Olivia Mariamne Devenish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Monumen peringatan Olivia Mariamne, istri pertama Raffles, di Kebun Raya Bogor (berdiri pada tahun 1744), Jawa Barat. Raffles menata ulang pertamanan di sekitar monumen ini.

Olivia Mariamne Devenish (1771 – 26 November 1814), adalah istri dari Thomas Stamford Raffles, yang merupakan Letnan Gubernur Inggris di Jawa antara tahun 1811-1816 dan 1805-1814. Sebuah monumen peringatan didirikan untuk mengenangnya di Kebun Raya Bogor.

Olivia adalah anak dari George Devenish. Ia lahir di India namun dibesarkan di Irlandia. Ia pertama kali menikah di Madras pada tahun 1793 dengan Jacob Cassivelaun Fancourt (w. 1800), dan kemudian kedua kalinya pada tahun 1805 di London dengan Thomas Stamford Raffles. Ia disebutkan banyak membantu karier suaminya yang kedua melalui hubungan baiknya dengan atasannya.

Selama menjadi istri gubernur, Olivia turut mengadakan perubahan sosial tertentu dalam kapasitasnya sebagai pendamping penguasa tertinggi di Jawa pada saat itu. Ia mendampingi di sisi suaminya dalam berbagai kegiatan resmi, seperti misalnya mengunjungi para pemimpin setempat. Ia juga mengadakan perjamuan untuk umum yang terbuka baik untuk pria maupun wanita dari berbagai bangsa, yang mana adalah hal baru di Jawa, di mana sebelumnya para wanita Eropa tidak ikut bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Ia juga melarang kebiasaan mengunyah pinang bagi wanita Eropa, namun menganjurkan penggunaan sarung di kalangan mereka.

Olivia meninggal pada tanggal 26 November 1814 di Bogor, Jawa Barat, dan dimakamkan di sana.

Rujukan[sunting | sunting sumber]