Natural Born Killers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Natural Born Killers
Poster film Natural Born Killers
Sutradara Oliver Stone
Produser Arnon Milchan,
Thom Mount
Penulis Quentin Tarantino
Pemeran Robert Downey Jr.,
Juliette Lewis,
Tommy Lee Jones
Distributor Warner Bros.
Durasi 118 menit
Anggaran ~US$50.000.000

Natural Born Killers adalah film Amerika Serikat produksi 1994 yang disutradarai Oliver Stone dan dibintangi antara lain Juliette Lewis, Woody Harrelson, Robert Downey, Jr., Tommy Lee Jones, Tom Sizemore dan Rodney Dangerfield.

Skenario asli ditulis oleh Quentin Tarantino. Oliver Stone bersama dengan Richard Rutowski dan David Veloz mengubahnya sehingga Tarantino merasa tidak senang dan melepas kepemilikannya atas skenario tersebut dan meminta agar ia tidak dicantumkan dalam film sebagai penulis.

Film ini adalah komentar mengenai bagaimana berita-berita kriminal diekspos dan dibesar-besarkan oleh pers untuk tujuan komersial, dan kecenderungan untuk menggambarkan penjahat sebagai pahlawan. Oleh pers film ini dikritik karena banyak mengandung kekerasan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

  • Semboyan: "The Media made them superstars." ("Media massa membuat mereka menjadi bintang besar.")

Film ini pada dasarnya terbagi atas dua bagian. Dalam bagian pertama kita diperkenalkan pada Mickey Knox (Harrelson) dan kekasihnya Mallory (Lewis). Mallory adalah korban kekerasan rumah tangga dan ketika berkenalan dengan Mickey lantas kabur dengannya setelah sebelumnya membunuh ayahnya yang ia anggap brutal dan ibunya yang menurutnya juga berdosa karena tidak pernah berbuat apa-apa untuk melindunginya. Berdua mereka lantas menjelajah AS dengan mobil dan membunuh orang-orang tanpa alasan yang jelas. Setiap kali mereka membunuh sekelompok orang, mereka selalu menyisakan satu untuk tetap hidup dan melaporkan bahwa yang melakukan hal itu adalah "Mickey dan Mallory".

Sementara itu dua karakter lain mengejar mereka untuk niat yang berbeda. Detektif Scagnetti (Sizemore) ingin meraih ketenaran sebagai anggota polisi yang menangkap Mickey dan Mallory. Selain itu ia juga tampak jatuh cinta pada Mallory. Wartawan sensasional Wayne Gale (Downey, Jr.) ingin mewawancarai Mickey untuk mendongkrak peringkat acara televisinya.

Setelah insiden penembakan di suatu apotek, Mickey dan Mallory akhirnya ditangkap dan dipenjara. Hal ini mengakhiri bagian pertama film ini.

Di bagian kedua kita diperkenalkan pada kepala penjara McClusky (Jones) dan bersama Scagnetti mereka merancang untuk membunuh Mickey dan Mallory. Scagnetti akan menembak mereka ketika mereka dipindahkan ke rumah sakit dan McClusky akan menutupi dengan dalih mereka berusaha untuk kabur dari penjara. Dengan cara ini McClusky dan Scagnetti berharap untuk tampil sebagai pahlawan.

Sementara itu Wayne Gale juga datang ke penjara untuk mewawancarai Mickey secara langsung. Mallory sendiri dikurung dalam sebuah sel. Ketika Mickey mengatakan hal-hal yang menggugah emosi narapidana lain dalam wawancara, seluruh isi penjara kemudian memberontak dan berusaha untuk melepaskan diri. Kerusuhan besar kemudian terjadi, Mickey membebaskan Mallory dari sel dan membawa Wayne Gale sebagai tawanan. Film ini diakhiri dengan Mickey dan Mallory membunuh Wayne Gale di sebuah hutan, di depan kamera yang terus berjalan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]