Olari Elts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Olari Elts saat Festival Lagu Estonia XXVI 2014

Olari Elts (lahir 27 April 1971) adalah seorang konduktor asal Estonia. Ia adalah konduktor utama Orkestra Simfoni Nasional Latvia dari tahun 2001 hingga 2006. Ia juga merupakan pendiri dan pengarah paduan musik kontemporer NYYD Ensemble.

Pada September 2006, ia mejadi penasihat artistik pertama untuk Orchestre de Bretagne serta menjadi konduktor tamu utama Orkestra Skotlandia sejak awal musim 2007/2008. Pada tahun 2007 pula ia menjadi konduktor tamu utama Orkestra Simfoni Nasional Estonia.

Olari Elts pernah menjadi konduktor untuk Orkestra Simfoni Finnish Radio, Orkestra Simfoni Yomiuri, Dresden Sinfoniker, Simfoni Orkestra Stuttgart Radio, Orkestra Simfoni Lucerne, Orchestre National du Capitole de Toulouse, Orkestra Simfoni City of Birmingham, Ensemble Modern, dan Orkestra Simfoni Cincinnati yang menjadi debutnya di Amerika Serikat. Ia juga tampil di Australia dan New Zealand bersama berbagai orkestra di antarnya yaitu Orkestra Simfoni Melbourne, Orkestra Simfoni Adelaide, Orkestra Simfoni Australia Barat, dan Orkestra Simfoni Selandia Baru. Beberapa contoh penampilan Olari di opera di antaranya yaitu Opera Nasional Estonia, menjadi konduktor untuk Albert Herring karya Britten, Il Trittico karya Puccini, serta Don Giovanni dan Idomeneo karya Mozart bersama Orkestra Simfoni Nasional Estonia. Pada musim gugur 2008, ia menjadi konduktor untuk Der Vampyr karya Marschner's di Opera Rennes, Prancis serta di Hungaria.

Pada tahun 2001, Olari Elts menerima tanda penghormatan Bintang Putih Kelas 4 dari pemerintah Estonia.

Anugerah[sunting | sunting sumber]

Olari pernah memenangkan sejumlah kompetisi konduktor yaitu:[1]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Olari Elts, conductor". Orkestra Simfoni Cincinnati. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-09-28. Diakses tanggal 2015-05-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]