Olivia Newton-John

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dame
Olivia Newton-John
AC DBE
Newton-John pada tahun 1978
Lahir(1948-09-26)26 September 1948
Cambridge, Inggris
Meninggal8 Agustus 2022(2022-08-08) (umur 73)
Santa Ynez Valley, California, Amerika Serikat
Kebangsaan
  • Australia
  • Britania
Pekerjaan
  • Penyanyi
  • aktris
  • aktivis
Tahun aktif1963–2022
Suami/istri
(m. 1984; c. 1995)
John Easterling
(m. 2008)
PasanganLee Kramer (1973–1979)
AnakChloe Lattanzi
Karier musik
AsalMelbourne, Australia
Genre
InstrumenVokal
Label
Situs webolivianewton-john.com
Tanda tangan

Dame Olivia Newton-John AO OBE (26 September 1948 – 8 Agustus 2022) adalah seorang penyanyi pop dan aktris Australia kelahiran Inggris.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Olivia Newton-John lahir di Cambridge, Inggris. Cucu fisikawan pemenang hadiah Nobel dari Jerman yang bernama Max Born. Kakeknya masih memelihara tradisi Yahudi dan sang nenek masih memiliki darah keturunan Yahudi. Pada tahun 1930-an, keduanya terpaksa melarikan diri dari Jerman untuk menghindari persekusi.

Ayah Olivia bernama Brin Newton-John asal Wales, pernah bekerja sebagai perwira MI5 dan ikut dalam proyek mesin Enigma di Bletchley Park. Rudolf Hess yang terjun dengan parasut dan mendarat di Skotlandia pada bulan Mei 1941 tertangkap oleh perwira yang tidak lain adalah ayah Olivia Newton-John.

Seusai Perang Dunia II, ayah Olivia menjadi pengajar bahasa Jerman di UNSW annex di Tighes Hill, Newcastle, Australia.

Pada tahun 1954, Olivia yang waktu itu berumur 5 tahun, bersama saudara kandungnya Hugh dan Rona diajak kedua orang tuanya Brin dan Irene untuk pindah ke Melbourne, Australia. Ayah Olivia diterima bekerja di Universitas Melbourne sebagai pimpinan Ormond College. Kedua orang tua Olivia kemudian bercerai ketika Olivia berusia 11 tahun.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Di usia 16 tahun, Olivia sudah mempunyai band bernama Sol Four yang semua anggotanya perempuan. Band ini kemudian mendapat kesempatan untuk tampil secara teratur untuk mengisi acara radio dan acara televisi lokal di Australia, seperti dalam acara The Tarax Happy Show yang memperkenalkan Olivia sebagai "Lovely Livvy". Olivia mengikuti kontes bakat yang diadakan acara televisi bernama Sing, Sing, Sing dengan pembawa acara Johnny O'Keefe yang waktu itu (tahun 1960-an) merupakan artis kebanggaan Australia. Dalam acara tersebut, Olivia yang membawakan lagu "Anyone Who Had A Heart" dan "Everything's Coming Up Roses" ternyata berhasil memenangkan kontes dan menerima hadiah berupa paket perjalanan ke Inggris. Pada mulanya, Olivia enggan menggunakan tiket hadiah yang diterimanya untuk pergi ke Inggris, tetapi sang ibu mendorongnya agar pergi untuk memperluas wawasan.

Pada tahun 1963, Olivia tampil dalam acara TV lokal di siang hari serta acara lagu pop mingguan di Australia. Sewaktu mengisi acara Go Show, Olivia bertemu pasangan (keduanya kemudian menikah) Pat Carroll dan John Farrar yang menjadi teman akrab Olivia hingga saat ini.

Sewaktu berusia 16 tahun, Olivia kembali ke Inggris untuk tinggal bersama ibunya. Di Inggris, Olivia malah menjadi rindu kampung halaman di Australia dan pacarnya pada waktu itu, Ian Turpie. Olivia dan Ian Turpie pernah bersama-sama membintangi film televisi Australia berjudul Funny Things Happen Down Under. Kerinduan Olivia pada Australia terobati setelah Pat Caroll juga pindah ke Inggris. Olivia dan Pat lalu membentuk duo dan bernyanyi di berbagai kelab malam di Eropa. Setelah visa yang dimiliki Pat habis dan harus kembali ke Australia, Olivia mengeluarkan single pertama yang diberi judul "Till You Say You'll Be Mine," dengan lagu side B "For Ever". Single dirilis di Inggris oleh perusahaan rekaman Decca Records pada tahun 1966.

Album pertama Olivia berjudul Toomorrow [sic], yang sekaligus merupakan nama grup musiknya pada saat itu. Produser album ini bernama Don Kirshner yang juga melahirkan kelompok musik The Monkees. Olivia bersama bandnya juga membintangi film dengan judul yang sama, Toomorrow.

