Nintama Rantarou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nintama Rantarō
Nintama Rantarou.jpg
Tampilan awal siaran
忍たま乱太郎
Genre Komedi, Action, Petualangan
Seri anime TV
Studio Ajia-do Animation Works
Jaringan NHK
TPI (Indonesia)
Trans TV (Indonesia)
Tayang perdana 10 April 1993 – sekarang
Episode 1,660 (per S20E87)[1]
Portal Anime dan Manga

Nintama Rantarou adalah serial anime yang diterbitkan oleh NHK untuk program pendidikan dan hiburan kanak-kanak di Jepang. Ceritanya didasarkan pada sebuah manga berjudul Rakudai Ninja Rantarou (Kegagalan Ninja Rantarou) oleh Amako Soubee. Serial anime Nintama Rantarou di Indonesia lebih dikenal dengan judul Ninja Boy, sedangkan manganya diterbitkan dengan judul Ninja Rantaro oleh Elex Media Komputindo.

Pada Juli 2011, film adaptasi live action yang disutradarai oleh Takashi Miike dirilis di Jepang.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Plot episode memamparkan sekitar kehidupan sekolah, dan lazimnya satu episode mempunyai berbagai cerita. Serial anime ini didasarkan pada zaman feodal Jepang, tetapi anakronisme berlaku, yaitu tak terlalu mengikuti perubahan waktu.

Logo Nintama Rantarou yang baru, seperti yang dilansir NHK

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Rantarou, seorang anak lelaki berkaca mata dan berambut merah, memasuki Ninjutsu Gakuen (Sekolah Ninja). Ia ingin menjadi seorang menjadi ninja yang elit, tidak seperti ayahnya yang hanya ninja biasa dan miskin (dan berakhir menjadi petani). Di sekolah, ia bertemu dengan Kirimaru, seseorang yang sangat pelit dan mata duitan, dan Shinbei, seorang bocah gemuk yang hingusnya sering meleleh dan rambutnya yang tajam, dan juga anak orang kaya.

Ketiganya adalah murid Ichinen-hagumi ('Kelas satu kelas Ha, yaitu kelas ketiga mengikuti susunan kata I-Ro-Ha, dalam kelas-kelas yang dinamakan Igumi, Rogumi dan Hagumi). Celakanya bagi para guru, Hagumi adalah kelas yang buruk. Di sekolah tersebut, murid dipanggil nintama, pecahan suku kata kanji ninjutsu dan tamago, artinya telur. Maka, nintama diterjemahkan sebagai ninja telur, atau ninja yang muda.

Dua karakter guru utama adalah Doi Hansuke dan Yamada Denzou. Yamada lebih kepada tenaga pengajar lapangan, sementara Doi adalah pengajar di dalam kelas.

Muris kelas Hagumi senang menghabiskan waktu dengan melawak dan membuat para guru hilang kesabaran, lalu membanting kapur. Cerita paling menarik adalah tentang permusuhan Sekolah Ninja dengan para ninja berpakaian serbamerah dari Kastil Dokutake, yang diketuai Hieta Happousai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "忍たま乱太郎 これまでのおはなし". NHK. Diakses 2008-11-14. There are 17 "series" which are part of the overall series. This page lists all the episode titles.
  2. ^ Elley, Derek (8 Agustus 2011). "Ninja Kids!!!". Film Business Asia. Diakses 8 April 2013.