Nova Pandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nova Pandia
Nama lahirDwi Nova Sada Putri Pandia
Nama lainNova
Lahir11 November 1991 (umur 32)
AsalMedan, Indonesia
GenrePop, R&B, urban pop, soul, dance-pop
PekerjaanPenyanyi, Guru Taman Kanak-Kanak
InstrumenVokal, piano, gitar
Tahun aktif2013—sekarang

Nova Pandia atau yang bernama lengkap Dwi Nova Sada Putri Pandia (lahir 11 November 1991) adalah seorang penyanyi berkewarganegaraan Indonesia. Nova merupakan putri dari pasangan Terbit Pandia dan Normina Gurusinga. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Nova memiliki abang yang bernama Pupus Gerhana Putra Pandia, kakak ipar yang bernama Endang Barus dan adiknya yang bernama Augusta Diga Pandia. Dari pernikahan abangnya, Nova dikaruniai keponakan bernama Tiffany Chelsea Jofanka Pandia dan Judeo Suranta Junior Pandia

Nova mengembangkan bakat bernyanyinya di gereja. Ia sering tampil di acara-acara gereja, sekolah, acara adat dan mengikuti beberapa perlombaan bernyanyi. Nova juga mahir memainkan alat musik piano.

Di tahun 2013, Nova mengikuti ajang pencarian bakat Akademi Fantasi Indosiar musim keenam dan menjadi Runner Up.

Penampilan Nova Pandia yang dinilai apik kerap mendapat pujian dari juri. Membawakan lagu dengan begitu mulus ditambah penampilan menawan dianggap juri sebagai sebuah perubahan yang sangat berarti setiap penampilannya diatas panggung.[1]

Pada babak grand final Nova bertemu dengan Stefany, ketika Stefany keluar sebagai juara, Nova Pandia berpuas diri sebagai runner-up.[2] Setelah menjadi runner-up, nama Nova menjadi lebih banyak dikenal masyarakat dan Nova sering bernyanyi di luar Sumatera Utara.

Pada tahun 2017, Nova menikah dengan seorang pria yang berasal dari Jerman bernama Stefan Öder. Di pernikahan adat Karo, Stefan mendapatkan marga Ginting. Setelah menikah, Nova berdomisili di Ochsenfurt, Jerman dan berprofesi sebagai guru Taman Kanak-Kanak.

Pada bulan Januari 2022, Nova melahirkan anak pertama berjenis kelamin laki-laki bernama Adam Öder.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Pop Rohani Bersama Nova Pandia (VH Record)
  • Album Lagu Nias

Lagu-Lagu yang dibawakan selama di Akademi Fantasi Indosiar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Purnomo, Sapto. Fei, ed. "Trie Utami Puas Lihat Penampilan Nova AFI". Liputan6.com. Liputan6.Com. Diakses tanggal 17 Desember 2014. 
  2. ^ Rom (ed.). "Nova dan Stefany Akhirnya Bertemu di Grand Final New AFI 2013". Liputan6.com. Liputan6.Com. Diakses tanggal 17 Desember 2014.