Obizzo II d'Este, Marquis dari Ferrara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Obizzo II d'Este (sekitar tahun 1247 – 13 Pebruari 1293) adalah seorang Marquis di Ferrara dan Batasan Ancona.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ia adalah seorang anak haram,[1] Rinaldo I d'Este - putra tunggal dan pewaris Margrave Azzo VII d'Este- dengan penatu napolitan. Segera setelah kelahirannya, Obizzo diusir dari Ferrara dengan ibunya dan tinggal di Ravenna.

Untuk kondisinya, Obizzo ditakdirkan ke masa depan yang jelas; namun situasi ini berubah pada tahun 1251: ayahnya Rinaldo, tawanan Kaisar Frederick I sejak tahun 1238, diracuni dengan istrinya yang mandul, Adelaida da Romano. Tanpa memiliki putra lain untuk menjadi pewarisnya, Margrave Azzo VII melihat Obizzo sebagai kesempatan satu-satunya yang hidup di Istana Este dan berkelahi atas pengakuannya sebagai pewarisnya. Obizzo disahkan oleh Paus pada tahun 1252, tak lama setelah ibunya dibenamkan di dalam Adriatik.[2]

Pemimpin Ferrara[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1264 ia diumumkan sebagai pemimpin Ferrara, Maharaja Modena pada tahun 1288 dan Reggio pada tahun 1289. Pemerintahannya ditandai dengan berakhirnya periode komunal di Ferrara dan permulaan kemaharajaan, yang berlangsung sampai abad ke-17.

Ia kemungkinan dibunuh oleh putranya Azzo VIII d'Este tanpa sempat memilih seorang pewaris. Azzo VIII mengumumkan pemerintahan karena putra sulungnya namun saudara-saudaranya Aldobrandino and Francesco melakukan pertikaian sengit untuk hak-haknya. Akhirnya, mereka membuat perjanjian peralihan wilayah atas: Azzo menahan Ferrara, Aldobrandino menerima Modena dan Francesco mendapatkan Reggio Emilia.

Obizzo d'Este kutipan di dalam Inferno Dante dan di dalam Lingkaran Kedelapan Neraka untuk membeli seorang wanita dari saudaranya untuk berhubungan intim.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1263 Obizzo pertama-tama menikah dengan Giacomina (wafat Desember 1287), putri Niccolo Fieschi di Lavagna dan keponakan Paus Innocent IV. Mereka memiliki 5 orang anak:

  1. Azzo VIII (lahir setelah tahun 1263 - wafat Este, 31 Januari 1308).
  2. Beatrice (wafat 15 September 1334), menikah pertama-tama dengan Ugolino Visconti, Giudice Gallura dan kedua kalinya pada tanggal 24 Juni 1300 dengan Galeazzo I Visconti, Maharaja Milan.
  3. Maddalena, pertama-tama menikah dengan Aldobrandino Turchi, dari Ferrara, dan kedua kalinya dengan Raniero di Canossa.
  4. Aldobrandino II (wafat 1326).
  5. Francesco (terbunuh, Ferrara, 23 Agustus 1312).

Pada tahun 1289 Obizzo menikah kedua kalinya dengan Constanza (wafat Mantua, 1306), putri Alberto I della Scala, Maharaja Verona. Ikatan tersebut tanpa keturunan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
none
Pemimpin Ferrara
1264–1293
Diteruskan oleh:
Azzo VIII