Nicolas Malebranche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nicolas Malebranche

Nicolas Malebranche adalah seorang filsuf dari Mazhab Rasionalisme.[1] Ia lahir pada tahun 1638 dan meninggal pada tahun 1715.[2] Ia terkenal sebagai seorang filsuf dan teolog Kristen dari Perancis.[2] Ia berupaya menggabungkan pemikiran rasionalis Descartes dengan tradisi pemikiran Kristen, khususnya Augustinus.[1]

Buku Malebranche yang paling penting adalah "Pencarian Kebenaran" (The Search After Truth).[2] Di dalam buku tersebut Malebranche memberikan dua pemikirannya yang terkenal mengenai pandangan tentang Allah dan tentang "kesempatan" (occasionalism).[2] Inti pemikiran Malebranche tersebut adalah bahwa ciptaan-ciptaan yang terbatas tidak dapat menjadi penyebab dan hanya Allah saja yang merupakan penyebab yang sebenarnya.[2] Di sini, Malebranche mengembangkan konsep Allah dalam pemikiran Descartes.[2] Ia juga dikategorikan sebagai penganut paham okasionalisme.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Juhaya S. Praja. 2005. Aliran-Aliran Filsafat dan Etika. Jakarta: Kencana. Hal. 102.
  2. ^ a b c d e f (Inggris) Steven Nadler. 1999. "Malebranche, Nicolas". In The Cambridge Dictionary of Philosophy. Robert Audi, ed. 459-460. London: Cambridge University Press.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]