Nihon no Matsuri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nihon No Matsuri)
Nihon No Matsuri
Nihon no Matsuri 14
Fukkatsu no Saikai
(The Revival Reunion)
StatusActive
TempatTelkom University
LokasiBandung, Jawa Barat
NegaraIndonesia
Pertama diselenggarakan2007
PengorganisirNihon no Matsuri Event Organizer
Situs resmihttp://www.nihonnomatsuri.org/

Nihon no Matsuri (日本の祭り, Nihon no Matsuri, Festival Jepang) adalah sebuah rangkaian acara festival kebudayaan Jepang yang diselenggarakan di Kota Bandung Jawa Barat. Festival ini merupakan salah satu event besar dari Telkom University dan Unit Kegiatan Mahasiswa bidang Budaya Jepang, Nippon Bunka-Bu.[1] Nihon no Matsuri diadakan setiap tahun sejak tahun 2007, dengan mengambil konsep festival Jepang.[2] Rangkaian kegiatan Nihon no Matsuri sendiri tiap tahunnya berbeda-beda, namun beberapa acara khasnya adalah Band Blast Kyosho, Cosplay Contest, Pertunjukkan Budaya dan Bela Diri, Charity dan kunjungan ke sekolah-sekolah sebagai bentuk mengenalkan Bahasa Jepang kepada lingkungan sekolah.

Sudah 9 Tahun perjalanan Nihon No Matsuri menjadi event yang sering ditunggu oleh masyarakat pencinta kebudayaan Jepang.[3] Nihon no Matsuri 2 sebagai salah satu dari 5 besar event yang dihadiri pengunjung terbanyak oleh Cihampelas Walk Bandung. Event ini banyak di datangi secara umum baik domestik maupun internasional.

Event yang telah Berlangsung[sunting | sunting sumber]

Acara Tahun Tema Tempat CEO Pelaksanaan
Nihon no Matsuri I 2007 Festival Pop-Culture Cihampelas Walk Bandung,West Java M. Amrul Ummami Closing 2 Desember 2007
Nihon no Matsuri II 2008 Let's Feel the Greatest Japanese Event Cihampelas Walk Bandung,West Java Septian Dwijayanto -
Nihon no Matsuri III 2009 Let Evolution Begin with Culture and Technology Cihampelas Walk Bandung,West Java Agung Dermawan -
Nihon no Matsuri IV 2010 Minna no Densetsu (みんな の 伝説, Minna no Densetsu)
Legend of Everyone
Cihampelas Walk Bandung,West Java Agung Radistya Putra -
Nihon no Matsuri V 2011 Fuyu no Nioi (冬 の 匂い, Fuyu no Nioi)
Scent of Winter
IT Telkom Bandung Raden Ismoyojati
Nihon no Matsuri VI 2013 Yume No Kuni (夢の国, Yume no Kuni)
The Land of Dreams
Telkom University Convention Hall Dimas Satrio Hutomo Opening 11 Maret 2013, Closing 4&5 Mei 2013
Nihon no Matsuri VII 2014 Atarashii Monogatari (新しい 物語, Atarashii Monogatari)
The New Story
Telkom University Convention Hall Abrori NoorEsa Opening 21 Maret 2014

Closing 9 & 11 Mei 2014

Nihon no Matsuri VIII 2015 Eien no Tabi (新しい 物語, Eien no Tabi)
Infinity Journey
Telkom University Convention Hall Rijal Permana Opening "Creativenture" 6 Maret 2015

Closing 2 & 3 Mei 2015

Nihon no Matsuri IX 2016 Shiawase no Iro (幸せの色, Shiawase no Iro)
Colour of Happiness
Telkom Convention Center Rizky Anandra Opening "DigiBoard", 11 Maret 2016

