Nuño Sánchez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Materai Nuño dengan lambang Aragón dan Lara.

Nuño Sánchez (bahasa Katalan: Nunó, Nunyó, or Nunyo Sanç, bahasa Perancis: Nuno Sanche) (1185–1242) adalah seorang bangsawan Katalan dan seorang negarawan.

Nuño adalah putra Sancho, Pangeran Provence, Provinsi Roussillon, dan Cerdagne, dan Sancha Núñez dari Wangsa Lara. Ketika Provence direbut dari ayahnya pada tahun 1185 namun dapat mempertahankan Roussillon dan Cerdagne sampai kematiannya pada tahun 1223, ia menyerahkan kontrol atas wilayah-wilayah tersebut kepada putranya pada awal tahun 1212. Kemudian pada tahun itu ia secara resmi diinvestasikan oleh Peter II dari Aragon. Gelar lengkapnya di dalam bahasa Latin adalah Nunus Sancii, Dei gratia dominus de Rossillionis, Vallis de Asperii, Conflent et Cerritane ("Nuño Sánchez, oleh karunia Tuhan Maharaja Roussillon, Vallespir, wilayah Conflent dan Cerdagne").

Penanaman modalnya merupakan sebuah pertolongan kecil untuk Peter, karena Nuño tiba terlambat pada saat melayani Pertempuran Muret (1213), dimana Peter wafat. Kemudian ia dan ayahnya menjadi wali untuk pewaris Peter yang masih dibawah umur, James I. Pada tahun 1215 ayahnya menikahkannya dengan Peronella, putri Bernard IV dari Bigorre, tetapi pernikahan tersebut dibatalkan oleh Paus Honorius III pada tahun berikutnya (tahun 1216). James mencapai usia dewasa pada tahun 1223, tahun dimana Sancho wafat, dan Nuño mulai melayani James sebagai kepala penasehat di dalam masalah yang bersangkutan dengan kebangsawanan Béarn.

Pada tahun 1225, bagaimanapun juga, Nuño sudah bosan dengan politik bangsa Aragon dan mengalihkan perhatiannya ke arah lain. Pada tahun 1226 ia membeli kebangsawanan Fenouillèdes dan Peyrepertuse dari Louis VIII dari Perancis dan melakukan penghormatan pada mereka.

Nuño diundang untuk berpartisipasi di dalam ekspedisi melawan Majorca pada tahun 1229 dan ini kemungkinan memberinya sebuah imej yang baik pada wangsa Aragon pada saat ia kembali, dimana menaklukkan Majorca dari Almoravids sudah lama didambakan. Majorca akhirnya berhasil direbut pada tahun 1234 dan Nuño mendapatkan banyak wilayah atas jasanya tersebut. Ia hanya mulai memakai gelarnya sebagai "pangeran" setelah itu.

Kemudian dikehidupan selanjutnya, Nuño menemani James di dalam ekspedisi militernya ke Navarra dan Valencia (dapat direbut pada tahun 1238). Pada tahun 1220, Nuño menikahi Teresa López, putri Lupus III, maharaja Biscay. Mereka tidak memiliki keturunan, jadi wilayah dan gelarnya dicuri ketika ia wafat pada akhir tahun 1241 atau pada awal tahun 1242. Penyanyi keliling Aimeric de Belenoi mengarang planh untuk mengenangnya, menceritakan reputasinya atas cintanya pada kerajaan dan sifat ksatriaannya. Ia dimakamkan di sebuah Rumah Sakit di Bajoles, dekat Perpignan, sekarang sudah hilang. Ia meninggalkan seorang anak haram, "Anak Haram Roussillon," yang mempertahankan kota Elne dari Perancis selama perang salib Aragon pada tahun 1284.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Bisson, Thomas N. The Medieval Crown of Aragon: A Short History. Oxford: Clarendon Press, 1986. ISBN 0-19-821987-3.
Didahului oleh:
Sancho
Pangeran Roussillon
1212–1242
Diteruskan oleh:
James I
Pangeran Cerdanya
1212–1242