New York City Opera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

New York City Opera (NYCO) adalah sebuah perusahaan opera yang terletak di New York City.

Perusahaan yang dijuluki "opera rakyat" oleh Walikota New York, Fiorello La Guardia, ini didirikan tahun 1943 dengan tujuan menjadikan opera mudah disaksikan mmasyarakat luas, menciptakan beragam pilihan repertoar, dan memberi rumah bagi para penyanyi dan komposer Amerika Serikat. Perusahaan ini adalah bagian dari Lincoln Center for the Performing Arts sejak 1966 hingga 2010 ketika mereka memproduksi opera repertoar musim gugur dan semi dan mengelola program pendidikan dan jangkauan ke luar secara ekstensif, serta menawarkan program pendidikan seni untuk 4.000 siswa di 30 sekolah. Pada Mei 2011, diumumkan bahwa perusahaan yang sedang mengalami kesulitan keuangan ini akan meninggalkan Lincoln Center.[1][2] Pada musim 2011-2012, NYCO akan mempertunjukkan empat opera di berbagai tempat di New York City, termasuk Brooklyn Academy of Music.[3]

Selama 70 tahun, NYCO membantu mengembangkan karier berbagai penyanyi opera terkenal, seperti Beverly Sills, Sherrill Milnes, Plácido Domingo, Carol Vaness, José Carreras, Renée Fleming, Jerry Hadley, Catherine Malfitano, Bejun Mehta, Samuel Ramey, dan Gianna Rolandi. Sills kemudian menjabat sebagai direktur perusahaan pada 1979-1989.[4] Penyanyi-penyanyi Amerika Serikat terkenal yang juga lulusan NYCo adalah David Daniels, Mark Delavan, Mary Dunleavy, Lauren Flanigan, Elizabeth Futral, dan Carl Tanner.

NYCO juga mengangkat karya para komposer Amerika Serikat; sekitar sepertiga dari repertoarnya telah menjadi opera Amerika Serikat. Repertoar AS perusahaan ini bervariasi mulai dari karya yang sudah ada (seperti The Ballad of Baby Doe karya Douglas Moore, Susannah karya Carlisle Floyd dan Candide karya Leonard Bernstein) sampai karya yang baru muncul (seperti The Little Prince karya Rachel Portman dan Little Women karya Mark Adamo). Komitmen NYCO untuk masa depan opera Amerika Serikat didemonstrasikan dalam serial tahunannya, Vox, Contemporary Opera Lab, yang menampilkan perkembangan opera, memberikan para komposer kesempatan mendengar karya mereka dipertunjukkan oleh penyanyi dan orkestra profesional. Perusahaan ini juga rutin memproduksi musikal dan operetta, termasuk karya-karya Stephen Sondheim dan Gilbert & Sullivan.

Pertunjukan pertama global[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Fat Lady Sings: In Dire Financial Straits, City Opera Bids Farewell to Lincoln Center". Artinfo.com. Diakses May 23, 2011. 
  2. ^ Wakin, Daniel J. (May 23, 2011). "City Opera Departure Brings Questions". New York Times. 
  3. ^ "2011-2012 Season and Tickets". New York City Opera. Diakses November 8, 2011. 
  4. ^ Tommasini, Anthony. "Beverly Sills, All-American Diva With Brooklyn Roots, Is Dead at 78", The New York Times, July 4, 2007. Retrieved November 6, 2007.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]