Negara Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta pembagian negara bagian selama Perang Saudara Amerika. Warna biru menunjukkan Negara Utara (Uni), warna biru muda menunjukkan anggota Negara Utara yang memperbolehkan perbudakan, warna merah menunjukkan Negara Konfederasi Amerika, dan warna putih menunjukkan negara bagian yang tidak ikut Perang Saudara Amerika

Negara Utara atau Uni merupakan nama yang digunakan untuk merujuk pada sekelompok negara bagian di Amerika Serikat yang terletak di utara Garis Mason-Dixon, yang bergabung untuk berperang melawan Negara Konfederasi Amerika selama Perang Saudara Amerika atas masalah perbudakan. Sebenarnya, Uni tak hanya mencakup negara bagian di Amerika Serikat Utara, melainkan juga negara bagian di Amerika Serikat Barat Tengah, seperti California, Oregon, dan Nevada (setelah tahun 1864).

Anggota[sunting | sunting sumber]

Kansas bergabung dengan Negara Utara pada tanggal 29 Januari 1861 setelah krisis pemisahan berawal namun sebelum serbuan ke Fort Sumter. West Virginia berpisah dari Virginia dan menjadi bagian dari Negara Utara selama perang pada tanggal 20 Juni 1863. Nevada juga bergabung dengan Negara Utara selama perang, menjadi negara bagian pada tanggal 31 Oktober 1864.