Netlabel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Netlabel adalah label rekaman yang mendistribusikan rilisannya dalam format digital audio secara bebas unduh melalui Internet [1]. Umumnya netlabel adalah berbasis komunitas yang berdedikasi menyajikan kualitas terbaik, non-komersial, dan menyebarkan musik dalam format MP3/OGG secara online dan bebas unduh dengan genre yang beragam. Kebanyakan netlabel menggunakan lisensi Creative Commons di setiap rilisannya [2].

Kebanyakan netlabel adalah non-komersial, non-eksklusif (artis dapat keluar dari netlabel kapanpun), hak cipta dipegang oleh sang artis, kebanyakan adalah data musik, pemasaran dilakukan secara gerilya, dan hampir tidak ada biaya distribusi [3]. Pemilik netlabel biasanya menggunakan Internet Archive untuk berbagi musik secara legal (menggunakan lisensi Creative Commons) karena memberikan ruang dan bandwidth tanpa batas [4].

Pekerjaan utama netlabel adalah mempromosikan dan mendistribusikan musik yang dirilis dibawah lisensi Creative Commons dari artis yang memutuskan untuk bekerja sama. Biasanya netlabel dikelola oleh satu atau dua orang, atau dalam sejumlah kasus jumlahnya lebih besar. Tugas utama orang tersebut adalah menjalankan website, mencari musik, dan mendengarkan musik yang masuk lalu memilih yang terbaik untuk dirilis. Perbedaan antar-netlabel bisa signifikan, tergantung kepada filosofi sang pemilik dan pendekatannya terhadap musik. Maka dari itu beberapa netlabel fokus kepada satu genre musik atau hanya merilis musisi dari skena lokal, atau tidak punya spesialisasi apapun. Secara umum netlabel mengusung distribusi online secara gratis, namun beberapa netlabel menawarkan track terpilih sebagai unduh berbayar [5].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Netlabel pertama--Afterbeat--dibentuk pada awal tahun 2005 oleh tiga kolega. Ide membentuk Afterbeat muncul saat salah satu pendiri terpukau dengan musik yang didistribusikan di Internet menggunakan lisensi Creative Commons. Itu membuat mereka sadar dengan solusi teknologi dan hukum, merilis dan mendistribusikan musik menjadi lebih mudah ketimbang di masa sebelumnya. Dua alasan mereka untuk memulai sebuah netlabel: (1) sang pendiri memiliki minat di musik; (2) kondisi institusional untuk berhadapan dengan distribusi dan promosi musik telah berubah, mereka tidak perlu menyediakan seluruh waktunya untuk menjalankan netlabel dan tidak menghadapi resiko ekonomi label rekaman fisik [6].

Netlabel adalah salah satu jenis situs MP3 yang memiliki ide berbagi file dan budaya bebas yang muncul di pasar musik sejak tahun 1990an. Netlabel mendapat perhatian yang lebih kecil dari media ketimbang fenomena jaringan peer-to-peer (P2P). Netlabel lebih mendapat perhatian dari peminat budaya bebas dan pendengar musik elektronik dan eksperimental. Penyebabnya adalah netlabel tidak melawan hukum hak cipta dan dalam banyak kasus tidak menjual rekaman fisik di pasar rilisan arus utama, maka netlabel dinilai bukan sebagai ancaman kepada label rekaman tradisional dan terus mendapat perhatian yang minim dari media arus utama [5].

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)Netlabels,"netlabels".Diakses 21 Mei 2014.
  2. ^ (Inggris)Netlabels,"archive".Diakses pada 21 Mei 2014.
  3. ^ Patryk Galuszka (2011). Netlabel: Independent Non-Profit Micro-Enterprise or just another Player in the Music Industry?. Institute of Economics, University of Lodz. 
  4. ^ (Inggris)Hosting Netlabel Releases at the Internet Archive,"ektoplazm".Diakses 21 Mei 2014.
  5. ^ a b (Inggris)Netlabels and Democratization of the Recording Industry by Patryk Galuszka,"firstmonday". Diakses 21 Mei 2014.
  6. ^ Patryk Galuszka (2011). Netlabel: Independent Non-Profit Micro-Enterprise or just another Player in the Music Industry?. Institute of Economics, University of Lodz. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]