Walaupun band dan film Toomorrow tidak sukses secara komersial, karier solo Olivia mulai menanjak dengan album solo berjudul Olivia Newton-John yang dirilis di Inggris oleh Pye Records. Olivia segera berhasil menjadi penyanyi Inggris yang paling populer. Majalah musik Record Mirror memilihnya sebagai Vokalis Wanita Inggris Terbaik selama dua tahun berturut-turut. Pada tahun 1968, Olivia bertemu gitaris Bruce Welch dari band The Shadows dan keduanya sempat bertunangan hingga tahun 1972. Pasangan Olivia-Bruce tampil dalam acara mingguan It's Cliff Richard yang dipandu Cliff Richard. Bersama Cliff Richard, Olivia juga pernah membintangi film televisi The Case

Sukses di dunia internasional[sunting | sunting sumber]

Lagu If Not for You yang ditulis Bob Dylan dan dirilis tahun 1971 merupakan lagu hit pertama Olivia Newton-John yang sukses di dunia internasional. Bruce Welch dan teman akrab Olivia, John Farrar menjadi produser lagu ini. Olivia mewakili Britania Raya dalam Kontes Lagu Eurovision tahun 1974 membawakan lagu "Long Live Love," tetapi hanya menduduki posisi ke-4. Pada tahun yang sama, Olivia merilis album If You Love Me, Let Me Know dan single "I Honestly Love You" di Amerika Serikat. Single "I Honestly Love You" merupakan single pertama Olivia Newton-John yang sukses menempati peringkat pertama di tangga lagu Amerika Serikat.

Pada tahun 1975 atas dorongan Helen Reddy, penyanyi asal Australia yang tinggal di Inggris, Olivia pindah ke Amerika Serikat dan memulai karier sebagai penyanyi lagu pop sekaligus country. Lagu "Have You Never Been Mellow" yang dikemas sebagai single berhasil menjadi lagu nomor satu, begitu pula album berjudul sama yang berhasil menduduki urutan pertama tangga album. Kesuksesan Olivia di AS berlanjut dengan tiga buah lagu yang berhasil menduduki puncak tangga lagu di Amerika Serikat, termasuk "Physical" yang bertahan di puncak tangga lagu Billboard Hot 100 selama 10 minggu.

Sebagian penggemar musik country menyenangi Olivia Newton-John, tetapi sebagian penggemar serius musik country mencerca lagu-lagunya. Pada tahun 1974, Country Music Association memberi penghargaan Vokalis Terbaik kepada Olivia setelah berhasil menyisihkan sejumlah penyanyi country kawakan seperti Dolly Parton, Loretta Lynn, Lynn Anderson, Anne Murray, dan Tanya Tucker. Salah seorang penyanyi country idola bernama Tammy Wynette bahkan tidak dinominasikan sama sekali. Kemenangan Olivia memancing kemarahan penggemar dan seniman musik country tulen. Insiden ini berlanjut dengan dibentuknya Association of Country Entertainers oleh beberapa artis musik country dengan dukungan beberapa orang terkenal.

Di awal tahun 1980-an, klip video Olivia Newton-John yang digunakan untuk memopulerkan lagu "Physical" sempat dilarang di beberapa negara dengan alasan lirik lagu dan adegan yang dianggap sensual.

Film dan televisi[sunting | sunting sumber]

Karier dunia akting Olivia Newton-John meroket setelah film yang dibintanginya, Grease (1978) sukses besar. John Travolta yang sudah terpilih sebagai peran utama pria menginginkan Olivia Newton-John sebagai lawan main. Hal ini disampaikan Travolta kepada produser Allan Carr dan sutradara Randal Kleiser sebelum keduanya bertemu Olivia di pesta yang diadakan di rumah Helen Reddy di Los Angeles. Walaupun sadar dirinya sudah terlalu tua dan sedikit tidak percaya diri, Olivia tetap ingin melakukan screen test dengan Travolta. Hasilnya ternyata disenangi Olivia dan segera menandatangani kontrak film Grease yang pengambilan gambarnya dimulai musim panas 1977.

Film Grease sukses sebagai film terlaris tahun 1978. Dua lagu latar film Grease, "You're The One That I Want" dan "Summer Nights" berhasil menduduki posisi puncak di tangga lagu AS dan tangga lagu internasional. Di tangga lagu Britania, kedua lagu ini secara berturut-turut berhasil menduduki urutan nomor satu selama 9 dan 7 minggu.

