MythBusters

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
MythBusters
Mythbusters title screen.jpg
The current title screen for MythBusters
Format Scientific method - Dokumentari
Pembuat Peter Rees
Pemeran Jamie Hyneman
Adam Savage
Tory Belleci
Kari Byron
Grant Imahara
Additional cast
Narator Robert Lee (AS)
Robin Banks (Discovery UK)
Rufus Hound (BBC Two)
Eduardo Robiera (Amerika Latin)
Negara  Amerika Serikat
Jumlah musim 6
Jumlah episode 131 (Daftar episode)
Produksi
Setelan kamera Multi-camera
Durasi 43 menit (Discovery Channel, SBS)
30 menit (BBC Two)
Siaran
Saluran asli Discovery Channel
Discovery HD
Format gambar 480i (SDTV)
1080i (HDTV)
Periode siaran 23 Januari 2003–sekarang
Pranala luar
http://dsc.discovery.com/fansites/mythbusters/mythbusters.html


MythBusters adalah program hiburan pendidikan TV yang dibuat dan diproduksi oleh perusahaan Australia, Beyond Televition Productions untuk Discovery Channel di Amerika Serikat. Serial ini ditayangkan oleh banyak penyiar internasional, termasuk SBS One dan Discovery Channel di Australia, Discovery Channel Kanada, dan Quest dan Discovery Channel di Inggris. Pengacara dan para pakar efek khusus Adam Savage dan Jamie Hyneman, menggunakan metode ilmiah untuk menguji keabsahan rumor, mitos, adegan film, adages, video Internet dan berita.

Pembuatan film berbasis di San Francisco, California, meskipun beberapa elemen-elemen produksi dilakukan di Artarmon, Australia. Perencanaan dan beberapa eksperimen berlangsung di bengkel Hyneman; eksperimen membutuhkan ruang yang lebih atau akomodasi khusus difilmkan di lokasi, biasanya di sekitar San Francisco Bay Area dan California Utara . Selama musim kedua, anggota tim Savage dan Hyneman ("Tim Pekerja") diorganisir menjadi tim kedua dan sekarang menguji mitos terpisah dari duo utama.

Konsep seri diciptakan untuk Discovery Channel sebagai "Beritahu Salah atau Benar" oleh penulis Australia dan produser Peter Rees dari Beyond Productions pada tahun 2002. Discovery menolak proposal awalnya karena mereka baru saja ditugaskan membuat seri yang sama. Rees fokus pada pengujian elemen kunci dari cerita bukan hanya menceritakan kembali mereka. Discovery sepakat untuk mengembangkan dan co-pilot menghasilkan seri tiga episode. Hyneman adalah salah satu dari sejumlah seniman efek khusus yang diminta untuk menyiapkan kasting video untuk pertimbangan jaringan. Rees telah mewawancarainya sebelumnya untuk segmen seri ilmu pengetahuan populer Beyond 2000 tentang robot tempur serial televisi Star Wars, British American. Savage, yang pernah bekerja dengan Hyneman di iklan dan di BattleBots, serial televisi robot tempur, diminta oleh Hyneman untuk membantu co-host acara karena menurut Savage, Hyneman menganggap dirinya terlalu menarik untuk menjadi tuan rumah seri sendiri.

Selama Juli 2006, versi tiga puluh menit diedit dari MythBusters mulai ditayangkan di [[[BBC]] Two di Inggris. Episode yang ditampilkan di Discovery Channel Eropa kadang-kadang mencakup adegan ekstra tidak ditampilkan dalam versi AS (beberapa adegan termasuk akhirnya di "spesial")

Savage dan Hyneman adalah MythBusters asli, dan awalnya menjelajahi semua mitos dari seri menggunakan pengalaman gabungan mereka dengan efek khusus. Dua pekerja di bengkel efek Hyneman, M5 Industries, mereka memanfaatkan stafnya, yang sering bekerja di luar layar, dengan Hyneman dan Savage biasanya ditampilkan melakukan sebagian besar pekerjaan di toko. Acara ini dinarasikan oleh Robert Lee, meskipun di beberapa daerah suaranya digantikan oleh narator lokal.

