Nellie Bly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nellie Bly
Lahir 5 Mei 1864
Cochran's Mills, Pennsylvania

Elizabeth Jane Cochran (5 Mei 186427 Januari 1922), lahir di Cochran's Mills, Armstrong County, Pennsylvania, 40 mil timur laut dari Pittsburgh, adalah salah satu investigative journalist pertama. Dengan nama samaran Nellie Bly, Ia memelopori undercover reporting.

Sebuah artikel yang seksis di Pittsburgh Dispatch mendorongnya untuk menulis jawaban yang tajam kepada editor. Kualitas suratnya menyebabkan si editor untuk menawarkan pekerjaan kepada Cochran sebagai reporter. Editor ini juga memberinya nama pena Nellie Bly, menurut nama tokoh utama dalam sebuah lagu terkenal oleh Stephen Foster.

Bly menulis beberapa investigative articles, sebelum akhirnya ia didesak untuk hanya menulis di kolom wanita. Ia kemudian meninggalkan The Dispatch dan pindah ke New York City, di mana ia melamar pekerjaan pada surat kabar sensasionalis milik Joseph Pulitzer, New York World. Pulitzer menerimanya, dan tugas pertamanya adalah cerita mengenai Women's Lunatic Asylum di Blackwell's Island. Ia memasuki asylum ini dan hidup langsung dengan pasien. Gaya jurnalisme seperti ini menjadi ciri khasnya.

Nellie Bly, late 1880s

Pada 1888, The World mengirimnya keliling dunia seperti buku Jules Verne, Around the World in Eighty Days. Nellie Bly meninggalkan New York pada 14 November 1889 dan kembali pada 25 Januari 1890 (72 hari). Rekor ini dipecahkan beberapa bulan kemudian oleh George Francis Train, yang keliling dunia dalam 62 hari.

Dalam perjalanannya Bly mengunjungi Inggris, Jepang, Tiongkok, Hongkong, Brindisi, Colombo, dan San Francisco. Ia adalah wanita pertama yang keliling dunia tanpa disertai seorang laki-laki, dan menjadi model bagi wanita di seluruh dunia.

Nellie Bly menikah dengan jutawan Robert Seaman pada 1894, dan pensiun dari jurnalisme untuk beberapa lama. Ia mengambil alih manajemen perusahaan-perusahaan Seaman setelah suaminya meninggal pada 1904. Ia kembali menulis pada masa tuanya, meliput sebuah women's suffrage convention pada 1913 dan melaporkan Perang Dunia I dari Eropa timur.

Elizabeth Cochrane meninggal pada usia 57 karena pneumonia.

Nellie Bly Amusement Park di Brooklyn, New York City, dinamai menurutnya, dengan tema Around the World in Eighty Days.