Nomor telepon di Gibraltar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kode negara: +350
Prefiks telepon internasional: 00
Prefiks utama: tidak ada

Tata nomor telepon Gibraltar adalah sistem yang dipakai untuk mengatur nomor telepon di Gibraltar. Sistem ini diatur oleh Gibraltar Regulatory Authority (GRA), yang bertanggung jawab atas urusan telekomunikasi.

Kode telepon negara Gibraltar adalah +350. Jika menelepon dari luar Gibraltar, prefiks telepon internasionalnya adalah 00.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs pertukaran telepon pertama di City Mill Lane.

Pertukaran telepon pertama Gibraltar didirikan tahun 1886 sebagai sebuah perusahaan swasta dan kemudian diambil alih oleh Pemerintah Gibraltar. Pada tahun 1970-an, ada tiga generasi alat pertukaran telepon otomatis yang memakai nomor 4 dan 5 digit.

Volume telepon meingkat dan pertukaran digital System X dipasang dan diambil alih oleh sebuah operator telepon swasta, Gibtelecom, yang juga mengoperasikan jaringan gSM.

Hubungan telepon langsung antara Gibraltar dan Spanyol terputus tahun 1969, ketika komunikasi darat antara kedua wilayah dihalang-halangi oleh pemerintahan Francisco Franco, sebagai akibat klaim kedaulatan Spanyol, dan baru dikembalikan pada tahun 1986.[1]

Akan tetapi, Gibraltar masih menjadi subjek sejumlah pembatasan setelah tanggal tersebut, yang mempengaruhi ekspansi dan modernisasi infrastruktur telekomunikasi Gibraltar. Hal ini mencakup penolakan pengakuan terhadap kode Saluran Langsung Internasional (IDD) (+350) yang membatasi perluasan tata nomor telepon Gibraltar, dan pencegahan perjanjian roaming untuk telepon genggam GSM Gibraltar di Spanyol dan sebaliknya. Setelah penandatanganan Piagam Córdoba antara Pemerintah Gibraltar, Britania Raya, dan Spanyol bulan September 2006, batasan-batasan tersebut dihapus terhitung 10 Februari 2007.

Tata nomor baru[sunting | sunting sumber]

Sejak 1 Oktober 2008, nomor telepon untuk telepon darat dan telepon genggam di Gibraltar memiliki 8 digit. Sebelumnya, nomor darat terdiri dari lima digit yang diawali 4, 5, atau 7, sementara telepon genggam tetap tidak berubah. Terhitung 1 Oktober, semua panggilan ke nomor darat 5 digit Gibtelecom harus diawali 200, sehingga nomornya menjadi 8 digit.[2][3]

Misal, 52200 menjadi 20052200 dan jika ditelepon dari luar Gibraltar menjadi +350 200 52200.

CTS (Gibraltar) Limited, sebuah penyedia telekomunikasi alternatif mulai menawarkan layanan telepon darat bernomor awal 216.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]