Obolos Kharon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Obolos Kharon adalah istilah kiasan untuk koin yang ditaruh di mulut mayat yang hendak dimakamkan.

Kebiasaan ini terutama dilakukan oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno. Kebiasaan serupa juga ditemukan di daerah Timur Dekat, dan juga di Eropa Barat, terutama di daerah-daerah yang dihuni oleh suku Kelt dari budaya Romawi-Britania, Romawi-Hispania, dan Romawi-Galia, serta oleh suku-suku Jerman pada masa Zaman Kuno Akhir dan masa kristen awal, dengan contoh-contoh yang berlimpah sampai abad 20. Sastra Yunani dan Latin yang berasal dari abad ke-5 SM sampai abas ke-2 M, menyebutkan mengenai obolos Kharon dan kadang juga lelucon tentang koin tersebut sebagai uang suap untuk pendayung yang mengantarkan roh menyeberangi sungai yang memisahkan dunia kematian dari dunia manusia.

Arkeologi menunjukkan bahwa mitos mengenai obolos Kharon merefleksikan kebiasaan nyata, namun peletakan koin itu juga tidak meluas dan tidak pada terbatas pada satu koin di mulut jenazah.[1][2] Dalam banyak pemakaman, lempengan logam bertulisan atau eksonumia merupakan pengganti koin, atau salib berlapis emas pada masa Kristen awal. Kemunculan koin atau timbuanan koin dalam pemakaman pada kapal khas suku-suku Jerman mengindikasikan adanya konsep yang analog.

Cataatn kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gregory Grabka, “Christian Viaticum: A Study of Its Cultural Background,” Traditio 9 (1953), 1–43, khususnya hlm. 8
  2. ^ Susan T. Stevens, “Charon’s Obol and Other Coins in Ancient Funerary Practice,” Phoenix 45 (1991) 215–229.