Nelvana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nelvana Limited
Jenis Anak perusahaan
Industri/jasa Animasi, lisensi franchise
Didirikan Di Kanada pada tahun 1971
Kantor pusat Toronto, Ontario, Kanada
Tokoh penting Pendiri:
Michael Hirsh
Patrick Loubert
Clive A. Smith
CEO sekarang:
Paul Robertson
Produk Animasi anak-anak
Pendapatan C$600 million (2001)[1]
Karyawan 600-700+ (2000-01)[2][3]
Induk Corus Entertainment - (Viacom)
Situs web nelvana.com

Nelvana Limited adalah perusahaan entertainment Kanada yang didirikan pada tahun 1971, yang dikenal akan hasil karyanya untuk film animasi anak-anak di antara karya-karyanya yang lain. Namanya diambil dari para pendirinya —Michael Hirsh, Patrick Loubert dan Clive A. Smith— dari Nelvana of the Northern Lights yang diciptakan oleh Adrian Dingle pada kurun waktu 1940-an. Corus Entertainment, kemudian memisahkan diri dari perusahaan induknya, Shaw Communications, dan memiliki perusahannya sendiri sejak September 2000.

Kebanyakan dari film-filmnya, pertunjukan-pertunjukannya dan penampilan khusus, didasarkan pada karya-karya yang memiliki lisensi, dimana sebagian besarnya adalah literatur untuk anak-anak. Namun, seperti layaknya perusahaan-perusahaan sejenis, proyek-proyek di bidang pemrograman juga merupakan bagian dari karyanya. Selain sebagai statusnya sebagai perusahaan kartun, yang kemudian terjun dalam dunia film nyata dari sejak pendiriannya sampai akhir tahun 1990.

Francis yang terkenal darinya termasuk Care Bears, Mythic Warriors: Guardians of the Legend, Babar, Tintin, Rupert, Fievel's American Tails, Little Bear, Eek! The Cat, Franklin dan 6teen, dan juga penyulih suaraan dengan Amerika Selatan dari film serial animasi Beyblade, Cardcaptor Sakura Anime & Medabots. Juga mendistribusi serial Nicktoons termasuk The Fairly OddParents, Chalkzone dan Danny Phantom, serta Cartoon Network - serial aslinya My Gym Partner's a Monkey, Kids' WB!, Disney Channel - serial aslinya Webkinz, Club Penguin, Line Rider, My Friend Rabbit jika dipasarkan di luar Amerika Serikat. Dan sejak tahun 2014, hasil karyanya sudah mencapai tidak kurang dari 1,650 jam secara kumulatif dari pemrograman.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Michael Hirsh dan Patrick Loubert, bekerja sama dengan animator-desainer Inggris bernama Clive A. Smith mendirikan perusahaan ini di Toronto, Ontario, Kanada pada tahun 1971. Nelvana terlibat dalam produksi film dokumenter dan tindakan. Di bidang animasi paruh waktu bekerja, mereka membuat sepuluh C $ 1.500 pengisi untuk CBC.

Di era 1980an, Nelvana juga pernah memproduksi serial antologi dan pernah memproduksi film Care Bears. Juga pernah membuat film Babar the Elephant.

Nelvana juga pernah memproleh serail animasi dari Hergé, Maurice Sendak dan Joana Cole. Pada tahun 1993, Nelvana menandatangani proyek multi-tahun untuk menghasilkan lima fitur film untuk Paramount Pictures, dan menghasilkan film seharga US $ 20 juta. Pada bulan September 1996, Nelvana diakuisisi seharga US $ 102 juta oleh Golden Books Family Entertainment,[4]

hanya setelah dibeli keluarga perpustakaan video Broadway Video Entertainment, anak perusahaan Broadway Video.[5]

Pada tahun 1999, Nelvana bekerjasama dengan Public Broadcasting Service dan memproduksi enam serial TV. Pada tahun 2000, Nelvana, beberapa hari setelah membeli Klutz di US $ 74 juta transaksi, diakuisisi oleh Corus Entertainment untuk C $ 554 juta.[6]

Patrick Loubert keluar dari perusahaan itu tahun 2001. Sejak tahun 2002, Nelvana juga memperoleh beberapa acara anime, misal dari FUNimation.

Jaringan[sunting | sunting sumber]

KidsCo[sunting | sunting sumber]

Qubo[sunting | sunting sumber]

Jaringan ini diluncurkan pada tahun 2006 sebagai kerjasama dari Nelvana, Classic Media, Big Idea Productions, ION Media Networks, NBC Universal, dan Scholastic Corporation. Ditayangkan di NBC, Ion Television dan Telemundo.

Acara-acara dari qubo bersifat mendidik dengan tanda E/I. qubo juga diperoleh lewat saluran TV yang diluncurkan pada tahun 2007.

Daftar acara[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Fitzgerald, James (1 Mei, 2001). "Nelvana's 30th Anniversary Profile". KidScreen Magazine. Diakses pada 1 Juli, 2006.
  2. ^ "Nelvana creates animated magic". The Ontario Business Report, Maret 2001, pp. 1-2. PDF file yang diakses pada 2 Juli, 2006.
  3. ^ Daly, John (31 Januari, 2001). The Toughest SOBs in Business. The Globe and Mail. Diakses pada 10 Juli, 2006.
  4. ^ Golden Books is Negotiating to Buy Nelvana. (1996, September 26.) New York Times. Diakses pada tanggal 29 Juni 2006.
  5. ^ Reuters (1996-07-31), "THE MEDIA BUSINESS; Golden Books Agrees to Buy a Video Library", The New York Times 
  6. ^ NELVANA LTD Report of Foreign Issuer (6-K) SIGNATURES di EdgarOnline. Diakses pada tanggal 23 Juni 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]