Olivia Newton-John

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Olivia Newton-John
Olivia Newton John 2012.jpg
Newton-John pada 2012.
Latar belakang
Lahir 26 September 1948 (umur 66)
Cambridge, Inggris
Asal Melbourne, Victoria, Australia
Genre Pop, Country
Pekerjaan penyanyi, pemeran
Instrumen vokal, drum
Tahun aktif 1963–sekarang
Situs web olivianewton-john.com

Olivia Newton-John AO OBE (lahir di Melbourne, 26 September 1948; umur 66 tahun) adalah seorang penyanyi pop dan aktris Australia kelahiran Inggris.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Olivia Newton-John lahir di Cambridge, Inggris. Cucu fisikawan pemenang hadiah Nobel dari Jerman yang bernama Max Born. Kakeknya masih memelihara tradisi Yahudi dan sang nenek masih memiliki darah keturunan Yahudi. Pada tahun 1930-an, keduanya terpaksa melarikan diri dari Jerman untuk menghindari persekusi.

Ayah Olivia bernama Brin Newton-John asal Wales, pernah bekerja sebagai perwira MI5 dan ikut dalam proyek mesin Enigma di Bletchley Park. Rudolf Hess yang terjun dengan parasut dan mendarat di Skotlandia pada bulan Mei 1941 tertangkap oleh perwira yang tidak lain adalah ayah Olivia Newton-John.

Seusai Perang Dunia II, ayah Olivia menjadi pengajar bahasa Jerman di UNSW annex di Tighes Hill, Newcastle, Australia.

Pada tahun 1954, Olivia yang waktu itu berumur 5 tahun, bersama saudara kandungnya Hugh dan Rona diajak kedua orang tuanya Brin dan Irene untuk pindah ke Melbourne, Australia. Ayah Olivia diterima bekerja di Universitas Melbourne sebagai pimpinan Ormond College. Kedua orang tua Olivia kemudian bercerai ketika Olivia berusia 11 tahun.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Di usia 16 tahun, Olivia sudah mempunyai band bernama Sol Four yang semua anggotanya perempuan. Band ini kemudian mendapat kesempatan untuk tampil secara teratur untuk mengisi acara radio dan acara televisi lokal di Australia, seperti dalam acara The Tarax Happy Show yang memperkenalkan Olivia sebagai "Lovely Livvy". Olivia mengikuti kontes bakat yang diadakan acara televisi bernama Sing, Sing, Sing dengan pembawa acara Johnny O'Keefe yang waktu itu (tahun 1960-an) merupakan artis kebanggaan Australia. Dalam acara tersebut, Olivia yang membawakan lagu "Anyone Who Had A Heart" dan "Everything's Coming Up Roses" ternyata berhasil memenangkan kontes dan menerima hadiah berupa paket perjalanan ke Inggris. Pada mulanya, Olivia enggan menggunakan tiket hadiah yang diterimanya untuk pergi ke Inggris, tapi sang ibu mendorongnya agar pergi untuk memperluas wawasan.

Pada tahun 1963, Olivia tampil dalam acara TV lokal di siang hari serta acara lagu pop mingguan di Australia. Sewaktu mengisi acara Go Show, Olivia bertemu pasangan (keduanya kemudian menikah) Pat Carroll dan John Farrar yang menjadi teman akrab Olivia hingga saat ini.

Sewaktu berusia 16 tahun, Olivia kembali ke Inggris untuk tinggal bersama ibunya. Di Inggris, Olivia malah menjadi rindu kampung halaman di Australia dan pacarnya pada waktu itu, Ian Turpie. Olivia dan Ian Turpie pernah bersama-sama membintangi film televisi Australia berjudul Funny Things Happen Down Under. Kerinduan Olivia pada Australia terobati setelah Pat Caroll juga pindah ke Inggris. Olivia dan Pat lalu membentuk duo dan bernyanyi di berbagai kelab malam di Eropa. Setelah visa yang dimiliki Pat habis dan harus kembali ke Australia, Olivia mengeluarkan single pertama yang diberi judul "Till You Say You'll Be Mine," dengan lagu side B "For Ever". Single dirilis di Inggris oleh perusahaan rekaman Decca Records pada tahun 1966.

