Nick Bottom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan Die Elfenkönigin Titania streichelt den eselsköpfigen Zettel oleh Henry Fuseli, c. 1790, menggambarkan Titania dan Nick Bottom
Aktor Hans Wassmann sebagai Nick Bottom oleh Emil Orlik, 1909

Nick Bottom adalah tokoh fiksi dalam A Midsummer Night's Dream karya William Shakespeare yang kepalanya diubah menjadi kepala keledai oleh Puck.

Nick Bottom adalah anggota kelompok pekerja yang dipimpin oleh Peter Quince. Mereka sedang berlatih untuk mementaskan Pyramus and Thisbe untuk pesta pernikahan Theseus dengan harapan diberi imbalan "sixpence a day" sepanjang hidup mereka. Bottom diberi peran utama Pyramus. Ketika sedang berlatih di hutan, peri Puck melihat mereka. Ia ingin mempermainkan mereka, dan ketika Bottom keluar panggung, ia mengubah kepalanya menjadi kepala keledai. Ketika Bottom kembali, teman-temannya takut dan melarikan diri. Bottom ditinggal sendiri di hutan. Untuk menunjukkan pada teman-temannya bahwa ia tidak takut, ia menyanyi dengan keras.

Hal ini membangunkan ratu peri Titania. Ia telah diberi ramuan ajaib agar jatuh cinta dengan makhluk pertama yang dilihatnya. Ketika melihat Bottom, ia jatuh cinta. Ia memerintahkan peri-perinya melayani Bottom. Kemudian raja peri Oberon membebaskan Titania dari sihirnya, dan Titania merasa muak melihat wajah keledai Bottom.

Bottom bangun dari tidurnya di hutan dan mengira bahwa ia telah tertidur di hutan dan bermimpi aneh. Ia kemudian kembali ke kota dan bersama teman-temannya mementaskan Pyramus and Thisbe.