Odoardo Focherini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Beato Odoardo Focherini
Edward Focherini (Odoardo Focherini)
Odoardo Focherini
Jurnalis, Martir
Lahir6 Juni 1907
Carpi, Modena, Kerajaan Italia
Meninggal27 Desember 1944
kamp konsentrasi di Hersbruck, Jerman
Dihormati diGereja Katolik
Beatifikasi15 Juni 2013, Modena, Italia oleh Kardinal Angelo Amato
Pesta27 Desember

Odoardo Focherini, atau Edward Focherini dalam bahasa Inggris, (6 Juni 1907 – 27 Desember 1944)[1] merupakan seorang jurnalis yang melakukan penyelamatan lebih dari 100 orang Yahudi dari insiden Holokaus.

Pada tahun 1969, Odoardo Focherini diberi gelar kehormatan "Righteous Among the Nations" oleh Negara Israel karena perbuatan heroiknya saat masa Holokaus Yahudi.[1]

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Odoardo Focherini lahir pada 6 Juni 1907 di Carpi, dari pasutri berdarah Trento, Italia. Ayahnya membuka usaha toko besi di Emilia. Ia tumbuh dalam suasana keharmonisan kota kelahirannya.

Ibunya meninggal ketika Odoardo berusia dua tahun; dan ayahnya menikah lagi. Meski dibesarkan oleh ibu tiri, Odoardo mendapat kasih sayang penuh dalam keluarganya.

Setelah lulus sekolah dasar, Odoardo melanjutkan studi di sekolah teknik. Pada tahun 1924, ia belajar menulis di media massa. Saat itu, ia dipercaya untuk memperkenalkan “L’Aspirante”, sebuah majalah bagi kaum muda.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1930, Odoardo mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Maria Marchesi (1909-1989). Kehidupan rumah tangga mereka kemudian dikaruniai tujuh anak.

Awalnya, Odoardo bekerja di sebuah perusahaan asuransi Società Assicurazione Cattolica di Verona pada tahun 1934. Ia memulai kariernya dengan mengurusi cabang di Modena. Lalu, dipercaya sebagai pengawas untuk wilayah Modena, Bologna, Verona, hingga Pordenone.

Dua tahun kemudian, Ordone memikul tugas penting sebagai Presiden ACI. Ia mengembangkan sinergi dan membangun jaringan yang lebih kuat dalam tingkat nasional dengan para aktivis di Italia. Pada tahun 1939, ia juga menjadi Direktur Pelaksana sebuah koran Italia, L’Avvenire d’Italia. Dua pencapaian ini membuktikan keunggulannya sebagai seorang aktivis dan jurnalis.

Aksi penyelamatan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1942, Odoardo ingin mewujudkan solidaritasnya dengan membantu bangsa Yahudi. Namun niat baiknya tidak dapat segera terlaksana. Dan pada 8 September 1943, Odoardo meminta izin kepada sang istri untuk membantu orang Yahudi yang teraniaya. Maria Marchesi pun memberikan dukungan penuh pada niat luhur sang suami. Sejak saat itu, komitmen untuk berjuang membela bangsa Yahudi kian bulat.

Odoardo kemudian memalsukan dokumen bagi orang Yahudi supaya bisa menyeberang masuk ke Swiss. Mereka memberangkatkan 5-10 orang dengan kereta api dari Modena ke Milan, lalu ke Luino atau Cernobbio, dan akhirnya masuk ke Swiss. Odoardo berhasil menyelamatkan lebih dari 100 orang Yahudi menyeberang perbatasan Italia, dan masuk ke Swiss.

Akhir hidup[sunting | sunting sumber]

Usahanya kemudian diketahui tentara Nazi. Odoardo ditangkap pada tanggal 11 Maret 1944. Ia di penjara di San Giovanni di Monte, Bologna (13 Maret-5 Juli). Lalu ia dimasukkan ke kamp konsentrasi Fossoli. Pada tanggal 4 Agustus, ia dimasukkan ke Gries (Bolzano) hingga 7 September. Odoardo pun dibawa ke Jerman dan ditempatkan di kamp konsentrasi Flossenburg dan Hersbruck, dekat Nuremberg. Selama di penjara, ia sempat menuliskan 166 surat pada keluarga dan rekan-rekannya.

Odoardo wafat di kamp Hersbruck pada 27 Desember 1944 pada usia 37 tahun, dalam rezim Hitler. Namun secara ajaib, cincin perkawinannya berhasil diselundupkan dan kembali ke tangan istrinya. Jasadnya tak pernah ditemukan, diduga ikut terbakar pada tungku di Hersbruck.

Proses kanonisasi[sunting | sunting sumber]

Paus Benediktus XVI memberikan pengakuan atas kemartirannya melalui sebuah dekret pada 10 Mei 2012. Dan pada 15 Juni 2013 Paus Fransiskus menyatakannya sebagai "Beato", melalui perayaan yang dipimpin oleh Kardinal Angelo Amatoprefek Kongregasi Penggelaran Kudus – di Piazza Martiri, Carpi, Modena.[1]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Claudio Pontiroli, Odoardo Focherini: lettere dal carcere e dai campi di concentramento (Finale Emilia 1994; II ed. 2004)
  • Liliana Picciotto, I giusti d'Italia: i non ebrei che salvarono gli ebrei (Milano: Mondadori 2006)
  • Giorgio Vecchio, Un Giusto fra le nazioni. Odoardo Focherini (1907-1944). Dall'Azione Cattolica ai lager (Bologna, EDB, 2012)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) "Blessed Odoardo Focherini". Saints SQPN. 26 December 2013. Diakses tanggal 3 December 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]