Oktoberfest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Makan dalam tenda Oktoberfest

Oktoberfest adalah festival dua-mingguan yang diadakan setiap tahun di München, Bayern, Jerman, pada akhir September dan awal Oktober.[1] Festival ini merupakan salah satu acara paling terkenal di kota ini dan juga merupakan festival terbesar di dunia dengan sekitar enam juta pengunjung setiap tahunnya. Kota-kota lain di dunia juga mengadakan festival-festival dengan menggunakan festival di München ini sebagai model, bahkan menggunakan juga nama Oktoberfest.

Ajang ini biasanya diadakan selama enam belas hari sampai dan termasuk hari Minggu pertama di bulan Oktober. Tapi jika hari Minggu ini jatuh pada tanggal 1 atau 2, maka festival akan dilanjutkan sampai tanggal 3 Oktober (Hari Persatuan Jerman). Festival diadakan di suatu daerah yang dinamakan Theresienwiese, atau pendeknya "d' Wiesn". Bir merupakan pusat perhatian utama dalam festival ini, dan pembukaan festival ditandai oleh pembukaan tong bir oleh Walikota München dengan mengatakan "O'zapft is!" (Bahasa Bavaria untuk "Telah dibuka!"). Bir istimewa Oktoberfest yang memiliki rasa dan kandungan alkohol yang lebih pekat dan keras juga disiapkan untuk acara ini. Bir ini disajikan dalam gelas berukuran satu liter yang disebut Maß. Gelas pertama diberikan untuk Menteri-Presiden Bayern. Hanya produsen lokal yang diizinkan untuk menyajikan bir ini di suatu Bierzelt, tenda penyajian bir yang cukup besar untuk menampung ribuan orang.

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai jenis makanan, sebagian besar merupakan hidangan tradisional seperti sosis, hendl (ayam), käsespätzle (mi keju), dan sauerkraut, berikut hidangan lain khas Bayern seperti buntut sapi panggang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Putra Mahkota Ludwig, yang kemudian menjadi Raja Ludwig I menikahi Putri Therese dari Sachsen-Hildburghausen pada tanggal 12 Oktober 1810.[1] Penduduk München diundang untuk menghadiri pesta kerajaan dan berbagai perayaan diadakan di alun-alun depan gerbang kota sepanjang 16 hari.[1] Alun-alun tersebut dinamakan Theresienwiese ("Alun-alun Theresie") sebagai bentuk penghargaan bagi Putra Mahkota, dan warga setempat menyebutnya "Wies'n".[1] Pada saat perayaan ditutup, diselenggarakan pacuan kuda untuk keluarga kerajaan dan seluruh rakyat Bayern.[1] Tradisi pacuan kuda setiap tahun menjadi cikal bakal Oktoberfest, namun saat ini sudah tak lagi diperlombakan.[1] Pondok-pondok bir kecil digantikan dengan tenda-tenda minuman pada tahun 1896.[1] Selanjutnya, pertunjukkan hewan ternak dan pawai dengan korsel ditambahkan.[1] Apakah karena kebetulan atau sengaja, pesta pernikahan putra mahkota tersebut bertepatan dengan kegiatan mengosongkan penyimpanan bir musim semi untuk membuat bir musim gugur.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i (Inggris)Oktoberfest Introduction, germanfoods.org. Diakses pada 4 Desember 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]