Nickelodeon Games and Sports for Kids

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nickelodeon Games and Sports for Kids
Diluncurkan 1 Maret 1999 (1999-3-1)
Ditutup 31 Desember 2007 (2007-12-31)
Jaringan MTV Networks
Pemilik Viacom
Format gambar 480i (SDTV)
Slogan Your Games, Your Sports
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Wilayah siaran Nasional
Kantor pusat Burbank, California, Amerika Serikat
Digantikan oleh The N (kini TeenNick)
Saluran saudara Nickelodeon, Nicktoons Network, Noggin/The N pisah servis

Nickelodeon Games and Sports for Kids atau lebih dikenal dengan sebutan Nick GAS/GAS dan Nickelodeon GAS adalah stasiun televisi game show Amerika yang merupakan bagian dari jaringan MTV Networks. Direktur umum stasiun ini adalah ketua Nickelodeon, Mark Offitze.

Komisiaris penyiaran ini ialah Summer Sanders dan pembawa acaranya ialah Dave Aizer dan Vivianne Collins. Mati Moralejo bergabung kemudian.

Dengan memfokuskan pada acara permainan klasik Nickelodeon (semua yang telah diberhentikan siarannya dari jaringan pada tahun 2000), Nick GAS pada dasarnya merupakan versi anak-anak (dan jawaban milik Viacom) dari stasiun TV Game Show Network yang diluncurkan pada tahun 1994.


Sejarah dan pemrograman[sunting | sunting sumber]

Nick GAS diluncurkan pada tanggal 1 Maret 1999 dan dengan pilikan terutama terdiri dari game show anak-anak dan acara yang berhubungan dengan olahraga dari Nickelodeon, jaringan induknya. Ini termasuk acara seperti GUTS, semua versi Double Dare, dan Figure It Out (yang mengakhiri siarannya pada jaringan induk sembilan bulan setelah peluncuran stasiun televisi ini).

Nick GAS juga menghasilkan acara aslinya sendiri, seperti Gamefarm dan Splash TV. Banyak acara dikelompokkan dalam suatu blok acara seperti Heads Up!, Wild Card, Family Fuel, Extreme GAS (semuanya ditutp pada tahun 2002), Camp GAS, Double Dare Double Play (keduanya berakhir tahun 2004), dan Pumping GAS (berakhir tahun 2005).

Sebagai pengganti iklan, stasiun TV ini menyiarkan segmen interstisial, beberapa di antaranya diproduksi di bekas studio dari Nickelodeon di Universal Studios Florida. Namun, dalam iklan acara (seperti penghiburan dan besar hadiah dari acara di stasiun ini) itu dibiarkan utuh, karena itu adalah bagian dari acara itu sendiri. Segmen studio sering disertakan kompetisi antara keluarga, atau wawancara dengan atlet dan selebriti lainnya. Interstisi lain termasuk "Heroes of the Game", "GAS Grill", "Trade Tricks", "Time Out", "Skill Drill", "MLS Play of the Week" dan pada tahun-tahun awal, yakni "This Day in History".

Tepat tahun 2005, acara Nick GAS secara sepenuhnya otomatis, sambil memasang acara pada slot waktu yang tetap dan segmen teratur.

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Nick GAS menyiarkan setiap acara pertandingan yang disiarkan di Nick dari jaringan induk awal dan seterusnya, seperti juga acara non-permainan seperti Salute Your Shorts, Speed Racer X, Scaredy Camp, Laff-A-Lympics, Wacky Races, Yogi's Space Race dan Rocket Power (semua yang terlibat terutama olahraga ekstrem dan pertandingan).


Stasiun ini juga menayangkan blok acara permainan video setiap Sabtu malam selama 1 jam antara tahun 2003-2004, yakni Play to Z dan Nickelodeon Game Farm (kedua dihentikan karena rating yang rendah).

Penghentian siaran[sunting | sunting sumber]

Penggantian oleh The N[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 31 Desember 2007 pukul 06:00 Waktu Timur (atau tanggal 30 Desember 2007 pukul 20:00 WIB), stasiun TV ini berhenti siaran lewat kabel digital dan satelit setelah episode Figure It Out dan digantikan oleh The N yang menjadi saluran 24 jam setelah pemisahan dari stasiun TV Noggin (sekarang Nick Jr.). The N pada akhirnya akan lebih lanjut di-relaunch sebagai TeenNick pada tanggal 28 September 2009.

Dish Network[sunting | sunting sumber]

Namun, Dish Network terus menyiarkan stasiun ini secara otomatis loop selama lima belas bulan, karena tidak diketahui baik keprihatinan atau masalah bandwidth satelit.

Pada tanggal 23 April 2009, Dish mengumumkan bahwa Dish akan memindahkan channel Cartoon Network khusus Waktu Standar Pasifik ke Channel 177 dan menghentikan stasiun Nick GAS sesudah acara Legends of the Hidden Temple.

Pada tanggal 6 Mei 2009, The N ditempatkan di channel 181, sementara Noggin disiarkan 24 jam setiap harinya di channel 169.

Pilihan terbatas pada acara stasiun tetap di jaringan TV online TurboNick dari Januari 2008 sampai layanan ini dihentikan pada musim panas 2009; kini fitur portal video Nick difokus pada acara saat ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]