Nomen nudum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Frase nomen nudum (jamak nomina nuda) adalah istilah Latin, yang berarti "nama telanjang", yang digunakan dalam taksonomi (terutama pada nomenklatur zoologi dan botani). Istilah ini mungkin atau mungkin tidak ditulis dalam huruf miring, tergantung pada gaya.

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan suatu sebutan yang tampak persis seperti nama ilmiah dari suatu organisme, dan mungkin telah awalnya dimaksudkan sebagai nama ilmiah, tapi gagal menjadi salah satunya karena belum (atau belum adanya) diterbitkan dengan deskripsi yang cukup (atau referensi seperti untuk deskripsi), dan dengan demikian merupakan nama "telanjang", salah satu yang tidak dapat diterima seperti saat ini berdiri.[1]

Karena nomen nudum gagal untuk memenuhi syarat sebagai nama ilmiah formal, penulis kemudian dapat mempublikasikan nama ilmiah nyata yang identik dalam ejaan. Jika salah satu penulis yang sama dan menempatkan nama dicetak, pertama sebagai nomen nudum dan kemudian menerbitkannya sebagai nyata, disertai dengan penjelasan yang tidak memenuhi persyaratan formal, maka tanggal publikasi yang terakhir, publikasi resmi yang benar menjadi nama tanggal pendirian itu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is a nomen nudum?". International Commission on Zoological Nomenclature. Diakses September 11, 2010.