Album pertama Olivia berjudul Toomorrow [sic], yang sekaligus merupakan nama grup musiknya pada saat itu. Produser album ini bernama Don Kirshner yang juga melahirkan kelompok musik The Monkees. Olivia bersama bandnya juga membintangi film dengan judul yang sama, Toomorrow.

Walaupun band dan film Toomorrow tidak sukses secara komersial, karier solo Olivia mulai menanjak dengan album solo berjudul Olivia Newton-John yang dirilis di Inggris oleh Pye Records. Olivia segera berhasil menjadi penyanyi Inggris yang paling populer. Majalah musik Record Mirror memilihnya sebagai Vokalis Wanita Inggris Terbaik selama dua tahun berturut-turut. Pada tahun 1968, Olivia bertemu gitaris Bruce Welch dari band The Shadows dan keduanya sempat bertunangan hingga tahun 1972. Pasangan Olivia-Bruce tampil dalam acara mingguan It's Cliff Richard yang dipandu Cliff Richard. Bersama Cliff Richard, Olivia juga pernah membintangi film televisi The Case

Sukses di dunia internasional[sunting | sunting sumber]

Lagu "If Not For You" yang ditulis Bob Dylan dan dirilis tahun 1971 merupakan lagu hit pertama Olivia Newton-John yang sukses di dunia internasional. Bruce Welch dan teman akrab Olivia, John Farrar menjadi produser lagu ini. Olivia mewakili Britania Raya dalam Kontes Lagu Eurovision tahun 1974 membawakan lagu "Long Live Love," tapi hanya menduduki posisi ke-4. Pada tahun yang sama, Olivia merilis album If You Love Me, Let Me Know dan single "I Honestly Love You" di Amerika Serikat. Single "I Honestly Love You" merupakan single pertama Olivia Newton-John yang sukses menempati peringkat pertama di tangga lagu Amerika Serikat.

Pada tahun 1975 atas dorongan Helen Reddy, penyanyi asal Australia yang tinggal di Inggris, Olivia pindah ke Amerika Serikat dan memulai karier sebagai penyanyi lagu pop sekaligus country. Lagu "Have You Never Been Mellow" yang dikemas sebagai single berhasil menjadi lagu nomor satu, begitu pula album berjudul sama yang berhasil menduduki urutan pertama tangga album. Kesuksesan Olivia di AS berlanjut dengan tiga buah lagu yang berhasil menduduki puncak tangga lagu di Amerika Serikat, termasuk "Physical" yang bertahan di puncak tangga lagu Billboard Hot 100 selama 10 minggu.

Sebagian penggemar musik country menyenangi Olivia Newton-John, tapi sebagian penggemar serius musik country mencerca lagu-lagunya. Pada tahun 1974, Country Music Association memberi penghargaan Vokalis Terbaik kepada Olivia setelah berhasil menyisihkan sejumlah penyanyi country kawakan seperti Dolly Parton, Loretta Lynn, Lynn Anderson, Anne Murray, dan Tanya Tucker. Salah seorang penyanyi country idola bernama Tammy Wynette bahkan tidak dinominasikan sama sekali. Kemenangan Olivia memancing kemarahan penggemar dan seniman musik country tulen. Insiden ini berlanjut dengan dibentuknya Association of Country Entertainers oleh beberapa artis musik country dengan dukungan beberapa orang terkenal.

Di awal tahun 1980-an, klip video Olivia Newton-John yang digunakan untuk memopulerkan lagu "Physical" sempat dilarang di beberapa negara dengan alasan lirik lagu dan adegan yang dianggap sensual.

Film dan televisi[sunting | sunting sumber]

Karier dunia akting Olivia Newton-John meroket setelah film yang dibintanginya, Grease (1978) sukses besar. John Travolta yang sudah terpilih sebagai peran utama pria menginginkan Olivia Newton-John sebagai lawan main. Hal ini disampaikan Travolta kepada produser Allan Carr dan sutradara Randal Kleiser sebelum keduanya bertemu Olivia di pesta yang diadakan di rumah Helen Reddy di Los Angeles. Walaupun sadar dirinya sudah terlalu tua dan sedikit tidak percaya diri, Olivia tetap ingin melakukan screen test dengan Travolta. Hasilnya ternyata disenangi Olivia dan segera menandatangani kontrak film Grease yang pengambilan gambarnya dimulai musim panas 1977.