Selama seri berlangsung, anggota staf Hyneman diperkenalkan dan mulai muncul secara teratur dalam episode. Tiga anggota tersebut, artis Kari Byron, tukang Tory Belleci dan pekerja logam Scottie Chapman, diorganisir sebagai tim kedua dari MythBusters selama musim kedua, dijuluki "Build Team". Setelah Chapman meninggalkan acara selama musim ketiga, Grant Imahara, seorang rekan Hyneman, dipekerjakan untuk menyediakan tim dengan pengalaman listrik dan robotika. Byron terus cuti hamil pada pertengahan-2009, dengan posisi di atas Tim Build sementara diisi oleh Jessi Combs, paling dikenal untuk co-hosting Spike's Xtreme 4x4. Byron kembali di episode kedua musim delapan. Tim Pekerja kini bekerja di bengkel sendiri, yang disebut M7, menyelidiki mitos terpisah dari duo asli. Setiap episode sekarang biasanya bergantian antara kedua tim meliputi mitos yang berbeda, meskipun kadang-kadang kedua tim masih bekerja sama.

Seri ini memiliki dua magang, dijuluki "Mythterns": Pemenang kontes Discovery Channel Christine Chamberlain dan Jess Nesson. Selama musim pertama, program ini menampilkan segmen dengan cerita rakyat Heather Joseph-Witham, yang menjelaskan asal usul mitos tertentu, dan orang lain yang telah memiliki pengalaman tangan pertama dengan mitos yang diuji, namun elemen-elemen dihilangkan awal selama seri. The MythBusters masih sering berkonsultasi dengan para pakar untuk mitos untuk topik yang mereka membutuhkan bantuan. Topik-topik termasuk senjata api, yang mereka kebanyakan berkonsultasi dengan Kepolisian San Fransisco, dan bahan peledak, yang mereka berkonsultasi pensiunan ahli bahan peledak FBI Frank Doyle dan Sgt. Nelson JD dari Kantor Alameda County Sheriff. The MythBusters meminta mereka selama pengujian (seperti yang memasok peralatan yang sedang dites) apa yang mereka ketahui tentang mitos dalam penyelidikan.

Setiap episode MythBusters biasanya berfokus pada keyakinan beberapa populer, rumor Internet, atau mitos lainnya. Daftar mitos diuji dengan seri dikompilasi dari berbagai sumber, termasuk pengalaman pribadi dari pemain dan kru, serta saran kipas, seperti yang diposting di The Discovery Channel MythBusters forum online. Kadang-kadang, Episode diproduksi di yang beberapa atau semua mitos yang terkait dengan tema seperti bajak laut atau hiu, dan kadang-kadang ini dijuluki sebagai " Special" episode. Pada Mei 2009, empat mitos telah dilakukan dengan persiapan yang luas seperti dan pengujian bahwa mereka telah episode yang ditujukan semata-mata untuk mereka dan empat spesial telah dua kali panjang. Beberapa episode (termasuk 2006 Istimewa Liburan) telah memasukkan pembangunan mesin Rube Goldberg. Sebelum mitos mendapat diperkenalkan oleh tuan rumah, gambar mitos-terkait dibuat pada cetak biru. Setelah memperkenalkan host mitos, video lucu menjelaskan mitos biasanya ditampilkan.


The MythBusters biasanya mengetes mitos dalam proses dua langkah. Pada episode awal, langkah-langkah yang digambarkan sebagai "meniru keadaan, maka duplikat hasil" oleh Savage. Ini berarti bahwa tim pertama upaya untuk menciptakan keadaan yang mitos menuduh, untuk menentukan apakah hasil dugaan terjadi; jika. gagal, mereka mencoba untuk memperluas keadaan ke titik yang akan menyebabkan hasil yang dijelaskan. Kadang-kadang tim (biasanya Savage dan Hyneman) akan mengadakan kompetisi persahabatan antara mereka sendiri untuk melihat mana mereka dapat merancang solusi yang lebih berhasil untuk menciptakan hasil. Hal ini paling umum dengan mitos yang melibatkan membangun sebuah objek yang dapat mencapai tujuan (misalnya, dengan cepat pendingin bir, atau menemukan jarum di tumpukan jerami).

Meskipun tidak ada formula khusus menaati tim dalam hal prosedur fisik, mitos yang paling melibatkan pembangunan berbagai objek untuk membantu menguji mitos. Mereka memanfaatkan lokakarya fungsional mereka untuk menciptakan apa saja yang diperlukan, sering termasuk peralatan mekanik dan set untuk mensimulasikan keadaan mitos. tindakan manusia sering disimulasikan dengan cara mekanis dalam rangka meningkatkan keamanan, dan untuk mencapai konsistensi dalam tindakan berulang. Metode untuk menguji mitos biasanya direncanakan dan dilaksanakan dengan cara yang memberikan hasil visual yang dramatis, yang umumnya melibatkan ledakan, kebakaran, dan / atau crash kendaraan. Dengan demikian, mitos atau tes yang melibatkan bahan peledak, senjata api dan tabrakan kendaraan yang relatif umum.