Lagu "Hopelessly Devoted To You" yang dibawakan secara solo juga berhasil menjadi hit. Album musik film film Grease meraih sukses besar-besaran di Australia, dan Olivia Newton-John diundang untuk menghadiri pemutaran perdana film Grease di Sydney dan Melbourne. Berkat peran dalam film Grease, Olivia Newton-John juga berhasil masuk nominasi penghargaan Golden Globe sebagai Aktris Terbaik Kategori Musikal. Album dan film Grease berhasil menjadi klasik, sehingga masih dianggap layak untuk diedarkan kembali di bioskop-bioskop Amerika Serikat pada peringatan 20 tahun film ini.

Kesuksesan album Grease diikuti album Totally Hot yang dirilis tahun 1978. Album ini disertai promosi besar-besaran dan berhasil meraih sukses di pasar sekaligus dipuji kritikus musik. "A Little More Love" merupakan lagu hit andalan dari album ini yang berhasil menempati puncak tangga lagu, diikuti "Deeper Than The Night" yang dirilis sebagai single (urutan 11), dan lagu "Totally Hot" yang berhasil masuk di urutan ke 52.

Album Totally Hot merupakan album Olivia Newton-John yang paling ambisius dalam sejarah kariernya. Album ini mengetengahkan musik bertempo cepat (termasuk remake lagu "Gimme Some Lovin" karya Spencer Davis Group) sambil mempertahankan ciri khas berupa lagu balada berirama manis. Dengan keberhasilan album ini, Olivia Newton-John berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu penyanyi pop wanita yang serba bisa, sekaligus tetap atraktif dibandingkan penyanyi wanita lain yang masih satu generasi. Album Totally Hot sekaligus menandai transformasi sosok Olivia Newton-John sebagai simbol seks.

Pada tahun 1980, Olivia Newton-John tampil sebagai peran utama wanita dalam film musikal Xanadu bersama Gene Kelly dan Michael Beck. Sewaktu sedang beredar film ini dikritik banyak orang dan gagal meraih sukses komersial, tetapi sejalan dengan berjalannya waktu film ini berhasil mengumpulkan sejumlah penggemar fanatik. Tiga buah lagu yang dipetik dari album Xanadu, yakni "Magic", "Suddenly", dan "Xanadu" berhasil meraih sukses dalam angka penjualan. Album Xanadu merupakan kerja sama dengan Electric Light Orchestra, dengan bantuan Gene Kelly dan The Tubes dalam soal mencampur irama swing dengan punk new wave. Pada tahun 1981, sebuah bintang berterakan nama Olivia Newton-John masuk ke dalam Hollywood Walk of Fame sebagai pengakuan atas karya-karyanya.

Album Physical yang dirilis tahun 1981 merupakan album studio Olivia Newton-John yang paling sukses. Lagu yang sama dengan judul albumnya berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard hot 100 selama 10 minggu berturut-turut. Pada tahun yang sama, lagu lain dari album yang sama, "Make A Move On Me" dan "Landslide" juga berhasil menjadi populer. Pada waktu itu MTV masih merupakan barang baru, dan Olivia ingin klip videonya ditayangkan MTV. Album video yang diproduksi berjudul Olivia: Let's Get Physical, berisi 10 lagu, termasuk di antaranya beberapa lagu lama. Album ini ditayangkan stasiun televisi ABC pada bulan Januari 1982 dan tidak lama kemudian dilepas sebagai kaset video.

Pada tahun 1983, Olivia Newton-John kembali dipasangkan dalam film Two of a Kind. Film ini menjadi sasaran kritik dan gagal secara komersial, tetapi lagu-lagu yang terdapat pada film ini disenangi penggemar, seperti "Twist of Fate" dan "Take a Chance" yang dinyanyikan berduet dengan Travolta. Olivia Newton-John lalu menerima peran antagonis sebagai Bitsy Mae Harling, seorang mantan narapidana sekaligus penyanyi country dan western yang lesbian dalam film Sordid Lives karya Del Shore.

Olivia juga sering muncul di televisi, misalnya dalam film televisi A Mom For Christmas dan A Christmas Romance. Selain itu sering menjadi bintang tamu dalam berbagai film seri sitcom (sebagian besar membawakan dirinya sendiri), seperti Murphy Brown, Bette, dan Ned and Stacey. Dalam film berjudul The Wilde Girls yang dibuat untuk televisi, Olivia tampil bersama putrinya yang bernama Chloe Rose Lattanzi.

Olivia Newton-John pernah menjadi pembawa acara televisi Wild Life tentang alam dan binatang, dua bidang yang kebetulan sangat diminatinya. Olivia juga tampil sebagai bintang tamu di film seri produksi Australia berjudul The Man From Snowy River.

Karier selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983, Olivia Newton-John mendirikan butik berantai dengan merek Koala Blue bersama Pat Farrar yang sudah menjadi teman akrabnya sejak dulu. Pakaian wanita ini yang dijual butik ini menampilkan gaya unik dan warna-warna Australia. Butik berantai Koala Blue sempat sukses tetapi akhirnya jatuh bangkrut. Walaupun demikian, Olivia dan Pat berhasil mendaftarkan merek Koala Blue untuk serangkaian anggur produk Australia, pakaian jadi, dan barang-barang lainnya.

