Nos attendentes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nos attendentes adalah kata-kata pembuka yang ditujukan bagi sebuah Bulla kepausan, faktanya dikeluarkan di bulan Januari 1217 oleh Paus Honorius III. Keasliannya disangsikan. Apabila asli, maka dokumen ini merupakan bulla kedua yang meresmikan Ordo Dominikan (untuk yang pertama, lihat Religiosam vitam). Di dalamnya, Sri Paus menggambarkan para bruder (rohaniwan) ordo tersebut sebagai pugiles fidei et vera mundi lumina, atau "pejuang iman dan cahaya sejati dunia".

Bulla aslinya disimpan di biara Prouille, bangunan pertama Santo Dominikus, dan adalah berasa; dari sumber inilah teks Latinnya diterbitkan pada tahun 1504 oleh Albert de Castillo. Edisi-edisi berikutnya berasal dari versi tersebut. Dokumen-dokumen biara ini tersebar dimana-mana pada saat terjadinya Revolusi Perancis; cetakan aslinya kemudian hilang. Buku catatan biara yang memuat sebuah transkrip abad ke-17 berhasil diketemukan kemudian, namun tidak ditunjukkan kepada para penyelidik.

Bibliography[sunting | sunting sumber]

  • Albert de Castillo, Privilegia maiora et principaliora. Venice: apud Lazarum de Soardis, 1504.
  • M. Bihl in Archivum Franciscanum historicum vol. 27 (1934) pp. 262-263.
  • Pierre Mandonnet, M.-H. Vicaire, Saint Dominique: l'idée, l'homme et l'oeuvre (Paris: Desclée de Brouwer, 1938) vol. 1 p. 55 note 50.