Film Grease sukses sebagai film terlaris tahun 1978. Dua lagu latar film Grease, "You're The One That I Want" dan "Summer Nights" berhasil menduduki posisi puncak di tangga lagu AS dan tangga lagu internasional. Di tangga lagu Britania, kedua lagu ini secara berturut-turut berhasil menduduki urutan nomor satu selama 9 dan 7 minggu.

Lagu "Hopelessly Devoted To You" yang dibawakan secara solo juga berhasil menjadi hit. Album musik film film Grease meraih sukses besar-besaran di Australia, dan Olivia Newton-John diundang untuk menghadiri pemutaran perdana film Grease di Sydney dan Melbourne. Berkat peran dalam film Grease, Olivia Newton-John juga berhasil masuk nominasi penghargaan Golden Globe sebagai Aktris Terbaik Kategori Musikal. Album dan film Grease berhasil menjadi klasik, sehingga masih dianggap layak untuk diedarkan kembali di bioskop-bioskop Amerika Serikat pada peringatan 20 tahun film ini.

Kesuksesan album Grease diikuti album Totally Hot yang dirilis tahun 1978. Album ini disertai promosi besar-besaran dan berhasil meraih sukses di pasar sekaligus dipuji kritikus musik. "A Little More Love" merupakan lagu hit andalan dari album ini yang berhasil menempati puncak tangga lagu, diikuti "Deeper Than The Night" yang dirilis sebagai single (urutan 11), dan lagu "Totally Hot" yang berhasil masuk di urutan ke 52.

Album Totally Hot merupakan album Olivia Newton-John yang paling ambisius dalam sejarah kariernya. Album ini mengetengahkan musik bertempo cepat (termasuk remake lagu "Gimme Some Lovin" karya Spencer Davis Group) sambil mempertahankan ciri khas berupa lagu balada berirama manis. Dengan keberhasilan album ini, Olivia Newton-John berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu penyanyi pop wanita yang serba bisa, sekaligus tetap atraktif dibandingkan penyanyi wanita lain yang masih satu generasi. Album Totally Hot sekaligus menandai transformasi sosok Olivia Newton-John sebagai simbol seks.

Pada tahun 1980, Olivia Newton-John tampil sebagai peran utama wanita dalam film musikal Xanadu bersama Gene Kelly dan Michael Beck. Sewaktu sedang beredar film ini dikritik banyak orang dan gagal meraih sukses komersial, tapi sejalan dengan berjalannya waktu film ini berhasil mengumpulkan sejumlah penggemar fanatik. Tiga buah lagu yang dipetik dari album Xanadu, yakni "Magic", "Suddenly", dan "Xanadu" berhasil meraih sukses dalam angka penjualan. Album Xanadu merupakan kerja sama dengan Electric Light Orchestra, dengan bantuan Gene Kelly dan The Tubes dalam soal mencampur irama swing dengan punk new wave. Pada tahun 1981, sebuah bintang berterakan nama Olivia Newton-John masuk ke dalam Hollywood Walk of Fame sebagai pengakuan atas karya-karyanya.

Album Physical yang dirilis tahun 1981 merupakan album studio Olivia Newton-John yang paling sukses. Lagu yang sama dengan judul albumnya berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard hot 100 selama 10 minggu berturut-turut. Pada tahun yang sama, lagu lain dari album yang sama, "Make A Move On Me" dan "Landslide" juga berhasil menjadi populer. Pada waktu itu MTV masih merupakan barang baru, dan Olivia ingin klip videonya ditayangkan MTV. Album video yang diproduksi berjudul Olivia: Let's Get Physical, berisi 10 lagu, termasuk di antaranya beberapa lagu lama. Album ini ditayangkan stasiun televisi ABC pada bulan Januari 1982 dan tidak lama kemudian dilepas sebagai kaset video.

