Nefele

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hukuman Iksion; Nefele duduk di kaki Merkurius (Hermes). Lukisan dinding Romawi di Pompeii.

Dalam mitologi Yunani, Nefele (bahasa Yunani: Νεφέλη, dari νέφος nephos "awan") adalah nimfa atau dewi awan. Nefele merupakan tokoh penting dalam kisah Friksos dan Helle.[1]

Zeus menciptakan Nefele dari awan dalam wujud yang menyerupai Hera. Zeus menciptakan Nefele untuk menguji Iksion, yang dicurigai oleh Zeus berhasrat pada Hera. Iksion melihat Nefele dan mengiranya sebagai Hera. Iksion pun langsung bersenggama dengan Nefele dan terlahirlah ras kentaur (dalam versi lain anak mereka bernama Kentauros). Akibat perbuatannya, Iksion pun dihukum di Tartaros.

Nefele lalu menikahi Athamos. Namun Athamos menceraikan Nefele demi wanita lain yang bernama Ino. Friksos dan Helle. anak Nefele dan Athamas, dibenci oleh ibu tiri mereka. Ino lalu merancang rencana untuk mengenyahkan keduanya. Ino secara diam-diam membakar seluruh benih di kota sehingga petani tak bisa menanamnya. Para petani lalu menemui orakel untuk meminta petunjuk. Ino menyuap pelayan sang orakel supaya para petani percaya bahwa Friksos dan Helle mesti dikorbankan demi menyelamatkan pertanian kota. Namun sebelum Friksos dan Helle sempat dikorbankan, Nefele mengirim seekor domba emas untuk menyelamatkan mereka.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]