Nu Hydrae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nu Hydrae (ν Hya / ν Hydrae) adalah bintang kelas K2, bermagnitudo 3.11 di rasi Hydra. Nu Hydrae adalah bintang raksasa jingga (orange giant) yang berada pada 138 tahun cahaya dari Bumi. Nu Hydra dikonfirmasi oleh para astronom sebagai bintang karbon (carbon star). Karbon dalam jumlah besar berada di atmosfer bintang ini. Karbon pada bintang ini berwarna hitam, bukan merah seperti biasanya.

Nu Hydrae memerlukan waktu 531 hari untuk melengkapi satu siklus, Selama periode waktu ini, magnitudo bintang ini menurun hingga 6.6 sampai 9.0 dan meningkat kembali. Ini berarti kecemerlangan bintang ini menurun 11 persen pada saat keadaan minimal.</ref>Astronomy.com blog; Michael Bakich, editor, 05-23-2009</ref>

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Bintang ini memiliki nama tradisionalSherasiph dan Pleura, masing-masiang berarti "iga" atau "sisi" (sang ular) dalam bahasa Arab dan Yunani. Sherasiph berasal dari kata dalam bahasa Arab ﻑالشراﺴ al-sharāsif "iga (sang ular)", berbagi nama tradisional dengan Beta Crateris, Al Sharasif. Nama lainnya untuk bintang ini adalah:

nama lain asal bahasa arti
翼宿五 / Yìsuwǔ China bintang kelima pada rasi Sayap[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ salah satu rasi bintang menurut bangsa Cina

Pranala luar[sunting | sunting sumber]