Dari album Soul Kiss tahun 1985 hanya satu lagu yang sukses sebagai hit kecil-kecilan. Album selanjutnya, The Rumour yang dikeluarkan tahun 1988 lebih merupakan album bermakna khusus. Di dalam album ini terdapat lagu "How To Grow Up To Be Big And Strong" yang berisi permainan gitar dari almarhum Mark Heard.

Pada tahun 1992, Olivia Newton-John harus menjalani operasi kanker payudara dan berhasil sembuh. Pengalaman sebagai penderita kanker menjadikannya terus aktif dalam kampanye kepedulian publik terhadap pentingnya deteksi dini kanker. Album berjudul Stronger Than Before yang dirilis bulan Oktober 2005 dijadikan sarana untuk mempromosikan kepedulian terhadap kanker payudara, dan hanya dijual secara ekslusif melalui toko-toko Hallmark Gold Crown. Olivia terus giat mengumpulkan dana untuk Pusat Kanker Olivia Newton-John.

Pada tahun 1998, Olivia Newton-John, John Farnham dan Anthony Warlow bergabung membentuk trio untuk melakukan tur yang diberi nama The Main Event. Tur ini berkeliling ke kota-kota besar di Australia dan melahirkan sebuah CD yang berhasil memenangkan Penghargaan ARIA untuk CD Australia dengan Penjualan Tertinggi. Pada tahun 2002, prestasi Olivia diabadikan dalam ARIA Hall of Fame.

Olivia Newton-John berduet dengan John Farnham menyanyikan lagu "Dare to Dream" pada upacara pembukaan Olimpiade Sydney 2000. Olivia juga bertugas sebagai pelari terakhir yang membawa api obor di rute sekitar Sydney Opera House pada malam upacara pembukaan.

Pada tahun 2002, Olivia Newton-John mengeluarkan album duet berjudul 2 yang menampilkan Darren Hayes, Tina Arena, Jimmy Little, dan Billy Thorpe, serta duet penuh perasaan bersama Peter Allen dan Johnny O'Keefe. Album ini berhasil masuk Top 5 Australia, dan diikuti tur yang sukses di gedung pertunjukan yang ada di kota-kota besar di Australia.

Pada tahun 2004, Olivia Newton-John mengeluarkan album Indigo: Women of Song yang berisi lagu-lagu yang aslinya dibawakan oleh The Carpenters, Minnie Riperton, Doris Day, Nina Simone, dan Joan Baez. Album ini dipersembahkan Olivia kepada ibunya yang tutup usia pada tahun itu. Di Australia, album ini sukses besar dan berhasil meraih penghargaan emas.

Olivia Newton-John melakukan tur di Amerika pada tahun 2005 untuk mempromosikan album terbarunya Stronger Than Before. Di akhir setiap pertunjukan, Olivia menyanyikan lagu "Serenity" yang ditulis berdasarkan doa "Serenity Prayer", padahal "I Honestly Love You" adalah lagu yang selama ini selalu dibawakan sebagai penutup konser. Di bulan November 2005, pasangan Olivia Newton-John dan Cliff Richard tampil dalam upacara penyerahan Penghargaan Country Music Association di New York. Pada kesempatan ini, Olivia menyerahkan penghargaan Entertainer of The Year yang merupakan penghargaan tertinggi asosiasi musik country kepada rekan yang juga berasal dari Australia, Keith Urban.

Di awal tahun 2006, Olivia Newton-John melakukan tur ke Jepang, Selandia Baru, Australia, yang dilanjutkan di musim gugur dengan pertunjukan di Amerika Serikat. Album terbaru yang berjudul Grace and Gratitude dirilis akhir bulan September 2006. Album ini berisi lagu-lagu "musik terapi" dan hanya dijual di Amerika Serikat melalui toko Walgreens.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Olivia Newton-John menikah dengan Matt Lattanzi dari tahun 1984 hingga 1995, dan dikaruniai seorang putri bernama Chloe Rose Lattanzi yang lahir tahun 1986. Chloe Rose Lattanzi sekarang mengikuti jejak ibunya sebagai seorang penyanyi dan pemain film.

