Nozomi (pesawat luar angkasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nozomi

Nozomi (のぞみ) adalah sebuah pesawat luar angkasa yang diluncurkan oleh Badan Penjelajahan Antariksa Jepang (disingkat JAXA). Dalam bahasa Jepang, Nozomi berarti "Berharap" atau "Harapan" dan dikenal sebelum peluncuran sebagai Planet-B. Pesawat tanpa awak ini direncanakan sebagai sebuah probe Aeronomy Mars-orbit, tetapi tidak dapat mencapai orbit Mars karena kegagalan listrik. Operasi ini telah berakhir pada tanggal 31 Desember 2003.

Pesawat ini dibangun oleh Institute of Space and Astronautical Science, University of Tokyo dan diluncurkan pada tanggal 4 Juli 1998 pada 03:12 JST (18:12 UTC) dengan massa kering pada orbit dari 258 kg dan 282 kg dari propelan.

Nozomi dirancang untuk mempelajari lapisan luar atmosfer Mars dan interaksinya dengan angin matahari, serta digunakan untuk mengembangkan teknologi untuk digunakan dalam misi masa depan planet. Secara khusus, instrumen pada pesawat ruang angkasa adalah untuk mengukur struktur, komposisi, dan dinamika ionosfer, efek Aeronomy dari angin matahari, melarikan diri dari konstituen atmosfer, medan magnet intrinsik, penetrasi medan magnet angin matahari, struktur magnetosfer, juga debu di atmosfer atas serta di sekitar orbit Mars. Misi ini juga digunakan untuk menggambar kembali permukaan Mars.

Referensi[sunting | sunting sumber]