Closing "Festival" 29-30 April 2016

Nihon no Matsuri X 2017 Amahagane no Senki (あまはがねの戦記, Amahagane no Senki)The Heroic Tales of Amahagane Telkom University Convention Hall Bram Manuel Banuarta Sianturi 29 & 30 April 2017
Nihon no Matsuri XI 2018 Ai to Kibou no Gekijou (愛と希望の劇場, Ai to Kibou no Gekijou) Theater of Love and Hope Telkom University Convention Hall Mokhamad Ilham Fadhillah 21 & 22 April 2018
Nihon no Matsuri XII 2019 Jinrui no kao (人類の顔, Jinrui no kao) The Face of Mankind Telkom University Convention Hall Sandy Fahmi Hermawan 28 April 2019
Nihon no Matsuri XIII 2020 Jikū no hōrō-sha (時空の放浪者, Jikū no hōrō-sha) The Time Space Wanderer Landmark Convention Hall Braga Daffa Ahmad Syahada 4 & 5 April 2020
Nihon no Matsuri XIV 2023 Fukkatsu no Saikai (復活の再会, Fukkatsu no Saikai) The Revival Reunion Telkom University Convention Hall Medillah Lita Saputri 9 Juli 2023

Konten Acara Event[sunting | sunting sumber]

Education, Competition and Society Dedication[sunting | sunting sumber]

Opening Seminar[sunting | sunting sumber]

Yakni merupakan salah satu serangkaian acara dari Nihon No Matsuri, dilakukan untuk pembukaan NNM itu sendiri. Merupakan acara pertama dalam serangkaian acara Nihon no Matsuri. Dengan mendatangkan narasumber yang berpengalaman membuat semakin meriahnya acara opening dari Nihon No Matsuri sebagai ajang awal rangkaian acara berikutnya.

Pada Opening Nihon no Matsuri 6, pihak panitia mendatangkan Panji Prakoso Sunariman (CEO Thinker Mobile Games Development studio Bandung) dan Denis Adhiswara (Model video klip, aktor dan sutradara Indonesia) sebagai narasumber, serta M.Amrul Ummami (Ketua NNM 1, CEO & Founder Wank Production Creative Agency) sebagai moderator. Acara opening NNM 6 ini diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) IT Telkom pada tanggal 11 Maret 2013 bertemakan "Creative Industries Day". Tercatat bahwa sekitar 700 orang telah menghadiri acara opening seminar NNM 6.

Nihon no Matsuri Goes to School[sunting | sunting sumber]

Nihon no Matsuri Goes to School adalah serangkaian acara pendidikan untuk mengenalkan budaya Jepang ke sekolah - sekolah. Pada acara Nihon no Matsuri Goes to School segenap penyelenggara mengunjungi sebagian sekolah-sekolah yang berada di kawasan Bandung. Sasaran dari Nihon no Matsuri Goes to School adalah untuk sekolah tingkat menengah atas (SMA). Nihon no Matsuri Goes To school mengadakan acara yang dinamakan "3 Jam Jago Jepang (3J)" pada tiap Sekolah Menengah Atas yang dikunjungi. Acara 3J tersendiri memberikan tutorial kepada siswa-siswa SMA tentang belajar bahasa jepang, menggambar manga, membuat origami, dan membuat sushi. Pada Nihon no Matsuri 6 acara "3 Jam Jago Jepang" diadakan pada tanggal 2 April 2013 di SMA 1 Bandung,4 April 2013 di SMA 20 Bandung dan 5 April 2013 di SMA 14 Bandung. hingga Nihon no Matsuri yang ke 13, kami masih terus melaksanakan rangakain acara GTS sebagai ajang memperkenalkan NNM ke ranah pendidikan.

Nihon no Matsuri Charity[sunting | sunting sumber]

Nihon no Matsuri Charity adalah serangkaian kegiatan dari Nihon no Matsuri sebagai pengabdian masyarakat terhadap warga bandung dan sekitarnya. Acara Nihon no Matsuri charity adalah acara amal yang diadakan di daerah kawasan pendidikan telkom. Di Nihon no Matsuri 13 Nihon no Matsuri Charity mengadakan acara donor darah di kampus Telkom Univ. pada tahun ini.