Sejak tahun 1996, Olivia tinggal bersama gaffer merangkap juru kamera bernama Patrick McDermott. Musibah menimpa sebelum album Stronger Than Before mulai dijual di toko-toko, Patrick McDermott hilang dalam perjalanan memancing di lepas pantai California. Pada saat itu, Olivia sedang berlibur di tempat peristirahatan yang dimilikinya yang bernama Gaia Retreat & Spa.[1]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Grammy[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1965 Funny Things Happen Down Under Olivia Supporting role
1970 Toomorrow Olivia Lead role
1972 The Case Dirinya sendiri BBC2 TV special w/Cliff Richard & Tim Brooke-Taylor
1976 A Special Olivia Newton-John Dirinya sendiri TV special
1977 Only Olivia Dirinya sendiri TV special
1978 Olivia Dirinya sendiri TV special
Grease Sandy Olsson Lead role
1980 Xanadu Kira Lead role
Hollywood Nights Dirinya sendiri TV special
1983 Two of a Kind Debbie Wylder Lead role
1988 She's Having a Baby Dirinya sendiri Cameo
1989 Mothers & Others Dirinya sendiri TV special
1990 A Mom for Christmas Amy Miller Lead role in television film
1991 Madonna: Truth or Dare Dirinya sendiri Cameo
1994 A Christmas Romance Julia Stonecypher Lead role in television film
1996 It's My Party Lina Bingham Supporting role
2000 Sordid Lives Bitsy Mae Harling Supporting role
2001 The Wilde Girls Jasmine Wilde Lead role in television film
2002 A Night with Olivia Dirinya sendiri TV special
2003 Live in Japan '03 Dirinya sendiri TV special
2008 Sordid Lives: The Series Bitsy Mae Harling Supporting role in TV Series
2009 Kathy Griffin: My Life On The D-List Dirinya sendiri Guest appearance
2010 1 a Minute Dirinya sendiri Documentary
Glee Dirinya sendiri Special guest – 2 episodes: "Bad Reputation" and "Journey"
Score: A Hockey Musical Hope Gordon Supporting role
2011 A Few Best Men Barbara Ramme Supporting role

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Judul Album Posiis tertinggi tangga lagu Certifications Penjualan
AUS
[2]
CAN
[3]
GER
[4]
JPN
[5]
NL
[6]
NOR
[7]
NZ
[8]
SWE
[9]
UK
[10]
US
[11]
If Not for You 14 158
Olivia
  • Dirilis pada: 11 August 1972
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: Festival
Let Me Be There
  • Dirilis pada: 20 March 1973
  • Format: LP, CD, cassette, 8 track, Reel Tape
  • Label: MCA
39 25 37 54
Long Live Love
  • Dirilis pada: 15 February 1974
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: EMI
19 40
If You Love Me, Let Me Know
  • Dirilis pada: 28 May 1974
  • Format: LP, CD, cassette, 8 track, Reel Tape
  • Label: MCA
1 1
Have You Never Been Mellow
  • Dirilis pada: 12 February 1975
  • Format: LP, CD, cassette, 8 track
  • Label: MCA
14 3 4 20 37 1
  • JPN: 169,380[5]
Clearly Love
  • Dirilis pada: 30 September 1975
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
50 39 3 34 12
  • JPN: 110,450[5]
Come On Over
  • Dirilis pada: 29 February 1976
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
29 30 2 12 49 13
  • JPN: 405,450[5]
Don't Stop Believin'
  • Dirilis pada: 30 October 1976
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
88 56 3 33
  • JPN: 134,190[5]
Making a Good Thing Better
  • Dirilis pada: 3 November 1977
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
71 33 3 60 34
  • JPN: 109,820[5]
Totally Hot
  • Dirilis pada: 22 November 1978
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
7 5 9 1 4 18 9 30 7
Physical
  • Dirilis pada: 13 October 1981
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
3 3 30 5 9 8 8 3 11 6
  • JPN: 395,810[5]
Soul Kiss
  • Dirilis pada: 25 October 1985
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
19 34 54 5 36 43 46 66 29
The Rumour
  • Dirilis pada: 2 August 1988
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: MCA
29 94 31 96 67
Warm and Tender
  • Dirilis pada: 9 September 1989
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: Geffen
43 124
Gaia: One Woman's Journey
  • Dirilis pada: 26 July 1994
  • Format: CD, cassette
  • Label: Festival
7 33
Back with a Heart
  • Dirilis pada: 12 May 1998
  • Format: CD, cassette
  • Label: MCA
66 59
'Tis the Season
(with Vince Gill)
  • Dirilis pada: 1 September 2000
  • Format: CD
  • Label: Hallmark
(2)
  • Dirilis pada: 12 November 2002
  • Format: CD
  • Label: Festival
5
Indigo: Women of Song 15 27
Stronger Than Before
  • Dirilis pada: 1 September 2005
  • Format: CD, digital download
  • Label: Warner
39
Grace and Gratitude
  • Dirilis pada date: 25 August 2006
  • Format: CD, digital download
  • Label: EMI
86
Christmas Wish
  • Dirilis pada: 1 October 2007
  • Format: CD, digital download
  • Label: Warner
187
A Celebration in Song
  • Dirilis pada: 3 June 2008
  • Format: CD, digital download
  • Label: Warner
This Christmas
(with John Travolta)
  • Dirilis pada: 9 November 2012
  • Format: CD, digital download
  • Label: Universal
33 81
Liv On
(with Amy Sky and Beth Nielsen Chapman)
72
Friends for Christmas
(with John Farnham)
  • Dirilis pada: 11 November 2016
  • Format: CD, digital download
  • Label: Sony Music Australia
1
  • ARIA: 2× Platinum[41]
"—" denotes Dirilis padas that did not chart or were not Dirilis padad in that territory.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Judul Album Posisi tertinggi tangga lagu Certifications Sales
AUS
[2]
CAN
[3]
FRA
[42]
GER
[4]
JAP
[5]
NL
[6]
NOR
[7]
SWE
[9]
UK
[10]
US
[11]
Grease
(with John Travolta)
  • Dirilis pada: 14 April 1978
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: RSO, Polydor
1 1 3 1 1 1 1 1 1 1
Xanadu
(with Electric Light Orchestra)
  • Dirilis pada: 8 August 1980
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track
  • Label: MCA
1 2 1 6 1 1 3 2 4
  • JPN: 312,150[5]
Two of a Kind
(with John Travolta)
  • Dirilis pada: 16 December 1983
  • Format: LP, CD, cassette, 8 Track, reel tape
  • Label: MCA
35 32 39 29 26
Sordid Lives
Sordid Lives: The Series
  • Dirilis pada: 1 January 2008
  • Format: Digital download
  • Label: Varèse Sarabande
A Few Best Men
  • Dirilis pada: 20 January 2012
  • Format: CD, digital download
  • Label: Universal
"—" denotes Dirilis padas that did not chart or were not Dirilis padad in that territory.