Pengujian kadang-kadang terbatas pada bengkel, tapi sering memerlukan tim berada di luar. Banyak pengujian outdoor pada awal musim berlangsung di tempat parkir M5. Sebuah kontainer kargo di tempat parkir umum berfungsi sebagai ruang isolasi untuk mitos berbahaya, dengan percobaan yang dipicu dari luar. Namun, peningkatan anggaran telah diijinkan melakukan perjalanan lebih sering ke lokasi lain di San Francisco dan sekitar Bay Area. lokasi suting biasa sekitar Bay Area meliputi fasilitas militer yang ditutup(seperti Naval Air Station Alameda, Stasiun Udara Angkatan Laut Moffett Field, Naval Station Treasure Island, Marine Bay, Hunters Point Naval Shipyard, Galangan Kapal Angkatan Laut Pulau Mare, Hamilton Air Force Base dan California Fort Ord), dan Alameda County Sheriff Bomb Squad dan jangkauan Senjata api. Kadang-kadang, terutama untuk episode khusus, produksi di luar negara, atau bahkan ke luar negeri.

Hasil diukur dengan cara ilmiah yang tepat untuk percobaan yang diberikan. Kadang-kadang hasil dapat diukur dengan pengukuran numerik sederhana menggunakan alat-alat standar, seperti multimeter untuk pengukuran listrik, atau berbagai jenis termometer untuk mengukur suhu. Untuk mengukur hasil yang tidak menghasilkan jumlah numerik, tim biasanya menggunakan beberapa jenis peralatan yang dapat memberikan bentuk lain dari efek diamati. Ketika pengujian konsekuensi fisik ke tubuh manusia yang akan terlalu berbahaya untuk menguji orang yang hidup, MythBusters biasa digunakan analog. Awalnya, mereka terutama digunakan uji crash dummies (terutama satu mereka bernama Buster) untuk mengamati cedera trauma tumpul, dan gelatin balistik untuk pengujian trauma penetrasi. Mereka telah sejak berkembang untuk menggunakan bangkai babi ketika percobaan membutuhkan simulasi yang lebih akurat dari daging manusia, tulang, dan organ. Mereka juga kadang-kadang dibentuk tulang nyata atau disimulasikan dalam balistik gel untuk simulasi bagian tubuh tertentu.

Baik untuk keperluan pengamatan visual untuk menentukan hasil, dan hanya sebagai sebuah visual yang unik untuk program ini, kamera kecepatan tinggi yang digunakan selama percobaan dan telah menjadi merek dagang dari seri. Sangat cepat rekaman objek bergerak di depan skala diukur biasanya digunakan untuk menentukan kecepatan objek.

Pengujian sering diedit karena kendala waktu dari sebuah episode televisi. Sering bisa tampak seolah-olah tim menarik hasil dari pengulangan yang lebih sedikit dan data yang lebih kecil set dari mereka benar-benar memiliki. Selama disensor khusus, mereka secara khusus menyatakan bahwa sementara mereka,, sebenarnya sangat teliti dalam pengujian mitos dan ulangi percobaan kali dalam konfigurasi yang berbeda, itu hanya mungkin untuk menampilkan semua itu dalam sebuah program. Dimulai pada musim kelima, episode biasanya berisi sebuah prompt untuk penampil untuk mengunjungi homepage acara untuk melihat rekaman outtake baik pengujian tambahan, atau sisi lain dari mitos yang diuji. Namun, Savage sendiri telah mengakui bahwa mereka tidak selalu dimaksudkan untuk mencapai memuaskan cukup besar set hasil untuk mengatasi definitif bias semua . Dalam menanggapi kritik yang mereka terima tentang metode dan hasil di episode sebelumnya, staf memproduksi beberapa "Mitos Revisited" episode, di mana tim mengetes ulang mitos untuk melihat apakah keluhan memiliki manfaat. Episode ini telah menghasilkan hasil meruntuhkan beberapa mitos, serta menegakkan beberapa hasil untuk alasan yang berbeda daripada yang menyimpulkan.

