Nintendo R.O.B

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

R.O.B (Robotic Operating Buddy) adalah robot yang dapat menggantikan pemain kedua di dalam permainan Nintendo Entertaintment System yaitu Stack Up dan Gyromite. Aksesori yang tidak bertahan lama ini tidak pernah terbukti populer sehingga menyebabkan Nintendo tidak melanjutkannya. Pada beberapa tahun selanjutnya R.O.B. tetap hidup dan muncul di dalam permainan video Nintendo sebagai karakter yang bisa dimainkan di dalam Mario Kart DS dan Super Smash Bros. Brawl dan muncul di dalam judul seperti StarTropics, permainan WarioWare, Pikmin 2 dan yang lainnya.

R.O.B., atau di kenal di Jepang sebagai robot Famicom, dibuat secara khusus sebagai tanggapan terhadap turunnya minat permainan video pada tahun 1983. Nintendo berencana untuk meyakinkan penjual bahwa Nintendo Entertaintment System yang mereka inginkan untuk dipasarkan di Amerika, bukanlah sistem permainan video biasa, tetapi lebih merupakan sebuah mainan. Untuk melakukan ini, mereka memperkenalkan R.O.B, sebuah aksesoris untuk Nintendo Entertaintment System (NES) yang dapat berinteraksi dengan sistem dan dapat bermain bersama para pemain game Nintendo. Hal ini menghasilkan kesuksesan meski Nintendo menyatakan bahwa pemain kurang tertarik terhadap R.O.B, dan masih sangat kalah dibandingkan permainan NES popular lainnya seperti Super Mario Bross. Bahkan masih kalah popular dengan aksesori lain seperti NES Zapper.

Sebelum peluncuran sistem ini, Nintendo Amerika membuat sebuah kelompok fokus dimana mereka mengumpulkan anak-anak untuk melihat tanggapan mereka terhadap R.O.B. Tanggapan yang muncul tidak seperti yang diharapkan oleh Nintendo, dengan adanya satu anak yang berseru dengan keras bahwa perangkat R.O.B. ini adalah sampah. Eksekutif dari Nintendo yang keras kepala tidak menganggap hal ini serius karena mereka yakin ini akan menjadi titik utama dari sistem R.O.B ini. Ternyata mereka terbukti salah, dengan R.O.B. yang hanya didukung oleh dua permainan yaitu Stack-Up dan Gyromite.

Penampilan R.O.B. berbeda antara di Jepang dan di Amerika Utara. Untuk setiap wilayah, Nintendo merancang R.O.B. sesuai dengan warna NES atau warna Famicom yang ada di wilayah tersebut. Di Jepang, R.O.B. berwarna merah dan putih. Di Amerika Utara R.O.B. berwarna hitam dan abu-abu. Tidak ada kabel yang diperlukan dalam pengoperasian R.O.B, karena ia hanya membutuhkan empat baterai ukuran AA untuk beroperasi. Permainan yang kompatibel dengan R.O.B berkomunikasi dengan melalui kilatan cahaya yang muncul di layar yang dapat dilihat oleh R.O.B. Kilatan cahaya ini memberikan perintah kepada R.O.B, menyebabkannya melakukan beberapa aksi sederhana. Nintendo juga menggunakan cara yang sama dengan NES Zapper : ketika pemain menarik pelatuk, layar TV berubah menjadi hitam untuk beberapa saat dan menyimpan kotak putih yang menggantikan bebek di dalam Duck Hunt. Jika NES Zapper menemukan kotak putih, maka hasilnya adalah pemain akan menang.

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Gyromite[sunting | sunting sumber]

Gyromite adalah permainan pertama yang menggunakan R.O.B. Mereka dijual dalam satu paket sebagai upaya untuk membuat orang membeli permainan video setelah jatuhnya permainan video tahun 1983. Tujuan dalam permainan ini adalah untuk memandu Profesor Hector melalui laboratorium sehingga ia dapat mengambil semua dinamit sebelum mereka meledak. Ada juga kadal berbahaya yang disebut Smicks yang harus dihindari oleh professor. Namun, jalan lewat laboratorium ini terhalang oleh gerbang merah dan biru. R.O.B diperlukan untuk ini. Dengan menekan tombol start pada kontroler, pemain dapat memberikan perintah untuk R.O.B. untuk menggerakkan piringan Gyro dari titik awal ke alas yang berwarna sesuai dengan warna gerbang yang akan dibuka. Untuk membuat piringan Gyro berputar dan seimbang, maka piringan harus dipindahkan ke pemutar Gyro dan kemudian dapat dijatuhkan di alas yang berwarna.

Di dalam permainan B, Profesor Hector berjalan dalam tidur, dan pemain hanya mengendalikan R.O.B. Pada permainan ini, tujuannya adalah untuk memandu Hector menyeberangi ruangan dengan aman dengan membuka gerbang pada waktu yang tepat.

Stack-Up[sunting | sunting sumber]

Stack-Up adalah permainan kedua dan terakhir yang kompatibel dengan R.O.B. Di dalam permainan ini R.O.B dilengkapi dengan lima kotak dan tempat dimana kotak ditempatkan. Disini terdapat beberapa jenis permainan tetapi semua memiliki ide dasar permainan yang sama yaitu memindahkan kotak dari tempatnya menuju tempat akhirnya. Ini dilakukan dengan menggerakkan Profesor Hector di dalam kotak berukuran 3x3 dengan tombol instruksi yang memberikan instruksi yang berbeda kepada R.O.B.

