Ngaruawahia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sungai Waikato, mengalir melalui Ngaruawahia

Ngāruawāhia (diucapkan: naroo-awof-ia) (pen. 4000) ialah kota di kawasan Waikato, Pulau Utara, Selandia Baru. Terletak 20 km barat laut Hamilton pada pertemuan Sungai Waikato dan Waipa.

Ngaruawahia ialah tempat asal Māori Kingitanga atau Gerakan Raja. Inilah kediaman resmi ratu terakhir Maori, Te Arikinui Dame Te Atairangikaahu. Ngaruawahia berada di bantaran timur Turangawaewae Marae Sungai Waikato di kota ini.

Meski mengulang pernyataan bahwa namanya berarti kedua sungai, Ngaruawahia (Wāhia-Ngā-Rua) berarti membuka biji makanan dalam bahasa Māori, merujuk pada pembukaan biji makanan yang ditutupi selama kunjungan seremonial.

Setelah Serangan Waikato pada 1863 oleh angkatan kekaisaran Britania kota ini dinamai Newcastle, namun segera dikembalikan ke Ngaruawahia.

Kotapraja mendukung barisan tim olahraga. Ngaruawahia United, dikenal sebagai "The Green Machine" (Mesin Hijau), ialah klub sepak bola setempat. Dari 2006, termasuk 10 sisi yunior, 3 sisi senior dan sebuah tim wanita. Tim senior pria bersaing di kompetisi Northern League Division 2.