Album dengan pertunjukan langsung[sunting | sunting sumber]

Judul Album Posisi tertinggi tangga lagu Certifications Penjualan
AUS
[2]
JAP
[5]
Love Performance
  • Dirilis pada: 1981
  • Format: LP, cassette
  • Label: EMI Japan
52
Highlights from The Main Event
(with John Farnham and Anthony Warlow)
  • Dirilis pada: 3 December 1998
  • Format: CD, cassette
  • Label: Festival
1
  • ARIA: 5× Platinum[57]
One Woman's Live Journey
  • Dirilis pada: 19 September 2000
  • Format: CD
  • Label: Festival
41
Olivia's Live Hits
  • Dirilis pada: 15 January 2008
  • Format: CD, digital download
  • Label: EMI
Summer Nights: Live in Las Vegas[58]
  • Dirilis pada: 3 March 2015
  • Format: CD, digital download
  • Label: Sony Music Australia
Two Strong Hearts Live
(with John Farnham)
  • Dirilis pada: 26 June 2015
  • Format: CD, digital download
  • Label: Sony Music Australia
1
"—" denotes Dirilis padas that did not chart or were not Dirilis padad in that territory.

Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Judul Album Posisi tertinggi tangga lagu Certifications Penjualan
AUS
[2]
CAN
[3]
GER
[4]
JAP
[5]
NL
[6]
NOR
[7]
NZ
[8]
SWE
[9]
UK
[10]
US
[11]
First Impressions[60]
  • Dirilis pada: 1974
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: Festival
3 2
Crystal Lady[61]
  • Dirilis pada: 1976
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: EMI
16
Olivia Newton-John's Greatest Hits
  • Dirilis pada: 1977
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: MCA
18 11 33 5 24 19 13
  • JPN: 163,810[5]
Olivia's Greatest Hits Vol. 2
  • Dirilis pada: 3 September 1982
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: MCA
1 6 12 12 10 8 16
  • MC: 5× Platinum[64]
  • RMNZ: Platinum[65]
  • BPI: Platinum[30]
  • RIAA: 2× Platinum[66]
  • JPN: 154,110[5]
Back to Basics: The Essential Collection 1971–1992
  • Dirilis pada: 9 June 1992
  • Format: LP, CD, cassette
  • Label: Geffen
15 7 12 121
Magic: The Very Best of Olivia Newton-John
  • Dirilis pada: 11 September 2001
  • Format: CD
  • Label: Universal
150
The Christmas Collection[69]
  • Dirilis pada: 30 October 2001
  • Format: CD, digital download
  • Label: Hip-O
The Definitive Collection
  • Dirilis pada: 16 July 2002
  • Format: CD, digital download
  • Label: Universal
13 18 11
Gold
  • Dirilis pada: 14 June 2005
  • Format: CD, digital download
  • Label: Hip-O
71
40/40: The Best Selection
  • Dirilis pada: 13 October 2010
  • Format: CD, digital download
  • Label: Universal
Hopelessly Devoted: The Hits 14
[71]
"—" denotes Dirilis padas that did not chart or were not Dirilis padad in that territory.

