Negus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Negus adalah gelar yang diberikan kepada raja atau pemimpin tertinggi di daerah Ethiopia kuno sampai tahun 1974. Kata Negus berakar dari turunan bahasa Semit kuno 'N-G-S' yang berarti memerintah.

Kata Negus adalah kata benda yang berasal dari kuno Semit yang berarti Untuk memerintah, verbal akar N - - G makna s

Pada zaman yang lebih baru itu digunakan sebagai Negus kehormatan untuk judul kehidupan diberikan pada gubernur dari provinsi yang paling penting (kerajaan): Gojjam, Welega dan kerajaan menuju ke laut (di mana variasi 'Bahr Negus' 'Raja Laut', adalah judul kuno penguasa masa kini pusat Eritrea) dan kemudian shewa.

Keduanya menggunakan dan martabat kekaisaran akan bertemu dalam pribadi seorang pangeran daerah, LIJ Kassa Hailu, putra bungsu ketiga Dejazmach Hailu Wolde-Giyorgis, Gubernur Qwara, dengan kedua istri Woizero Attitaggab, yang memberontak terhadap Ratu Menen dan putranya Ras Ali II Raja Muda, pada tahun 1845 dan menghabiskan sembilan tahun ke depan bergantian antara pemberontakan dan penyerahan sampai ia dinyatakan sebagai Negus di Amba Chera, (19 September 1854), dan setelah [Pertempuran [dari Derasge]] menyatakan dirinya Kaisar 8 Februari 1855 dan dinobatkan sebagai Tewodros II, di Derasge Maryam pada hari berikutnya.