Night of the Living Dummy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Night of the Living Dummy
PengarangR. L. Stine
Perancang sampulTim Jacobus
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
SeriGoosebumps
GenreHorror fiction/ Children's literature
PenerbitScholastic
Tanggal terbit
May 1993
Jenis mediaPrint (Paperback)
Halaman134
ISBNISBN 0-590-46617-8
OCLC27989871
LCCCPB Box no. 2023 vol. 6
Didahului olehLet's Get Invisible! 
Diikuti olehThe Girl Who Cried Monster 

Night of the Living Dummy atau dalam terjemahan Indonesianya Boneka Hidup Beraksi adalah buku ketujuh dari seri Goosebumps karya R.L. Stine.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kris dan Lindy Powell adalah dua anak kembar yang selalu ingin bersaing dalam segala hal. Suatu ketika, Lindy menemukan sebuah boneka ventriloquist disebuah tong sampah. Ia menamakannya Slappy dan Lindy menjadi pemain ventriloquist yang handal. Lindy bahkan ditawari 20 Dollar untuk pertunjukan boneka bersama Slappy disebuah pesta ulang tahun. Kris pun iri dan merengek dibelikan juga boneka ventriloquist, dan Mr. Powell membelikan Kris boneka lain, yang dinamakannya Mr. Wood. Setiap hari, dua kembar itu selalu berlatih dan bercerita-cerita baru dengan boneka mereka. Beberapa hari kemudian, saat sedang berkumpul, Mr. Wood yang dipegang Lindy mengucapkan kata-kata kasar dan menampar Kris, tetapi Lindy berdalih bahwa ia tidak melakukan apa-apa. Lalu ia berasumsi bahwa boneka itu hidup.

Lalu, saat Kris dan Lindy kembali kekamar mereka, mereka melihat Mr. Wood seperti sedang mencekik Slappy, jadi mereka menceritakan pada Mrs. Powell. Mrs. Powell yang sedang membaca sebuah novel dari Stephen King menyuruh mereka untuk diam saja dan jangan mengada-ada. Malamnya, Kris menemukan didapur, Mr. Wood sedang duduk digenangan susu dan makanan-makanan lainnya yang dijatuhkan dari kulkas, serta perhiasan-perhiasan kesayangannya berserakan disekitarnya. Mrs. Powell lalu masuk dan marah kepada mereka, dan menyuruh mereka membersihkannya. Diatas, Lindy mengaku bahwa ialah yang menyebabkan semuanya itu.

Kris menemukan kertas aneh disaku Mr. Wood, dan ia pun membacanya. Lalu, Mr. Miller dan Mrs. Miller datang berkunjung, dan Kris berkesempatan menunjukkan kebolehannya bermain boneka ventriloquist. Sebelum Kris dapat memberikan lelucon, Mr. Wood berkata kasar dan menendang-nendang dengan sendirinya. Mr. Powell sudah menyuruhnya berhenti, tetapi Kris tidak bisa, karena bukan dia yang melakukannya. Ia lalu pergi dari tempat itu dan menangis dikamarnya. Setelah kejadian memalukan disekolahnya, Kris menaruh Mr. Wood dikloset, dan tidak akan menggunakannya. Lalu Mr. Wood benar-benar hidup, dan ia ingin Kris dan Lindy menjadi budaknya selama-lamanya. Pada awalnya, Kris dan Lindy menjebak Mr. Wood dalam sebuah koper dan menguburnya. Namun, keesokan paginya, mereka kembali menemukan Mr. Wood dimeja makan.

Kris dan Lindy kembali berusaha untuk menghancurkan Mr. Wood, tetapi ia lumayan kuat. Mereka lalu menggotongnya keluar rumah dan berniat untuk melindaskan Mr. Wood kesebuah traktor yang berjalan. Saat akan melakukannya, anjing mereka Barky datang dan berlari menuju traktor tersebut. Kedua anak kembar tersebut akhirnya melepaskan Mr. Wood dan menyelamatkan Barky. Mr. Wood berusaha kabur, tetapi ia lupa akan traktor yang satu lagi. Ia masuk dengan mudah kedalam traktor tersebut dan tergilas sampai habis. Kris dan Lindy bahagia dapat mengalahkan Mr. Wood. Saat mereka kembali kekamar, jendelanya terbuka dan hujan. Kris segera menutup jendelanya sebelum sebuah tangan plastik menyentuh tangannya. Itu Slappy, dan ia juga hidup. Slappy berkata, "Hei, dimana orang yang satu lagi, budak? Kukira dia tidak akan pernah pergi!"

Tagline[sunting | sunting sumber]

  • Versi asli = "He walks... He stalks..."
  • Versi Indonesia = "Dia berjalan... Dia mengejar..."

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Slappy adalah salah satu musuh paling populer di Goosebumps, bersama Darah Monster dalam Monster Blood
  • Slappy sebenarnya adalah musuh utama dalam setiap edisi Night of the Living Dummy, tetapi diedisi kali ini, ia bukan musuh utamanya, melainkan Mr. Wood.
  • Seperti Monster's Blood, edisi ini tidak dijadikan serial TV, tetapi sekuelnya dijadikan serial TV.
  • Meskipun endingnya menggantung, Lindy dan Kris tidak muncul lagi dalam Night of the Living Dummy II.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]