Nessos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Herakles memanah Nessos, oleh Franz von Stuck (1899).

Dalam mitologi Yunani, Nessos (bahasa Yunani: Νέσσος) adalah satu kentaur terkenal yang dibunuh oleh Herakles, dan pada gilirannya darah beracun Nessos kelak membunuh Herakles. Nessos adalah putra Iksion dan Nefele, dewi awan. Dia iku bertempur melawan suku Lapith sebelum menghuni daerah di sekitar sungai Euenos dan menyeberangkan orang-orang yang hendak lewat.

Nessos terkenal dalam kisah Jubah Nessos. Setelah menyeberangkan Deianeira, istri Herakles, melewati sungai, Nessos berusaha memperkosa Deianeira. herakles melihat kejadian tersebut dari seberang sungai dan memanah Nessos dengan anak panah yang teah diolesi darah beracun Hidra. Dalam keadaan sekarat, Nessos berkata pada Deianeira bahwa darahnya akan membuat Herakles selalu setia pada Deianeira.[1]

Deianeira dengan bodohnya mempercayai kata-kata Nessos. Di kemudian hari, ketika Deianeira curiga bahwa Herakles mencintai wanita lain bernama Iole, Deianeira merendam jubah milik Herakles di dalam darah Nessos. Ketika Herakles mengenakan jubah tersebut, tubuhnya terbakar dan Herakles pun meninggal dunia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ovidius, Metamorphoses, Buku IX, 95 - 135.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]