Nihon no Matsuri Competition[sunting | sunting sumber]

Adalah serangkaian acara perlombaan yang digelar oleh nihon no matsuri untuk lebih memeriahkan rangkaia acara. Nihon no Matsuri Competition tersendiri menyediakan berbagai macam pilihan lomba yang dapat diikuti oleh banyak kalangan. Pada tahun yang ke enam, Nihon no Matsuri 6 kini memfokuskan diri untuk lebih membuka wawasan teman-teman komunitas serta masyarakat kota Bandung mengenai nilai maupun harga dari suatu hobi dan kreativitas unik yang didorong oleh semangat juang dan ketekunan yang tinggi. adapun serangkain perlombaan yang diadakan di acara Nihon no Matsuri 6 adalah sebagai berikut:

Band Blast Kyosho (Lomba grup band J-song)
Kompetisi band Jepang, diperuntukkan untuk para pemain band di kawasan bandung dan sekitarnya untuk menampilkan performa mereka dalam membawakan lagu-lagu band khas jepang. Di Nihon no Matsuri 6 pelaksanaan audisi dilaksanakan pada tanggal 13 - 14 april 2013.
Cosplay Contest
Cosplay Competition, dipruntukkan bagi para cosplayer untuk daerah kawasan Bandung dan sekitarnya untuk bercosplay sesuai kreativitas mereka. Untuk Nihon no Matsuri 6 pelaksanaan cosplay contes dilaksanakan pada 5 Mei 2013.
Manga and Artwork
Kompetisi arwork dan manga ini merupakan perlombaan melukis, menggambar manga ataupun artwork. Ditujukan agar para partisipan dapat lebih mengekspresikan diri mereka dalam menggambar manga ataupun artwork. Pelaksaannya tersendiri untuk NNM 6 dilaksanakan pada 4 Mei 2013.
Origami, Shuji, and Fanfiction
Perlombaan tentang seni melipat kertas yang berasal dari jepang origami, shuji atau kaligrafi jepang, dan fanfiction. Pelaksanaannya tersendiri untuk Nihon no matsuri 6 dilaksanakan pada 4 Mei 2013.
NNM Got Talent
Kontes pencarian bakat yang diadakan oleh NNM, salah satu rangkaian perlombaan pada acara Nihon no Matsuri. Pada Nihon no Matsuri 6 NNM got talent diselenggrakan pada 4 Mei 2013.
Photograph Contest
Kontes fotografi yang diadakan oleh Nihon no Matsuri sebagai kesempatan bagi para fotografer untuk lebih mengekspose kemampuan mereka akan bidang fotografi. Diadakan pada 5 Mei 2013 untuk rangkaian acara Nihon no matsuri 6.

Cultural[sunting | sunting sumber]

Tarian Bon Odori yang menutup rangkaian acara Nihon no Matsuri III

Berbagai macam konten budaya mulai dari budaya tradisional maupun budaya pop khas Jepang menjadi acara utama yang ditampilkan di festival ini. Tarian dan musik-musik khas Jepang menghibur pengunjung dari acara mulai sampai berakhir. Beberapa tarian khas Jepang misalkan Bon Odori menjadi sebuah daya tarik besar bagi pengunjung. Lalu pertunjukkan musik dengan alat musik tradisional Jepang Shamisen juga sempat menjadi salah satu konten di acara Nihon no Matsuri ini. Selain itu beberapa demonstrasi atau pertunjukkan dari bela diri khas Jepang Aikido sempat ditampilkan kepada pengunjung di awal acara.

Mulai dari volume 5 Nihon no Matsuri merencanakan akan menghadirkan lomba-lomba yang bertemakan budaya Jepang seperti Lomba Speech dengan bahasa Jepang dan juga Lomba atau kaligrafi Jepang. Selain itu para penggiat Manga atau kartun khas Jepang akan dapat mengikuti Manga Contest di acara yang ke lima.


Bon Odori[sunting | sunting sumber]

Merupakan suatu tarian tradisi turun-temurun masyarakat Jepang. Bentuknya sendiri bermacam-macam tergantung dari daerah asalnya di Jepang. Suatu tarian yang umum yang dihadirkan di festival-festival.

Awa Odori[sunting | sunting sumber]

Merupakan salah satu bentuk festival tarian terbesar di Jepang, Awa Odori merupakan sebuah tarian yang didampingi oleh berbagai macam alat musik. Penampil akan mengenakan kostum tradisional Jepang dan bernyanyi di jalan-jalan.

Souran Boshi[sunting | sunting sumber]

Sebuah tarian yang menggambarkan nelayan ketika menangkap ikan. Tarian ini terdiri dari beberapa penari yang bergerak seirama sesuai dengan lagu tradisional Jepang Souran Bushi.

Shamisen & Shansin performance[sunting | sunting sumber]

Merupakan bentuk alat musik petik seperti gitar, sedangkan shansin sepeti banjo .

Taiko performance[sunting | sunting sumber]

Alat musik tabuh atau drum khas Jepang, dimainkan oleh banyak orang.

Kabuki[sunting | sunting sumber]

Salah satu drama yang terkenal di Jepang. Penari akan mengenakan topeng putih dan pakaian tradisional khas Jepang. Kabuki yang penyelenggara tampilkan adalah bentuk adaptasi dari bentuk aslinya.

Kendo[sunting | sunting sumber]

Merupakan bentuk bela diri senjata dengan menggunakan pedang kayu atau shinai. berdasarkan pada kemampuan berpedang samurai tradisional. Kendo lebih merupakan olahraga daripada sekadar bela-diri.

Karate live action[sunting | sunting sumber]

Bentuk seni bela diri tradisional Jepang yang sangat tradisional. Menggunakan tangan kosong sebagai senjata dalam membela diri.

Pop Culture[sunting | sunting sumber]

Band Performance[sunting | sunting sumber]

Salah satu band membawakan lagu-lagu Jepang dengan menggunakan pakaian tradisional Jepang Kimono

Salah satu konten andalan yang ditampilkan di Nihon no Matsuri adalah Band performance dari berbagai band kota Bandung. Pada prinsipnya band-band yang tampil di acara Nihon no Matsuri berasal dari tiga kategori.

  1. Band yang lolos seleksi Band Competition, Band Blast Kyosho (Jumlah: tiga sampai lima band).
  2. Band yang mengajukan diri sebagai Talent untuk acara Nihon no Matsuri
  3. Band bintang tamu yang sengaja EO undang untuk meramaikan acara Nihon no Matsuri.


Band Blast Kyosho sendiri merupakan sebuah kompetisi band yang membawakan lagu-lagu berbahasa Jepang. Adapun seleksinya menggunakan sistem Audisi yang dinilai oleh juri-juri yang memiliki kapabilitas di bidangnya. Bidang yang terlibat antara lain talent, musik dan entertainment. Setelah audisi nanti 3 atau 5 besar band akan tampil di acara puncak Nihon no Matsuri dihadapan pengunjung yang lain. Ada berbagai sisi yang dinilai misal saja olah suara, kemampuan interaksi, persiapan, properti, kostum dan sebagainya. Adapun band yang menang akan mendapatkan trophy beserta hadiah uang tunai yang besarnya tidak sama di tiap acara.

Sementara itu proses seleksi untuk talent yang mengajukan diripun tidak kalah sulitnya. Hal ini dilakukan sehingga talent yang tampil di Nihon no Matsuri memang layak dan berkualitas. Proses pengajuannya sendiri tidak rumit, band yang mengajukan diri cukup mengirimkan profil band beserta lagu dan video penampilan band tersebut kepada panitia.

Band bintang tamu biasanya merupakan band yang memang cukup terkenal di kalangan masyarakat pencinta budaya Jepang. Sebelum acara dimulai biasanya Event Organizer akan meminta pendapat dan saran dari masyarakat mengenai siapakah band yang layak menjadi bintang tamu. Setelah proses pencarian data dan memutuskan maka band tersebut akan secara langsung diundang oleh Event Organizer.

Cosplay Contest[sunting | sunting sumber]

Salah satu peserta Cosplay Kabaret menampilkan tokoh dari Video Game Valkyria Chronicles
Peserta Cosplay yang turut bersenang-senang di penghujung acara

Salah satu konten yang juga merupakan daya tarik dari Nihon No matsuri adalah Cosplay (Costume Play) yang merupakan bentuk budaya pop-culture khas Jepang. Biasanya peserta akan menggunakan kostum-kostum khas kartun/animasi dari Jepang. Dan menghibur pengunjung di atas panggung. Cosplay sendiri merupakan lomba yang sangat kompleks di mana seluruh kelengkapan peserta dimulai. Mulai dari baju, kemampuan meniru tokoh animasi, dan sebagainya.

