Ninomiya Sontoku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Ninomiya Sontoku di Hotokuninomiya-jinja, tempat ia didewakan di Odawara, dekat Istana Odawara.

Ninomiya Sontoku (二宮 尊徳?, 4 September 178717 November 1856), terlahir dengan nama Ninomiya Kinjirō (二宮 金次郎?), adalah tokoh pertanian, filsuf, moralis, dan ahli ekonomi dari Odawara, Jepang. Patungnya terkenal di seluruh Jepang, terutama terdapat di sekolah dasar. Di Jepang, ia diteladani sebagai seseorang yang rajin belajar dan bekerja; bahkan belajar setiap ada kesempatan.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Ninomiya Sontoku lahir di keluarga petani miskin dengan nama Kinjiro di Kayama (栢山?) Ashigarakami-gun, provinsi Sagami. Ayahnya meninggal saat Ninomiya berusia 14 tahun dan ibunya meninggal dua tahun kemudian. Ia diasuh di rumah pamannya setelah kematian orangtuanya. Selama bekerja di tanah milik pamannya, Ninomiya belajar secara mandiri. Akhirnya ia mendapatkan tanah kosong dan mengelolanya menjadi lahan pertanian, sehingga mampu memperbaiki kehidupannya.

Saat berusia 20-an, ia memperoleh kekayaan selayaknya tuan tanah. Ia diberi kepercayaan untuk mengelola distrik kecil yang ditempatinya yang pada saat itu sedang menghadapi krisis keuangan. Ia membangkitkan perekonomian lokal, terutama melalui pengembangan pertanian. Setelah prestasinya didengar oleh Daimyo, Ninomiya direkrut untuk memimpin Wilayah Odawara, kemudian Provinsi Sagami. Saat masa kepemimpinannya, Odawara sedang dilanda bencana kelaparan dan Ninomiya menitahkan pembukaan lumbung umum untuk menyediakan pangan bagi penduduk yang kelaparan. Sikapnya ditentang oleh rekan birokrasinya, yang memperingatkan bahwa Shogunlah yang berhak memberikan izin terlebih dahulu bagi masyarakat jelata untuk mendapatkan akses persediaan pangan. Hal itu ditanggapi Ninomiya yang menyatakan bahwa tidak seorang pun, termasuk para rekannya, yang dapat menikmati beras umum sebelum mendapatkan izin Shogun. Para rekannya mengubah pikiran mereka dan memutuskan bahwa dalam situasi genting, penduduk harus segera diberi pangan.

Ia diberi kepercayaan dengan salah satu lahan milik Shogun, yang merupakan penghormatan besar bagi seseorang yang berasal dari kalangan rakyat jelata. Filsafat dan metodologinya menjadi format standar dalam manajemen ekonomi, perkembangan, dan tanah feodal. Nama "Sontoku" dianugerahkan kepadanya atas prestasinya. Setelah kematiannya, Kaisar Jepang menganugerahkan peringkat Jyu Yoni kepadanya, menurut sistem peringkat ritsuryō.

Filsafat[sunting | sunting sumber]

Meskipun tidak menulis buku filsafat, gagasan-gagasannya ditulis di kemudian hari oleh para muridnya, yaitu Tomita Takayoshi, Fukuzumi Masae dan Saitō Takayuki. Ninomiya mengkombinasikan tiga standar ajaran tradisional Buddha, Shinto dan Konghucu, lalu meramunya menjadi prinsip-prinsip etis praktis yang muncul dari pengalamannya sendiri. Ia memandang pertanian sebagai wujud kemanusiaan tertinggi karena itu merupakan pembudidayaan sumber daya yang dilimpahkan oleh para Kami.

Patung[sunting | sunting sumber]

Patung Ninomiya lazim ditemukan di sekolah-sekolah Jepang, terutama sekolah dasar. Biasanya patung tersebut berwujud anak lelaki yang sedang membaca buku sambil berjalan dan menggendong seikat kayu bakar. Patung tersebut mengilustrasikan kisah terkenal bahwa Ninomiya adalah anak yang suka belajar, bahkan ia membaca sambil bekerja dan melakukannya setiap ada kesempatan.

Ada catatan mengenainya dalam novel Obasan karya Joy Kogawa. Seorang ayah menceritakan kisah Ninomiya Sontoku kepada anak-anaknya. Ia menceritakan bagaimana Ninomiya "bangun pagi-pagi untuk pergi ke gunung sebelum ayam berbunyi 'kukuruyuk!' Ia belajar dan bekerja setiap hari demi mencari makan untuk ibunya dan adiknya yang masih bayi. Begitulah sehingga ia bisa menjadi seorang guru berjiwa besar, Ninomiya Sontaku dari Odawara, Jepang." (Kogawa 63)

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Ninomiya Sontoku Catatan mengenai riwayat Ninomiya yang ditulis oleh muridnya, Tomita beberapa tahun setelah kematian Ninomiya:

  • A peasant sage of Japan: the life and work of Sontoku Ninomiya (1912), diterjemahkan oleh Tadasu YOSHIMOTO (1878–1973) dari Hōtokuki oleh Kōkei TOMITA (1814–1890) (富田高慶『報徳記』宮内省 1883年).

Edisi daring dan cetak ulang tersedia, antara lain:

Referensi lainnya tersedia: