Newdigate Prize

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Newdigate Prize, yang juga dikenal dengan Sir Roger Newdigate's Prize, adalah suatu penghargaan di dunia puisi yang diberikan pada mahasiswa dari Universitas Oxford, Inggris Raya untuk kategori Best Composition dalam versi bahasa Inggris, karya dari mahasiswa sarjana yang sudah mengenyam pendidikan disana, minimal selama empat tahun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penghargaan ini didirikan sejak tahun 1806 sebagai penghargaan kepada Sir Roger Newdigate (1719 - 1806).[1] Puisi pemenang akan dibacakan di Encaenia. Untuk menjadi salah satu pemenang diharapkan memenuhi kriteria sebagai berikut: "Panjang puisi tidak melebihi 300 baris."

Beberapa pemenangnya yang cukup terkenal adalah Robert Stephen Hawker, John Ruskin, Matthew Arnold, Laurence Binyon, Oscar Wilde, John Buchan, John Addington Symonds, James Fenton dan Alan Hollinghurst.

Penghargaan yang sama namun diberikan oleh Universitas Cambridge, dikenal dengan nama Chancellor's Gold Medal.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sir Roger Newdigate's Prize". Oxford Poetry. Diakses September 15, 2012. "Sir Roger Newdigate's Prize for English Verse was founded in 1806 as a memorial to Sir Roger, fifth baronet (1719-1806) and Oxford university politician." 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.