Nam June Paik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nam June Paik
Hangeul백남준
Hanja白南準
Alih Aksara yang DisempurnakanBaek Nam-jun
McCune–ReischauerPaek Nam-jun

Nam June Paik (juga dieja Paik Nam-june; Seoul, 20 Juli 1932Miami, Florida, 29 Januari 2006) adalah seorang komponis dan seniman video kelahiran Korea Selatan yang dikenal sebagai "Bapak Seni Video."

Paik lulus dari Universitas Tokyo dengan disertasi mengenai Arnold Schoenberg. Tahun 1956 ia pergi ke Jerman untuk melanjutkan pendidikan sejarah musik di Universitas Muenchen. Di negara tersebut Paik bertemu dengan komponis Karlheinz Stockhausen dan John Cage yang menyarankannya untuk mempelajari seni elektronik.

Paik memulai debutnya dalam dunia seni dengan pameran solo berjudul Exposition of Music-Electronic Television pada tahun 1963. Setahun kemudian, ia pindah dan seterusnya menjadi warga New York, Amerika Serikat. Paik terkenal akan modifikasinya dengan perangkat-perangkat televisi (TV) yang berkomentar tentang makna media tersebut dan bagaimana manusia melihat dunia melalui TV.

Ia juga merupakan aggota gerakan Fluxus, sekelompok pemberontak dalam dunia seni yang dibentuk oleh George Maciunas. Setelah mengalami stroke pada tahun 1996, ia harus duduk di kursi roda tetapi masih dapat mengikuti beberapa pameran internasional di Swiss, Jerman, dan Korea Selatan. Ia meninggal dunia pada usia 74 tahun di rumahnya di Miami.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]