Nkosazana Dlamini-Zuma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nkosazana Dlamini-Zuma
Ketua Komisi Uni Afrika
Mulai menjabat
Juli 2012
Deputi Erastus Mwencha
Akan menggantikan Jean Ping
Menteri Dalam Negeri Afrika Selatan
Masa jabatan
10 Mei 2009 – Juli 2012
Presiden Jacob Zuma
Didahului oleh Nosiviwe Mapisa-Nqakula
Digantikan oleh TBD
Menteri Luar Negeri Afrika Selatan
Masa jabatan
14 Juni 1999 – 10 Mei 2009
Presiden Thabo Mbeki
Kgalema Motlanthe
Didahului oleh Alfred Nzo
Digantikan oleh Maite Nkoana-Mashabane (Hubungan dan Kerjasama Internasional)
Menteri Kesehatan Afrika Selatan
Masa jabatan
10 Mei 1994 – 14 Juni 1999
Presiden Nelson Mandela
Didahului oleh Rina Venter
Digantikan oleh Manto Tshabalala-Msimang
Informasi pribadi
Lahir Nkosazana Clarice Dlamini
27 Januari 1949 (umur 65)
Natal, Afrika Selatan
Partai politik Kongres Nasional Afrika
Suami/istri Jacob Zuma
(Bercerai)
Alma mater Universitas Zululand
Universitas Natal
Universitas Bristol
Universitas Liverpool

Nkosazana Clarice Dlamini-Zuma, lahir 27 Januari 1949 (umur 65) adalah seorang politikus Afrika Selatan dan mantan aktivis anti-apartheid. Dlamini-Zuma merupakan Menteri Kesehatan Afrika Selatan dari tahun 1994 hingga tahun 1999 dibawah kepresidenan Nelson Mandela, dan menjadi Menteri Luar Negeri dari tanggal 17 Juni 1999 hingga 10 Mei 2009 di bawah kepresidenan Thabo Mbeki dan Kgalema Motlanthe. Dia dipindahkan ke posisi Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Presiden Jacob Zuma, mantan suaminya, pada tanggal 10 Mei 2009.

Pada tanggal 15 Juli 2012, Dlamini-Zuma terpilih sebagai ketua umum Komisi Uni Afrika. Posisi ini menjadikannya sebagai wanita pertama yang pernah memegang jabatan tersebut.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Dlamini-Zuma berasal dari etnis Zulu dan lahir di Natal, Afrika Selatan. Dia merupakan anak sulung dari delapan bersaudara. Pada tahun 1967, ia menyelesaikan pendidikan SMA nya di Amanzimtoti Training College dan kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Zululand dengan jurusan Zoologi dan Botani. Dlamini-Zuma kemudian memperoleh gelar sarjana dalam bidang sains (BSc) dan selanjutnya memulai karier kedokterannya di Universitas Natal.

Karier[sunting | sunting sumber]

Selama masa kuliahnya pada awal tahun 1970, Dlamini-Zuma secara diam-diam menjadi anggota aktif (kemudian dilarang) di Kongres Nasional Afrika (ANC). Pada saat yang sama, ia juga menjadi anggota dari Organisasi Pelajar Afrika Selatan dan diangkat sebagai wakil ketua pada tahun 1976.

Dlamini-Zuma menyelesaikan kuliah kedokterannyanya di Universitas Bristol pada tahun 1978. Dia kemudian bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Pemerintah Mbabane di Swaziland, disana ia bertemu dengan calon suaminya, Jacob Zuma. Pada tahun 1985 Dlamini-Zuma kembali ke Inggris untuk menyelesaikan diploma dalam bidang kesehatan anak di Universitas Liverpool. Setelah lulus, dia bekerja untuk Komite Kesehatan Daerah ANC dan selanjutnya diberi amanat untuk menjadi direktur di Health and Refugee Trust, sebuah organisasi non-pemerintah di Inggris.

Selama masa negosiasi Konvensi untuk Demokrasi Afrika Selatan (CODESA) pada tahun 1992, Dlamini-Zuma menjadi anggota Komite Penasehat Gender. Setelah pemilu pertama Afrika Selatan tahun 1994, ia diangkat sebagai Menteri Kesehatan dalam kabinet Presiden Nelson Mandela.[2] Dlamini-Zuma juga pernah ditawari jabatan sebagai Wakil Presiden Afrika Selatan oleh Thabo Mbeki setelah dia bercerai dengan Jacob Zuma, tetapi ia menolak setelah berbicara dengan anak-anaknya. Posisi ini kemudian ditawarkan dan diterima oleh Phumzile Mlambo-Ngcuka, sementara dia diserahi jabatan sebagai Menteri Luar Negeri.[3] Selanjutnya, dalam kabinet Zuma pada tahun 2009, dia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Pada bulan januari 2012, Dlamini-Zuma dicalonkan menjadi ketua Komisi Uni Afrika, namun kalah dalam pemilihan oleh Jean Ping.[4] Kemudian, dalam pemilihan kedua pada tanggal 15 Juli 2012, Dlamini-Zuma berhasil mengungguli Ping dengan perolehan 37 suara, atau 60% dari total suara. Kemenangan ini sekaligus menjadikan Dlamini-Zuma sebagai wanita pertama yang pernah menjabat sebagai ketua Komisi Uni Afrika.[5]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dlamini-Zuma menikah dengan Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan periode 2009 - sekarang, dan dikaruniai empat orang anak: Msholozi (lahir 1982), Gugulethu (lahir 1985), Nokuthula Nomaqhawe (lahir 1987) dan Thuthukile (lahir 1988). Mereka bercerai pada bulan Juni 1998.[6]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Dlamini-Zuma dianugrahi gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang hukum oleh Universitas Natal dan Universitas Bristol pada tahun 1995 dan 1996.

Referensi[sunting | sunting sumber]