Nama berkas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nama berkas atau file name adalah nama yang diberikan oleh sistem berkas kepada sebuah berkas atau direktori tertentu. Meski oleh sistem berkas penamaan dilakukan dengan menggunakan angka-angka dalam sistem bilangan biner, sistem operasi dapat menerjemahkan angka-angka biner tersebut menjadi karakter yang mudah dipahami oleh manusia. Gabungan antara nama berkas dan nama direktori tempat berkas tersebut berada disebut dengan "path".

Sebagai contoh, umpamakan ada sebuah berkas bernama "dokumen.doc" yang diletakkan di dalam direktori dengan nama "Dokumen". Jika direktori induk dari direktori "Dokumen" adalah C:\, maka nama path yang dibentuknya adalah "C:\Dokumen\dokumen.doc".

Setiap sistem berkas memiliki cara penamaan berkasnya masing-masing. Sistem berkas FAT, misalnya, menggunakan 11 bita karakter untuk merepresentasikan sebuah nama berkas, yang dibagi ke dalam dua buah field, nama berkas (8) dan nama ekstensi berkas (3). Selain jumlah karakter, jenis karakter juga ditentukan oleh sistem berkas. Beberapa sistem operasi mengizinkan beberapa karakter khusus, seperti !, ~, $, #, & untuk digunakan sebagai nama berkas, tapi lainnya tidak. Selain itu, beberapa nama juga bisa tidak dapat digunakan sebagai nama berkas, karena berkas tersebut telah digunakan oleh sistem operasi. Sebagai contoh, adalah AUX, COM, LPT, PRN, dalam sistem operasi DOS.