Bia gengge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nautilida)
Bia gengge
Nautilus belauensis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Subkelas:
Ordo:
Subordo:
Nautilina

Agassiz, 1847
Famili:
Nautilidae

Genus

Allonautilus
Nautilus

Bia gengge[1][2] (Inggris: nautilus; dari bahasa Yunani: ναυτίλος, pelaut) adalah nama umum bagi sejumlah spesies moluska laut yang masuk dalah famili Nautilidae. Walaupun bercangkang, bia gengge masih berkerabat dengan cumi-cumi dan gurita. Hewan yang bisa memiliki 90 tentakel dan berdiameter 3 dan 30 cm diketahui telah hidup sejak jutaan tahun lalu dengan bentuk yang tidak banyak berubah, sehingga dianggap fosil hidup.

Bia gengge merupakan chepalopoda purba yang tersisa salah satu moluska yang telah ada sejak jutaan tahun yang lalu.[3]

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Anatomi bia gengge

Tentakel[sunting | sunting sumber]

Mahkota lengan bia gengge modern (genera Nautilus dan Allonautilus ) sangat berbeda dibandingkan dengan koleoid. Berbeda dengan Decabrakia berlengan sepuluh atau Octopodiformes berlengan delapan , bia gengge memiliki antara 60 hingga lebih dari 90 tentakel tergantung pada jenis kelamin dan individu. Tentakel ini diklasifikasikan ke dalam tiga kategori berbeda: okular, digital, dan labial (bukal). Ada dua set tentakel mata: satu set di depan mata (pra-okular) dan satu set di belakang mata (pasca-okular). Tentakel digital dan labial tersusun melingkar di sekitar mulut, dengan tentakel digital membentuk cincin terluar dan tentakel labial di antara tentakel digital dan mulut. Ada 19 pasang tentakel digital yang bersama dengan tentakel okular membentuk 42 pelengkap yang terlihat saat mengamati hewan (belum termasuk modifikasi tentakel yang membentuk tudung). Tentakel labial umumnya tidak terlihat, lebih kecil dari tentakel digital, dan lebih bervariasi baik jumlah maupun bentuknya. Bia gengge jantan memodifikasi tiga tentakel labial mereka menjadi spadix , yang mengantarkan spermatofor ke betina selama sanggama.

Tentakel terdiri dari dua struktur berbeda: struktur pertama, selubung berdaging yang berisi struktur kedua: cirrus terelongasi (jamak: cirri).Selubung tentakel digital menyatu pada dasarnya menjadi satu massa yang disebut sebagai selubung cefalik. Cirri digital dapat ditarik sepenuhnya ke dalam sarungnya dan sangat fleksibel, mampu memanjang lebih dari dua kali lipat panjang ditarik sepenuhnya dan menunjukkan tingkat kelenturan dan torsi yang tinggi. Meski tidak memiliki pengisap, tentakel bia gengge menunjukkan kemampuan perekat yang kuat. Adhesi dicapai melalui sekresi mukopolisakarida netral (bukan asam) dari sel sekretorik di punggung cirri digital. Pelepasan dipicu melalui kontraksi otot-otot tentakel daripada sekresi pelarut kimia, mirip dengan sistem adhesi/pelepasan di Euprimna , meskipun tidak jelas apakah perekat ini homolog . Tentakel mata tidak menunjukkan kemampuan perekat tetapi berfungsi sebagai organ sensorik. Tentakel mata dan delapan tental lateral menunjukkan kemampuan kemoreseptif; tentakel preokular mendeteksi bau yang jauh dan tentakel lateral mendeteksi bau di dekatnya.

Sistem pencernaan[sunting | sunting sumber]

Pencernaan utamanya terdiri dari radula yang lebar dan bergigi sembilan.

Mulutnya terdiri dari paruh mirip burung beo yang terdiri dari dua rahang yang saling bertautan yang mampu merobek makanan hewan tersebut—kebanyakan krustasea—dari bebatuan tempat mereka menempel. Bia gengge jantan dapat dibedakan secara dangkal dari betina dengan memeriksa susunan tentakel di sekitar kerucut bukal: jantan memiliki organ spadix (berbentuk seperti paku atau sekop) yang terletak di sisi kiri kerucut sehingga kerucut terlihat tidak beraturan, sedangkan kerucut bukal betinanya simetri bilateral .

Tembolok merupakan bagian terbesar dari saluran pencernaan, dan sangat dapat dikembangkan. Dari tembolok, makanan masuk ke lambung berotot kecil untuk dihancurkan, dan kemudian melewati sekum pencernaan sebelum memasuki usus yang relatif singkat.

Sistem peredaran darah[sunting | sunting sumber]

Seperti semua sefalopoda, darah bia gengge mengandung hemosianin , yang berwarna biru dalam keadaan teroksigenasi. Terdapat dua pasang insang yang merupakan satu-satunya sisa metamerisme nenek moyang yang terlihat pada sefalopoda yang masih ada. Darah beroksigen tiba di jantung melalui empat ventrikel dan mengalir keluar ke organ hewan melalui aorta yang berbeda tetapi kembali melalui vena yang terlalu kecil dan bervariasi untuk dijelaskan secara spesifik. Satu-satunya pengecualian untuk hal ini adalah vena cava, satu vena besar yang membentang di sepanjang bagian bawah tanaman tempat hampir semua pembuluh darah lain yang berisi darah terdeoksigenasi dikosongkan. Semua darah melewati salah satu dari empat set organ penyaringan (terdiri dari satu pelengkap perikardial dan dua pelengkap ginjal) setelah meninggalkan vena kava dan sebelum tiba di insang untuk oksigenasi ulang. Limbah darah dikosongkan melalui serangkaian pori-pori yang sesuai ke dalam rongga palial .

Sistem saraf[sunting | sunting sumber]

Komponen sentral sistem saraf bia gengge adalah cincin saraf esofagus yang merupakan kumpulan ganglia , komisura , dan penghubung yang bersama-sama membentuk cincin di sekeliling esofagus hewan. Dari cincin ini rentangkan semua saraf ke depan hingga ke mulut, tentakel, dan corong; secara lateral ke mata dan rhinophores ; dan di posterior organ-organ lainnya.

Cincin saraf bukan merupakan apa yang biasanya dianggap sebagai "otak" cephalopoda: bagian atas cincin saraf tidak memiliki lobus yang berbeda, dan sebagian besar jaringan saraf tampaknya fokus pada pencarian dan konsumsi makanan (misalnya, jaringan ini tidak memiliki "pembelajaran tingkat tinggi). " tengah). Bia gengge juga cenderung memiliki rentang memori yang agak pendek, dan cincin saraf tidak dilindungi oleh pelindung otak dalam bentuk apa pun.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Biota Laut Pulau Pombo". 
  2. ^ "An Investigation into the Trade of Nautilus". 
  3. ^ "Nautilus, Chepalopoda Purba Yang Tersisa". Mongabay Environmental News (dalam bahasa Inggris). 2015-01-24. Diakses tanggal 2019-09-01. 

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Familia: Nautilidae

Pranala luar[sunting | sunting sumber]