Nemawashi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nemawashi (根回し) adalah sebuah proses informal berupa tindakan yang diam-diam meletakkan dasar untuk memuluskan beberapa perubahan atau proyek yang diusulkan. Bentuk kegiatannya ialah dengan berbicara kepada orang-orang yang berkepentingan, mengumpulkan dukungan dan umpan balik, dan sebagainya. Kegiatan ini dalam budaya Jepang dianggap sebagai sebuah elemen penting untuk suatu perubahan besar, yang dilakukan sebelum langkah-langkah formal dijalankan, dan suatu nemawashi yang sukes memungkinkan berbagai perubahan dilaksanakan dengan persetujuan dari semua pihak.

Nemawashi secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi "menggali di sekitar akar". Ia terdiri dari akar kata 根 (ne, akar), dan 回す (mawasu, di sekitar [sesuatu]). Makna aslinya adalah sesuai arti harfiahnya, yaitu menggali di sekitar akar pohon untuk menyiapkan transplantasi (pemindahan) pohon tersebut.

Nemawashi sering dikutip sebagai contoh sebuah kata dalam bahasa Jepang yang sulit untuk diterjemahkan secara efektif, karena terikat begitu erat dengan budaya Jepang itu sendiri. Walaupun demikian, ia sering diterjemahkan dalam sebagai 'meletakkan dasar-dasar (laying the groundwork)'.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]