Nojus Bartaška

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nojus Bartaška
Berkas:Bartas dalam acara gladi bersih menjelang tampil dalam Kontes Lagu Eurovision Junior 2010.jpg
Latar belakang
Nama lahir Nojus Bartaška
Asal Kaunas, Lithuania
Genre Pop
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2000 - sekarang

Nojus Bartaška, atau yang sering dikenal dengan Bartas, sering dipanggil Bart, sebagai singkatan namanya (lahir 26 Juni 1996 di Kaunas, Lithuania) adalah penyanyi asal Lithuania yang akan berkompetisi dalam ajang Kontes Lagu Eurovision Junior tahun 2010. Ia menyanyikan lagu yang berjudul Oki-Doki, yang liriknya dikarang sendiri bersama ibunya, Rūta Lukoševičiūtė-Bartaskiene. Sedangkan, aransemennya dikarangnya sendiri dan Arvydas Martinėnas-Vudis.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Hampir semua anggota keluarganya adalah penyanyi. Ayahnya, Saulius Bartaška, adalah seorang penyanyi dan juga menjadi pembawa acara selama 10 tahun, terkenal sebagai Captain Flint. Ibunya, Rūta Lukoševičiūtė-Bartaskiene, adalah seorang penyanyi yang sering tampil di Teater Musik Kaunas.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bartas memulai karier menyanyinya sejak usia 4 tahun. Lagu pertamanya, yang direkam juga oleh ayahnya, berjudul Daddy's Fairy Tale (Perinya ayah). Saat Bartas berumur 6 tahun, ia bergabung dengan band Caca dan berpartisipasi dalam kontes anak-anak untuk pertama kalinya.

Tahun 2002, 2004, dan pada tahun 2005, ia mengikuti Festival Laumes Juosta sebagai bagian dari Band "Saules Vaikai".[1]

Dalam usia sekolah, Bartas memutuskan untuk masuk ke Sekolah Basket Sabonis. Setelah itu, ia mengatakan bahwa olahraga favoritnya adalah basket dan menjadikannya sebagai hobi, meskipun ia belum sama sekali menyentuh musik.

Pada saat itulah, tawaran menantinya. Tawaran tersebut adalah bernyanyi di Teater Musik Kaunas. Lagu yang dinyanyikannya adalah Sound of Music, Dwarf Nose, dan Marica. Sedang ia mengembangkan bakat vokalnya, pada tahun 2007, ia ditawari bermain peran dalam drama musikal yang berjudul The Little Prince (Pangeran kecil). Drama musikal ini dimainkan di Teater Opera dan Balet Lithuania.

Selanjutnya, ia mendapat sukses setelah memenangkan hadiah juri dalam penyelenggaraan Kontes Lagu Slovianskij Bazar yang diselenggarakan di Vitebsk, Belarusia. Dan pada kenyataannya, Bartas adalah pemenang kontes tersebut.

Pada musim panas 2008, Bartas kembali beraksi di panggung hiburan. Tetapi, ia berpartisipasi dalam kontes internasional Song of Europe (Lagu dari Eropa) yang diselenggarakan di negaranya sendiri, Lithuania. Tapi bukan di Kaunas, tetapi di ibukota Vilnius, Lithuania. Ia memenangkan kontes tersebut dan memenangkan hadiah utama. Pada dua tahun terakhir, ia bersama band-nya Kvinta berhasil memenangkan ajang pencarian bakat Talentu Rigas (Cincin Bakat).

Pada tahun 2008, Bartas untuk pertama kalinya mengikuti seleksi untuk mengikuti Kontes Lagu Eurovision Junior, sebagai band. Sayangnya, ia bersama band-nya hanya menempati posisi kedua, padahal kemenangan sudah berada di depan mata.

Dua tahun berselang, Bartas kembali mengikuti seleksi nasional Lithuania menuju Kontes Lagu Eurovision Junior 2010. Dengan lagunya yang berjudul Oki-Doki, Bartas menjadi juara dalam seleksi tersebut dan berhak mewakili Lithuania dalam Kontes Lagu Eurovision Junior ini.[2] Ia mendapat urutan tampil pertama. Sebelumnya, ia tampil bersama Dmitry Koldun dalam acara pembukaan bersama dengan sesama kontestan tahun ini untuk menyanyikan lagu "Day Without War" (Hari Tanpa Perang). Pada akhirnya, Bartas mendapatkan posisi ke-6 dengan raihan 67 poin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Tidak lagi mengikuti kontes
Lithuania di Kontes Lagu Eurovision Junior
2010
Diteruskan oleh:
Masih belum ditentukan