Pada tahun 1983, Olivia Newton-John kembali dipasangkan dalam film Two of a Kind. Film ini menjadi sasaran kritik dan gagal secara komersial, tapi lagu-lagu yang terdapat pada film ini disenangi penggemar, seperti "Twist of Fate" dan "Take a Chance" yang dinyanyikan berduet dengan Travolta. Olivia Newton-John lalu menerima peran antagonis sebagai Bitsy Mae Harling, seorang mantan narapidana sekaligus penyanyi country dan western yang lesbian dalam film Sordid Lives karya Del Shore.

Olivia juga sering muncul di televisi, misalnya dalam film televisi A Mom For Christmas dan A Christmas Romance. Selain itu sering menjadi bintang tamu dalam berbagai film seri sitcom (sebagian besar membawakan dirinya sendiri), seperti Murphy Brown, Bette, dan Ned and Stacey. Dalam film berjudul The Wilde Girls yang dibuat untuk televisi, Olivia tampil bersama putrinya yang bernama Chloe Rose Lattanzi.

Olivia Newton-John pernah menjadi pembawa acara televisi Wild Life tentang alam dan binatang, dua bidang yang kebetulan sangat diminatinya. Olivia juga tampil sebagai bintang tamu di film seri produksi Australia berjudul The Man From Snowy River.

Karier selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983, Olivia Newton-John mendirikan butik berantai dengan merek Koala Blue bersama Pat Farrar yang sudah menjadi teman akrabnya sejak dulu. Pakaian wanita ini yang dijual butik ini menampilkan gaya unik dan warna-warna Australia. Butik berantai Koala Blue sempat sukses tapi akhirnya jatuh bangkrut. Walaupun demikian, Olivia dan Pat berhasil mendaftarkan merek Koala Blue untuk serangkaian anggur produk Australia, pakaian jadi, dan barang-barang lainnya.

Dari album Soul Kiss tahun 1985 hanya satu lagu yang sukses sebagai hit kecil-kecilan. Album selanjutnya, The Rumour yang dikeluarkan tahun 1988 lebih merupakan album bermakna khusus. Di dalam album ini terdapat lagu "How To Grow Up To Be Big And Strong" yang berisi permainan gitar dari almarhum Mark Heard.

Pada tahun 1992, Olivia Newton-John harus menjalani operasi kanker payudara dan berhasil sembuh. Pengalaman sebagai penderita kanker menjadikannya terus aktif dalam kampanye kepedulian publik terhadap pentingnya deteksi dini kanker. Album berjudul Stronger Than Before yang dirilis bulan Oktober 2005 dijadikan sarana untuk mempromosikan kepedulian terhadap kanker payudara, dan hanya dijual secara ekslusif melalui toko-toko Hallmark Gold Crown. Olivia terus giat mengumpulkan dana untuk Pusat Kanker Olivia Newton-John.

Pada tahun 1998, Olivia Newton-John, John Farnham dan Anthony Warlow bergabung membentuk trio untuk melakukan tur yang diberi nama The Main Event. Tur ini berkeliling ke kota-kota besar di Australia dan melahirkan sebuah CD yang berhasil memenangkan Penghargaan ARIA untuk CD Australia dengan Penjualan Tertinggi. Pada tahun 2002, prestasi Olivia diabadikan dalam ARIA Hall of Fame.

Olivia Newton-John berduet dengan John Farnham menyanyikan lagu "Dare to Dream" pada upacara pembukaan Olimpiade Sydney 2000. Olivia juga bertugas sebagai pelari terakhir yang membawa api obor di rute sekitar Sydney Opera House pada malam upacara pembukaan.

Pada tahun 2002, Olivia Newton-John mengeluarkan album duet berjudul 2 yang menampilkan Darren Hayes, Tina Arena, Jimmy Little, dan Billy Thorpe, serta duet penuh perasaan bersama Peter Allen dan Johnny O'Keefe. Album ini berhasil masuk Top 5 Australia, dan diikuti tur yang sukses di gedung pertunjukan yang ada di kota-kota besar di Australia.

Pada tahun 2004, Olivia Newton-John mengeluarkan album Indigo: Women of Song yang berisi lagu-lagu yang aslinya dibawakan oleh The Carpenters, Minnie Riperton, Doris Day, Nina Simone, dan Joan Baez. Album ini dipersembahkan Olivia kepada ibunya yang tutup usia pada tahun itu. Di Australia, album ini sukses besar dan berhasil meraih penghargaan emas.

