan iTouch sudah bisa menikmati fasilitas stranger chat dari Omegle.

Masalah[sunting | sunting sumber]

Hingga saat ini Omegle masih berusaha mengurangi dan menghilangkan keberadaan "Trolls" di dalam penggunaan situsnya. "Trolls" adalah sebutan dalam bahasa pengguna internet yang ditujukan kepada pengguna lain yang melakukan tindakan kasar dalam kata-kata. "Trolls" hanya muncul untu membuat pengguna lain jengkel atau dengan kata lain hanya memancing reaksi pengguna lain dari kata-katanya.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Sebuah blog yang membahas mengenai keamanan dalam internet dan stasiun berita Inggris, BBC, menilai situs stranger chat Omegle bukan lah untuk pengguna internet muda. Karena menurut pemilik blog saat mengutarakan pengalaman pribadinya menggunakan Omegle pernah ditawari narkotik dan mendapatkan banyak kalimat dan kata-kata kasar seperti FUCK.

Kesediaan untuk berbicara dengan orang asing membuat seorang ahli digital marketing, Mitch Joel, mempertanyakan apakah ada orang yang ingin berbicara dengan orang asing menanggapi hadirnya situs Omegle ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Turkle, Sherry (1995). Life on The Screen: Identity in The Age of the Internet, New York: Touchstone.
  • Jones, S., Kovac, R., & Groom F. M. (2009). Introduction to Communication Technologies : A Guide for Non-Engineers. Boca Raton. FL: CRC Press.
  1. ^ Alexa Internet (24 May 2012). "Site Info from Alexa: Omegle.com: Traffic Stats". www.alexa.com. Diakses 24 May 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]