Extended play[sunting | sunting sumber]

Judul Album
A Window to the Sky[72]
  • Dirilis pada: 1976
  • Format: LP
  • Label: EMI
4 Sucessos[73]
  • Dirilis pada: 1977
  • Format: LP
  • Label: EMI
Hotel Sessions
  • Dirilis pada: 8 April 2014
  • Format: CD, digital download
  • Label: ONJ Productions

Album box[sunting | sunting sumber]

Judul Album
Olivia Newton-John Box[74]
  • Dirilis pada: 3 December 1983
  • Format: LP
  • Label: Universal
40th Anniversary Collection[75]
  • Dirilis pada: 13 December 2010
  • Format: CD, digital download
  • Label: Universal

Edisi spesial[sunting | sunting sumber]

Judul Album Details
Retrato[76]
  • Dirilis pada: 1981
  • Format: CD
  • Label: EMI
  • Compilation Dirilis padad only for radio broadcasters in Argentina.[76]
The Christmas Angel: A Family Story
Christmas Carols[78]
  • Christmas album Dirilis padad only with the Christmas edition of Scottish newspaper Sunday Herald.[78]
Icon[79]
  • Dirilis pada: 8 de outubro de 2013
  • Format: CD
  • Label: Geffen
  • Compilation Dirilis padad for the Icon series.[79]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Newton-John 'frantic'", The Sydney Morning Herald, 22 Agustus 2005
  2. ^ a b c d Olivia Newton-John:
    • Before 1988: Australian Chart Book (1970-1992). Australian Chart Book. 1993. ISBN 0-646-11917-6. 
    • Since 1988: "ARIA Charts". ARIA Charts Portal. Hung Medien. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  3. ^ a b c Peak chart positions for albums in Canada:
  4. ^ a b c "German Charts > search "Olivia Newton-John"" (dalam bahasa German). charts.de GfK Entertainment. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x Okamoto, Satoshi (2006). Oricon Album Chart Book: Complete Edition 1970–2005. Roppongi, Tokyo: Oricon Entertainment. hlm. 349. ISBN 4-87131-077-9. 
  6. ^ a b c "Dutch Singles Charts" (dalam bahasa Dutch). dutchcharts.nl Hung Medien. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  7. ^ a b c "Norwegian Charts". Norwegian Charts Portal. Hung Medien. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  8. ^ a b "charts.nz - Discography Olivia Newton-John". charts.nz. Diakses tanggal 14 June 2011. 
  9. ^ a b c "Sverigetopplistan - Olivia Newton-John". Sverigetopplistan. Diakses tanggal 14 June 2011. 
  10. ^ a b c "UK Singles Chart". UK Charts. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  11. ^ a b c "Olivia Newton-John - Album Chart History: Billboard 200". Billboard. Diakses tanggal 26 October 2010. 
  12. ^ "Pop Archives: Go-Set Top 20 Albums (January 29, 1972)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-19. Diakses tanggal 2020-04-08. 
  13. ^ Kent, David (1993). Australian Chart Book 1970–1992 (doc). Australian Chart Book, St Ives, N.S.W. ISBN 0-646-11917-6. 
  14. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Let Me Be There". Music Canada. 
  15. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Let Me Be There". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  16. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – If You Love Me". Music Canada. 
  17. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – If You Love Me, Let Me Know". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  18. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Have You Ever Been Mellow". Music Canada. 
  19. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Have You Never Been Mellow". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  20. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Clearly Love". Music Canada. 
  21. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Clearly Love". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  22. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Come On Over". Music Canada. 
  23. ^ "1977 Certifications". International Federation of the Phonographic Industry. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 March 2012. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  24. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Come On Over". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  25. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Don't Stop Believin'". Music Canada. 
  26. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Don%27t Stop Believin%27". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  27. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Making a Good Thing Better". Music Canada. 
  28. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Totally Hot". Music Canada. 
  29. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Totally Hot". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  30. ^ a b c d e "British certification – Olivia Newton-John". British Phonographic Industry.  Type Olivia Newton-John in the "Search BPI Awards" field and then press Enter.
  31. ^ Market leaders surveyed. Nielsen Business Media, Inc. 12 June 1982. hlm. 57–. ISSN 0006-2510. 
  32. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Physical". Music Canada. 
  33. ^ "New Zealand album certifications – Olivia Newton-John – Physical". RMNZ. Diakses tanggal 2012-08-17. 
  34. ^ "1982 Certifications". International Federation of the Phonographic Industry. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 March 2012. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  35. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Physical". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  36. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Soul Kiss". Music Canada. 