MythBusters menempatkan penekanan yang kuat pada keselamatan penampil karena sifat dari mitos yang diuji yang sering melibatkan skenario rumah tangga mengaku. Semua episode dimulai dengan Adam dan Jamie memberikan disclaimer terhadap mencoba eksperimen dilihat pada seri; paling episode juga menampilkan setengah peringatan kedua melalui waktu berjalan. Penolakan ini tidak disiarkan di Discovery Inggris, di SBS di Australia, di Belanda, Discovery Mix di Swedia, atau di Perdana dan Sky Discovery Channel di Selandia Baru. Sering kali, mereka disajikan dengan unsur humor, seperti Adam mengenakan setelan empuk sebagai Jamie memukul dadanya dengan tongkat baseball, atau Jamie menjelaskan bahwa ia dan Adam yang profesional sebelum slide Adam ke dalam melihat dan menabrak sebuah penghalang sementara berkata, "Jangan coba ini di rumah!"

Seri mempekerjakan berbagai tingkat keselamatan atau sensor sopan santun-terkait. Vulgar bahasa dan nama-nama bahan yang digunakan dalam produksi bahan berbahaya biasanya diblokir, tidak dengan bip standar tetapi dengan efek suara yang relevan atau lucu. Eufemisme dan ilmiah terminologi digunakan untuk istilah berpotensi ofensif. Dalam mitos "Kencing di Rel Ketiga"., Menunjukkan disensor nama katup digunakan untuk melepaskan urin dari patung. Mereka biasanya tidak menunjukkan bagaimana untuk merakit bahan peledak, dan nama-nama bahan kimia berbahaya sering disensor dan label wadah mereka dikaburkan bahkan ketika secara luas dikenal atau mudah ditentukan dengan sedikit riset. Sebagai contoh, dalam termit "Hindenburg" khusus, Adam memicu dengan campuran hypergolic dari "blur" (manis cair) dan "blur" (bubuk gelap). Acara ini menjelaskan bahwa walaupun mereka profesional, mereka kadang-kadang harus meminta izin khusus atau bantuan pemerintah, misalnya, ketika bangunan bom. Terkadang, perusahaan asuransi mereka melarang kegiatan tertentu seluruhnya.

Merek nama dan logo secara teratur kabur atau ditutupi dengan tape atau stiker MythBusters bahkan ketika mereka sedang jelas (misalnya, laptop Apple ). Namun, nama merek akan ditampilkan ketika integral mitos, seperti dalam Percobaan Diet Coke dan Mentos. (Dalam istirahat langka dari peringatan keselamatan mereka, Adam dan Jamie dinyatakan di udara bahwa mitos ini sangat aman bagi pemirsa untuk mereplikasi sendiri.)

Selama Januari 2005, penulis anak-anak dan petualang Andrew Knight (alias "Bowvayne") memulai proses hukum di Australia terhadap Beyond Productions, produser MythBusters, menuduh menjiplak dalam kaitannya dengan penggunaan nama "Mythbusters". Knight menegaskan bahwa ia sebelumnya mengorganisir sebuah tim dari "Mythbusters" dan telah menggunakan nama terus menerus sejak tahun 1988 dalam kaitannya dengan mengejar mitos, hantu, monster, goblin, dan misteri seperti lainnya di seluruh dunia. Knight menulis serangkaian buku anak-anak yang diterbitkan sendiri di bawah "Mythbusters" banner pada tahun 1991, 1993, dan 1996. Pada bulan Februari 2007., Pengadilan Federal Australia menolak klaim Knight melawan Beyond Productions.

Pada tanggal 18 Oktober 2010, Presiden Barack Obama, sebagai bagian dari Karnaval Sains Rumah Putih mengumumkan ia telah menempelkan segmen MythBusters dan akan muncul pada tanggal 8 Desember 2010. Obama akan menutupi mitos Archimedes Solar Ray.

MythBusters disiarkan di beberapa negara, terutama dengan versi masing-masing negara Discovery Channel. Di beberapa negara, pidato bahasa Inggris baik teks dalam bahasa yang relevan, atau narasi voice-over diganti, atau menunjukkan seluruh (narasi dan suara host ') yang dijuluki. Unit timbangan Amerika Serikat , yang digunakan oleh seluruh host acara, akan dikonversi ke metrik dalam proses. Kadang-kadang, bagian di mana mitos yang dijelaskan dalam sketsa benar-benar digambar ulang dalam bahasa itu. Kutipan acara juga disajikan sebagai bagian dari Beyond Televisi diproduksi Beyond Tomorrow.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]