Mario Kart DS[sunting | sunting sumber]

R.O.B adalah karakter yang bisa didapatkan di dalam permainan video di Nintendo DS yaitu Mario Kart DS (Didapatkan dengan menyelesaikan seluruh tahapan di dalam permainan). Di dalam permainan ini, R.O.B adalah satu-satunya karakter di luar seri Mario yang muncul. R.O.B. digolongkan sebagai pemain kelas ‘berat’ dan diletakkan di kategori yang sama seperti Bowser, Donkey Kong, dan Wario. Satu dari kendaraan R.O.B. adalah susunan peralatan yang terdapat dalam paket R.O.B untuk permainan Stack Up. Kendaraan R.O.B yang lain di permainan ini unik dan tidak dipengaruhi secara langsung oleh permainan-permainan R.O.B sebelumnya.

Super Smash Bros. Brawl[sunting | sunting sumber]

R.O.B menjadi karakter yang dapat dimainkan dalam permainan video Wii Super Smash Bros Brawl, di mana ia tetap mempertahankan warna asli dari Jepang. Sebagian besar gerakannya, tidak termasuk Gyro, adalah eksklusif untuk permainan ini dan tidak memiliki referensi yang sesungguhnya. Untuk mendapatakan R.O.B, pemain harus mengumpulkan setidaknya 250 piala, memainkan 160 pertarungan, atau mengajaknya bergabung ke dalam partai Anda di dalam mode Subspace Emissary. Senjata terakhir R.O.B disebut Diffusion Beam. Selain dua piala, terdapat tiga stiker yeng menampilkan R.O.B.

Di dalam mode Subspace Emissary, terungkap bahwa menteri Kuno sebenarnya dipaksa untuk membuat bom oleh Tabuu. Setelah Ganondorf mengambil kendali pasukan R.O.B Mereka membakar menteri kuno di dalam api, dengan demikian maka terungkaplah bahwa sebenarnya menteri kuno adalah sebuah R.O.B. Setelah itu, ia tidak lagi di bawah kendali Tabuu, dan dengan demikian bergabung dengan partai para pahlawan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang piala R.O.B

Karakter[sunting | sunting sumber]

R.O.B memiliki warna yang sama dengan warna Famicom. R.O.B memulai debut di Jepang sebagai robot pada tahun 1985 untuk peralatan tambahan untuk Famicom. R.O.B dapat dikombinasikan dengan Gyro Set dan yang lainnya untuk dua tipe permainan. Pemain mengendalikan Profesor Hector, TV mengeluarkan cahaya, dan R.O.B. menanggapi cahaya TV dengan bergerak. Terakhir, R.O.B. muncul di dalam Mario Kart DS.

Senjata terakhir (Diffusion Beam)[sunting | sunting sumber]

Senjata terakhir R.O.B adalah dengan mengeluarkan pancaran cahaya dari matanya yang menyebar di seluruh spectrum. Yang membedakan teknik ini adalah kemampuan R.O.B. untuk bergerak ketika menggunakannya. Hal ini memungkikan R.O.B untuk mengkombinasikan gerakan lainnya untuk meningkatkan efektifitas serangan terakhirnya.

Kemunculan lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Game Boy Camera: Gambar ke 26 dalam album B adalah R.O.B
  • Star Tropics: Komputer navigasi kapal selam Sub-C berdasarkan dari R.O.B
  • Star Fox 64: ROB 64 mengendalikan Great Fox ketika tim sedang terbang, dan mengirimkan persediaan dan bantuan.Bos sector X juga menyerupai R.O.B
  • Kirby's Dream Land 3: Di level 6 lembah pasir, anda harus menemukan semua bagian dari R.O.B dan menyatukannya kembali bersama professor.
  • WarioWare Inc.: Salah satu dari permainan mikro berdasarkan dari Gyromite dan terdapat R.O.B di dalamnya.
  • F-Zero GX: Di tahapan pertama Port Town, Anda dapat menemui R.O.B di dalam peti kemas berwarna putih dan merah. R.O.B Juga muncul di tahap Port Areo Drive di Super Smash Bros. Brawl.
  • Pikmin 2: 6 dari bagian yang harus ditemukan adalah bagian dari R.O.B, satu adalah kepalanya, dan sisanya adalah bagian dari Gyro.
  • WarioWare: Twisted!: R.O.B dapat dilihat di ruangan 9-Volt.
  • WarioWare: Touched!: R.O.B muncul di permainan mikro bos 9-Volt.
  • WarioWare: Smooth Moves: R.O.B adalah bos di level 9-Volt.

Informasi lain[sunting | sunting sumber]

Peringkat 25 teratas dari Gamespy menempatkan R.O.B pada urutan ke lima. Dalam Wired edisi Januari 2006, R.O.B menempati peringkat ke 45 robot terhebat sepanjang masa. Sekarang, R.O.B memiliki segmen khusus di dalam podcast IGN Gamescoop!, dimana orang-orang dapat memanggilnya dan menanyakan pertanyaan kepada R.O.B. Banyak yang percaya pengisi suara R.O.B adalah Hilary Goldstein dari tim IGN Xbox. Dalam Mario Kart DS versi Amerika dan Eropa, mereka dinamakan R.O.B sementara versi Korea dan Jepang adalah HVC-012 dan AAD-1815 yang merupakan versi asli robot Famicom.

Di halaman 70 dari Nintendo Power V232 dan majalah resmi Nintendo 34,yang menampilkan pratinjau dari Mushrom Wars, R.O.B dapat dilihat di latar belakang sebagai pelengkap oleh senimannya. Tidak diketahui apakah pengembang dari permainan telah mendapatkan izin dari Nintendo untuk menggunakan R.O.B.

Referensi[sunting | sunting sumber]