Odoardo Beccari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Odoardo Beccari

Odoardo Beccari (lahir di Firenze, 16 November 1843 – meninggal di Firenze, 25 Oktober 1920 pada umur 76 tahun) adalah seorang penjelajah dan ahli botani asal Italia. Dalam taksonomi, namanya dikenal dengan singkatan Becc.

Lahir dari keluarga petani anggur, Odoardo menuntut ilmu di Pisa dan Bologna. Kariernya bersinar ketika ia mendapat kesempatan studi di Kebun Raya Kew, Inggris. Pada tahun 1865 ia melawat ke Sarawak atas izin James Brooke ("The White Raja"). Di sana ia sempat mengumpulkan 20.000 contoh tumbuhan dan sejumlah tengkorak orang utan, sebelum kembali pada 1868. Dua tahun kemudian ia menjelajah ke Abesinia (sekarang berada di wilayah Eritrea). Antara tahun 1871 dan 1876 ia menjelajah Papua dan beberapa kepulauan di Maluku.

Pada tahun 1878, saat ia bertugas di Aceh ("Atjer Mantior") ia mendapati sejumlah spesimen suweg raksasa. Ia membawa sejumlah umbi ke Firenze. Di sana, sejumlah biji tumbuh dan kemudian tumbuhan muda dikirimnya ke Kebun Raya Kew. Di Kew, 11 tahun (1889) kemudian berbungalah spesimen pertama di luar Sumatera.

Nama Odoardo Beccari diabadikan pada beberapa nama genus tumbuhan Beccarianthus, Beccarinda, Beccariodendron dan Beccariophoenix.