Olivia Newton-John melakukan tur di Amerika pada tahun 2005 untuk mempromosikan album terbarunya Stronger Than Before. Di akhir setiap pertunjukan, Olivia menyanyikan lagu "Serenity" yang ditulis berdasarkan doa "Serenity Prayer", padahal "I Honestly Love You" adalah lagu yang selama ini selalu dibawakan sebagai penutup konser. Di bulan November 2005, pasangan Olivia Newton-John dan Cliff Richard tampil dalam upacara penyerahan Penghargaan Country Music Association di New York. Pada kesempatan ini, Olivia menyerahkan penghargaan Entertainer of The Year yang merupakan penghargaan tertinggi asosiasi musik country kepada rekan yang juga berasal dari Australia, Keith Urban.

Di awal tahun 2006, Olivia Newton-John melakukan tur ke Jepang, Selandia Baru, Australia, yang dilanjutkan di musim gugur dengan pertunjukan di Amerika Serikat. Album terbaru yang berjudul Grace and Gratitude dirilis akhir bulan September 2006. Album ini berisi lagu-lagu "musik terapi" dan hanya dijual di Amerika Serikat melalui toko Walgreens.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Olivia Newton-John menikah dengan Matt Lattanzi dari tahun 1984 hingga 1995, dan dikaruniai seorang putri bernama Chloe Rose Lattanzi yang lahir tahun 1986. Chloe Rose Lattanzi sekarang mengikuti jejak ibunya sebagai seorang penyanyi dan pemain film.

Sejak tahun 1996, Olivia tinggal bersama gaffer merangkap juru kamera bernama Patrick McDermott. Musibah menimpa sebelum album Stronger Than Before mulai dijual di toko-toko, Patrick McDermott hilang dalam perjalanan memancing di lepas pantai California. Pada saat itu, Olivia sedang berlibur di tempat peristirahatan yang dimilikinya yang bernama Gaia Retreat & Spa.[1]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Grammy[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1965 Funny Things Happen Down Under Olivia Supporting role
1970 Toomorrow Olivia Lead role
1972 The Case Herself BBC2 TV special w/Cliff Richard & Tim Brooke-Taylor
1976 A Special Olivia Newton-John Herself TV special
1977 Only Olivia Herself TV special
1978 Olivia Herself TV special
Grease Sandy Olsson Lead role
1980 Xanadu Kira Lead role
Hollywood Nights Herself TV special
1983 Two of a Kind Debbie Wylder Lead role
1988 She's Having a Baby Herself Cameo
1989 Mothers & Others Herself TV special
1990 A Mom for Christmas Amy Miller Lead role in television film
1991 Madonna: Truth or Dare Herself Cameo
1994 A Christmas Romance Julia Stonecypher Lead role in television film
1996 It's My Party Lina Bingham Supporting role
2000 Sordid Lives Bitsy Mae Harling Supporting role
2001 The Wilde Girls Jasmine Wilde Lead role in television film
2002 A Night with Olivia Herself TV special
2003 Live in Japan '03 Herself TV special
2008 Sordid Lives: The Series Bitsy Mae Harling Supporting role in TV Series
2009 Kathy Griffin: My Life On The D-List Herself Guest appearance
2010 1 a Minute Herself Documentary
Glee Herself Special guest – 2 episodes: "Bad Reputation" and "Journey"
Score: A Hockey Musical Hope Gordon Supporting role
2011 A Few Best Men Barbara Ramme Supporting role

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Newton-John 'frantic'", The Sydney Morning Herald, 22 Agustus 2005

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Olivia (The Biography of Olivia Newton-John), Tim Ewbank. (2008). Piatkus books. ISBN 978-0-7499-0983-3.
  • Wood, Gerry. (1998). "Olivia Newton-John." In The Encyclopedia of Country Music. Paul Kingsbury, Editor. New York: Oxford University Press. pp. 380–1.
  • The Story of the Shadows by Mike Read. 1983. Elm Tree books. ISBN 0-241-10861-6.
  • Rock 'n' Roll, I Gave You The Best Years Of My Life – A Life In The Shadows by Bruce Welch ISBN 0-670-82705-3 (Penguin Books).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]