  37. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Soul Kiss". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  38. ^ "ARIA Charts – Accreditations – 2002 Albums". Australian Recording Industry Association. 
  39. ^ "ARIA Charts – Accreditations – 2004 Albums". Australian Recording Industry Association. 
  40. ^ Caulfield, Keith (21 December 2007). "Ask Billboard: Olivia on Target". Billboard. Diakses tanggal 7 February 2019. 
  41. ^ "ARIA Australian Top 50 Albums". Australian Recording Industry Association. 11 December 2017. Diakses tanggal 9 December 2017. 
  42. ^ "Discograpie". Syndicat National de l'Édition Phonographique LesCharts.com at Hung Medien. Diakses tanggal 26 September 2009. 
  43. ^ "ARIA Catalogue Albums Chart – 03/12/2012". Australian Recording Industry Association. 12 March 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 December 2012. Diakses tanggal 12 March 2012. 
  44. ^ "Canadian album certification – Grease". Music Canada. 
  45. ^ "Les Albums Platine :" (dalam bahasa French). Infodisc.fr. Diakses tanggal 3 May 2012. [pranala nonaktif permanen]
  46. ^ "Certifications – Olivia Newton-John – Physical". RMNZ. Diakses tanggal 2012-08-17. 
  47. ^ "Gold Disc Award 1979". IFPI. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 April 2008. Diakses tanggal 17 August 2012. 
  48. ^ "British album certification – Grease". British Phonographic Industry.  Select albums in the Format field. Type Grease in the "Search BPI Awards" field and then press Enter.
  49. ^ "American album certification – Grease". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  50. ^ Caulfield, Keith (9 January 2007). "Ask Billboard: 'Grease' is the word". Billboard. Diakses tanggal 7 February 2019. 
  51. ^ Grein, Paul (21 November 2012). "Week Ending Nov. 18, 2012. Albums: Xtina Slips Despite 'The Voice'". Yahoo!. Diakses tanggal 7 February 2019. 
  52. ^ "Canadian album certification – Xanadu". Music Canada. 
  53. ^ "Certifications – Olivia Newton-John – Physical". RMN. Diakses tanggal 2012-08-17. 
  54. ^ "British album certification – Xanadu". British Phonographic Industry.  Select albums in the Format field. Type Xanadu in the "Search BPI Awards" field and then press Enter.
  55. ^ "American album certification – Xanadu". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  56. ^ "American album certification – Two of a Kind". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  57. ^ "ARIA Charts – Accreditations – 1999 Albums". Australian Recording Industry Association. 
  58. ^ "Summer Nights - Live In Las Vegas". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  59. ^ "ARIA Australian Top 50 Albums". Australian Recording Industry Association. 20 July 2015. Diakses tanggal 18 July 2015. 
  60. ^ "First Impressions". Discogs. Diakses tanggal 20 March 2017. 
  61. ^ "Crystal Lady". Discogs. Diakses tanggal 20 March 2017. 
  62. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Greatest Hits". Music Canada. 
  63. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Greatest Hits". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  64. ^ "Canadian album certification – Olivia Newton-John – Greatest Hits Volume Ii". Music Canada. 
  65. ^ "NZ Top 40 Albums Chart". Recorded Music NZ. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 March 2016. Diakses tanggal 2 March 2016. 
  66. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Olivia%27s Greatest Hits Volume II". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  67. ^ "American album certification – Olivia Newton-John – Back to Basics: The Essential Collection". Recording Industry Association of America.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH. 
  68. ^ Caulfield, Keith (14 September 2006). "Ask Billboard: Grateful fro Gratitude". Billboard. Diakses tanggal 7 February 2019. 
  69. ^ "The Christmas Collection". Discogs. Diakses tanggal 20 March 2017. 
  70. ^ "Hopelessly Devoted: The Hits". JB Hi-Fi. Diakses tanggal 8 June 2018. 
  71. ^ "ARIA Australian Top 50 Albums". Australian Recording Industry Association. 18 June 2018. Diakses tanggal 16 June 2018. 
  72. ^ "A Window to the Sky". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  73. ^ "4 Sucessos". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  74. ^ "Olivia Newton-John - Box". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  75. ^ "40th Anniversary Collection". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  76. ^ a b "Retrato". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  77. ^ "The Christmas Angel - A Family Story". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  78. ^ a b "Christmas Carols". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 
  79. ^ a b "Icon". Discogs. Diakses tanggal 28 January 2017. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Olivia (The Biography of Olivia Newton-John), Tim Ewbank. (2008). Piatkus books. ISBN 978-0-7499-0983-3.
  • Wood, Gerry. (1998). "Olivia Newton-John." In The Encyclopedia of Country Music. Paul Kingsbury, Editor. New York: Oxford University Press. pp. 380–1.
  • The Story of the Shadows by Mike Read. 1983. Elm Tree books. ISBN 0-241-10861-6.
  • Rock 'n' Roll, I Gave You The Best Years Of My Life – A Life In The Shadows by Bruce Welch ISBN 0-670-82705-3 (Penguin Books).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]