Negev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zin Valley in the Negev Desert of Israel 2.jpg

Negev (juga disebut Negeb; Ibrani: נֶגֶב, vokalisasi Tiberias: Néḡeḇ; bahasa Arab: النقب al-Naqab) adalah wilayah padang pasir di Israel selatan. Negev meliputi wilayah seluas 13.000 km² atau sekitar 55% dari luas wilayah Israel. Kota terbesar dan ibukota daerah ini adalah Beersheba, di batas utara. Batas selatannya adalah Teluk Aqaba dan kota wisata Eilat. Terdapat sejumlah kota-kota yang sedang dikembangkan, antara lain Dimona, Arad dan Mitzpe Ramon, dan juga banyak desa-desa kecil suku Bedouin, termasuk Rahat dan Tel as-Sabi. Ada beberapa kibbutzim, misalnya Revivim dan Sde Boker; yang terakhir ini merupakan tempat tinggal Perdana Menteri Israel yang pertama, David Ben-Gurion, setelah pensiun dari politik.

Nahal Paran, Negev
Wadi Akrabim, Negev

Di padang gurun ini dibangun Ben-Gurion University of the Negev, dengan sejumlah jurusan pendidikan yang meliputi Jacob Blaustein Institutes for Desert Research dan Albert Katz International School for Desert Studies, semua terletak di lokasi kampus Midreshet Ben-Gurion dekat Sde Boker.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata Negev berasal dari bahasa Ibrani yang berarti 'kering'. Dalam kitab suci, kata Negev juga digunakan untuk arah 'selatan'. Dalam bahasa Arab, Negev dikenal sebagai al-Naqab, meskipun nama ini dipakai bersamaan dengan pendirian batas Mesir-Palestina pada abad ke-19 dan tidak memiliki nama tradisional Arab. Selama British Mandate, wilayah ini disebut Beersheba sub-district.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut Kitab Kejadian pasal 20 di Alkitab, Abraham tinggal beberapa waktu lamanya di Negeb dekat Kadesh setelah diusir dari Mesir. Kemudian, bagian utara Negev dihuni oleh suku Yehuda dan bagian selatan oleh suku Simeon. Daerah Negeb kemudian menjadi bagian dari Kerajaan Israel bersatu dan Kerajaan Yehuda.

Pengembangan pertambangan pada abad ke-9 SM di daerah Negev dan Edom (sekarang Yordania) bertepatan dengan munculnya Kerajaan Asyur.[2] Beersheba menjadi ibukota daerah ini dan pusat perdagangan pada abad ke-8 SM.[2] Pemukiman kecil orang Israel di daerah sekitar ibukota muncul antara tahun 1020 dan 928 SM.[2]

Cuaca[sunting | sunting sumber]

Wilayah Negev tergolong kering (arid). Eilat hanya mendapat rata-rata 31 mm curah hujan setahun. Daerah ini hanya mendapat hujan sedikit karena terletak di sebelah timur gurun Sahara, dan bukan di sebelah timur Laut Tengah yang terletak di timur lautnya, serta lokasinya di 31 derajat lintang utara, yang memberikan suhu ekstrim. Rata-rata curah hujan dari bulan Juni sampai Oktober adalah nol.[3]

Data iklim Beersheba
Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun
Sumber: Israel Meteorological Service[4][5]

Koordinat: 30°17′0″LU 34°12′0″BT / 30,28333°LU 34,2°BT / 30.28333; 34.20000

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Palestine Exploration Quarterly (April 1941). The Negev, or Southern Desert of Palestine by George E. Kirk. London. Page 57.
  2. ^ a b c Mariam Shahin. Palestine: A Guide. (2005) Interlink Books. ISBN 156656557
  3. ^ "Beersheba, ISR Weather". MSN. Diakses 2008-01-25. 
  4. ^ "Averages and Records for Beersheba (Precipitation, Temperature and Records (Excluding January and June) written in the page)". Israel Meteorological Service. August 2011. 
  5. ^ "Records Data for Israel (Data used only for January and June)". Israel Meteorological Service. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]