Ketegori Cosplay di Nihon No Matsuri Meliputi

  1. Individual Cosplay
  2. Cabaret Cosplay
  3. Team Cosplay


Convention[sunting | sunting sumber]

Berkembang semenjak Nihon no Matsuri ke enam, penyajian stand festival yang awalnya tradisional kini dikemas dengan kesan modern. Dengan mengambil tema convention pengunjung kini dipermudah untuk dapat menikmati stand-stand yang hadir pada festival ini.

Stand Permainan[sunting | sunting sumber]

Dalam stand permainan ini banyak permainan yang berasal dari jepang seperti permainan tangkap ikan. Akan tetapi alat tangkapnya menggunakan seperti ciduk yang berbentuk lingkaran dengan permukaan tengahnya terbuat dari bahan sejenis kertas.

Stand Makanan dan Minuman[sunting | sunting sumber]

Dalam stand ini seperti makanan khas jepang yang dibuat sedikit berbeda dengan variasi penyajiannya yang unik.

Stand Aksesoris[sunting | sunting sumber]

Dalam stand aksesoris ini kami menyediakan berbagai macam pernak pernik jepang, seperti gantungan kunci, hiasan dinding, dan topeng setan yang terkenal di jepang.

Stand Kecantikan[sunting | sunting sumber]

Dalam stand kecantikan ini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam hal seperti potong rambut, make up rias, manicure pedicure, dll.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Liputan Acara[sunting | sunting sumber]

  • [NET. TV] Komunitas animasi dan kebudayaan Jepang gelar festival budaya Jepang di Bandung[4]
  • [Telkom University] Nihon no Matsuri VI, The Land Of Dream,[5] Nihon No Matsuri, Lebih Dekat dengan Budaya Jepang[6]
  • [Jurnal Otaku] Nihon no Matsuri 7 Di Bandung Sukses Menjaring Banyak Pengunjung[7]
  • [Kaori Nusantara] Kabar Foto: Nihon no Matsuri 7[8]
  • [Japanese Station] Inilah kemeriahan acara Nihon no Matsuri 7! [9]
  • [Japanese Music ID] Satu Kata untuk Nihon No Matsuri ke-8 “Meriah!!!”[10]
  • [Ke Jepang Yuk] Serunya Acara Nihon no Matsuri 7 di Telkom University, Bandung[11]
  • [Akiba Nation] Ini Dia! Serunya Nihon no Matsuri 7! [12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Minna No Densetsu, Ketika Jepang 'Pindah' ke Ciwalk". detikBandung
  2. ^ "ITT Gelar Festival Jepang Akbar di Ciwalk". detikBandung
  3. ^ "Ratusan Pengunjung Dihibur Atraksi Budaya Jepang" Diarsipkan 2011-08-18 di Wayback Machine.. Tribun Jabar
  4. ^ "Komunitas animasi dan kebudayaan Jepang gelar festival budaya Jepang di Bandung". NET. TV. 12 May 2014
  5. ^ "Nihon no Matsuri VI, The Land Of Dream" Diarsipkan 2015-09-19 di Wayback Machine.. Telkom University
  6. ^ "Nihon No Matsuri, Lebih Dekat dengan Budaya Jepang". Telkom University
  7. ^ "Nihon no Matsuri 7 Di Bandung Sukses Menjaring Banyak Pengunjung". Jurnal Otaku
  8. ^ "Kabar Foto : Nihon no Matsuri 7". Kaori Nusantara
  9. ^ "Inilah kemeriahan acara Nihon no Matsuri 7!". Japanese Station
  10. ^ "Satu Kata untuk Nihon No Matsuri ke-8 “Meriah!!!”". Japanese Music Indonesia
  11. ^ "Liputan Serunya Acara Nihon no Matsuri 7 di Telkom University, Bandung" Diarsipkan 2015-09-30 di Wayback Machine.. Ke Jepang Yuk
  12. ^ "Ini Dia! Serunya Nihon no Matsuri 7!" Diarsipkan 2014-09-03 di Wayback Machine. . Akiba Nation