Nozomi (pesawat luar angkasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nozomi (のぞみ) (Jepang untuk "Berharap" atau "Harapan", dan dikenal sebelum peluncuran sebagai Planet-B) direncanakan sebagai sebuah probe Aeronomy Mars-orbit, tetapi tidak dapat mencapai Mars orbit karena kegagalan listrik. Operasi telah berakhir pada tanggal 31 Desember 2003.

Ini dibangun oleh Institute of Space and Astronautical Science, University of Tokyo dan diluncurkan pada tanggal 4 Juli 1998 pada 03:12 JST (18:12 UTC) dengan massa kering pada orbit dari 258 kg dan 282 kg dari propelan.

Nozomi dirancang untuk mempelajari atmosfer Mars atas dan interaksinya dengan angin matahari dan untuk mengembangkan teknologi untuk digunakan dalam misi masa depan planet. Secara khusus, instrumen pada pesawat ruang angkasa adalah untuk mengukur struktur, komposisi dan dinamika ionosfer, efek Aeronomy dari angin matahari, melarikan diri dari konstituen atmosfer, medan magnet intrinsik, penetrasi medan magnet angin matahari, struktur magnetosfer, dan debu di atmosfer atas dan di orbit sekitar Mars. Misi akan juga kembali gambar permukaan Mars.

Referensi[sunting | sunting sumber]