Non-Pemeluk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Non-Adherent)

Non-Adherent (Tanpa-Pemeluk) adalah sebutan bagi individu/kelompok yang memiliki paham mirip dengan paham atheis di mana seorang individu/kelompok tersebut tidak mempercayai adanya tuhan dan lebih mementingkan kepentingan duniawi. Adapun kelompok non-adherent sendiri lebih banyak berpusat di negara-negara maju seperti Amerika Serikat yang memegang paham negara sekuler. Adapun juga paham non-adherent bisa diartikan sebagai pemisahan antara urusan duniawi dan urusan akhirat, di mana biasanya kelompok ini lebih tidak ingin tahu urusan akhirat.

Sejarah paham non-adherent[sunting | sunting sumber]

Sejarah non adherent diperkenalkan pertama kali di negara komunis yaitu Rusia lalu meluas ke Cina pada tahun 1930-an lalu diadopsi oleh negara-negara eropa seperti Inggris dan Belanda lalu meluas ke Amerika Serikat. Paham ini dirasakkan cocok oleh negara-negara tersebut karena sesuai dengan filosofi mereka yang memisahkan antara urusan dunia dan urusan akhirat.

Paham non-adherent secara luas[sunting | sunting sumber]

Kelompok non-adherent berbasis di Amerika dan negara-negara Eropa di mana paham ini dikembangkan lagi menjadi paham-paham yang berbeda seperti sekularisme dan atheisme dan lebih jauh orang-orang yang berpahamkan non-adherent lebih berpikir praktis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]