Nancy K. Florida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nancy K. Florida (lahir 29 Desember 1948) adalah salah seorang indonesianis dan peneliti naskah-naskah kuno Jawa. Gelar Doktor diperolehnya dari Universitas Cornell. Disertasinya dikembangkan menjadi buku yang berjudul Writing the Past Inscribing the Futue: History as Prophecy in Colonial Java. Saat ini Nancy adalah Profesor di Universitas Michigan.

Nancy sangat fasih berbahasa Jawa, bahkan bahasa Jawa yang halus (kromo). Nancy pertama kali mengenal kebudayaan Jawa pada tahun 1970 saat belajar gamelan di Universitas Weslayan. Gelar BA pada bidang filsafat didapatnya dari Connecticut College dengan predikat Summa Cumlaude. Gelar PhD didapatnya dari Universitas Cornell jurusan Sejarah Asia Tenggara

Dimulai pada tahun 1980, Nancy melakukan pekerjaan yang luar biasa yaitu mendokumentasikan naskah-naskah Jawa kuno yang ada di Keraton Kasunanan Surakarta, Istana Mangkunegaran, dan Perpustakaan Radya Pustaka, di Solo. Pekerjaan ini bisa disebut pekerjaan "gila". Hampir tiga perempat juta halaman manuskrip, beberapa di antaranya dalam kondisi buruk susah dibaca, didokumentasikan. Atas jasanya ia diberikan gelar ningrat dari Keraton Surakarta. Nancy tercatat sebagai orang Barat pertama yang menerima gelar ningrat. Nancy mendapat gelar ningrat dari Keraton Surakarta yaitu Kanjeng Mas Ayu Tumenggung (KMAT) Budayaningtyas.

Referensi[sunting | sunting sumber]