My Way

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"My Way"
Lagu oleh Frank Sinatra dari album My Way
Diedarkan 1969
Rekaman 30 Desember 1968, Los Angeles
Jenis musik Pop
Lama 4:35
Perusahaan rekaman Reprise
Penulis lagu Paul Anka
Komposer Claude François, Jacques Revaux
Produser rekaman Sonny Burke
My Way track listing
"All My Tomorrows"
(5)
"My Way"
(6)
"A Day in the Life of a Fool"
(7)

"My Way" adalah lagu yang dipopulerkan oleh Frank Sinatra. Lirik lagu ditulis oleh Paul Anka yang disesuaikan menurut lagu berbahasa Perancis "Comme d'habitude" yang diciptakan pada tahun 1967 oleh Claude François dan Jacques Revaux, dengan lirik yang ditulis oleh Claude François dan Gilles Thibault. "Comme d'habitude" pun ternyata ditulis pada awalnya dalam Bahasa Inggris, berjudul "For Me". Namun, versi Paul Anka tidak ada kaitannya dengan kedua versi lama. "My Way" merupakan salah satu lagu pop yang paling banyak didaur ulang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paul Anka mendengar lagu asli berbahasa Perancis berjudul Comme d'habitude (arti:As Usual) yang dinyanyikan oleh Claude François saat sedang berlibur di Perancis Selatan. Ia kemudian pergi ke Paris untuk memproduksi lagu versi baru.[1] Dalam wawancara pada tahun 2007, ia mengatakan: "Saya pikir itu adalah lagu yang tidak bagus, namun ada sesuatu di dalamnya."[2] Ia mendapatkan hak cipta penerbitan tanpa dikenai biaya[3], terkecuali hak cipta musik tetap dimiliki oleh penulisnya.[4]

Di New York, Anka menulis kembali lagu ini untuk Frank Sinatra. Ia mengubah struktur melodi dan mengganti liriknya. Ia menulisnya pada pukul 1 pagi dan selesai pukul 5 pagi. Setelah itu ia menghubungi Frank Sinatra yang berada di Caesar's Palace, Nevada dan mengatakan 'Saya punya sesuatu yang sangat istimewa untukmu.'[2] Paul Anka menginginkan lagu ini hanya untuk dinyanyikan oleh Frank Sinatra, walaupun akhirnya ia juga merekam lagu ini tak lama setelah versi Sinatra dirilis pada tahun 1969.[2] Paul Anka merekam lagu ini 3 kali lagi pada tahun 1996 (duet dengan Gabriel Byrne, dibawakan dalam film Mad Dog Time), tahun 1998 dalam Bahasa Spanyol berjudul a Mi Manera (duet dengan Julio Iglesias) dan pada tahun 2007 dalam duet dengan Jon Bon Jovi.[5]

Frank Sinatra merekam versinya pada tanggal 30 Desember 1968, dan merilisnya pada awal tahun 1969 dalam album berjudul sama dan sebagai singel. Lagu ini mencapai urutan ke-27 di tangga lagu Billboard Hot 100 dan nomor 2 di tangga lagu Easy Listening. Di Britania Raya, singel ini menduduki tangga lagu Top 40 selama 75 minggu mulai bulan April 1969 sampai September 1971. Selain itu, ia masih belum keluar dari Top 75 selama 49 minggu.[6]

Versi daur ulang[sunting | sunting sumber]

Versi Elvis Presley[sunting | sunting sumber]

Elvis Presley mulai menyanyikan lagu ini dalam konsernya di pertengahan tahun 1970-an. Paul Anka sempat memberitahunya bahwa lagu ini tidak cocok baginya. Walau begitu, pada tanggal 12 dan 14 Januari 1973, Elvis menyanyikan lagu ini dalam penampilan satelit "Aloha from Hawaii" yang disiarkan langsung ke 43 negara lewat Intelsat. Di Amerika Serikat, pertunjukkan itu disiarkan oleh NBC pada waktu premium tanggal 14 April 14. Rating yang dihasilkan sangat tinggi karena ditonton oleh 1 miliar orang di seluruh dunia.

Pada tanggal 3 Oktober 1977, beberapa minggu setelah ia meninggal, rekaman langsung "My Way" dari siaran khusus CBS-TV, "Elvis In Concert" 21 Juni 1977, dirilis sebagai singel. Di Amerika Serikat, versi ini mencapai posisi ke-22 di tangga lagu singel pop Hot 100 (lebih tinggi daripada posisi Frank Sinatra), nomor 6 di tangga lagu Billboard Adult Contemporary, dan memenangkan sertifikasi Gold karena penjualan yang melampaui 500 ribu kopi.

Versi lagu yang direkam pada tanggal 10 Juni 1971 oleh Elvis di RCA studio B, Nashville, Tennessee, dirilis pada tahun 1995 dalam album The Essential 70's Masters (Walk A Mile In My Shoes).

Versi lain[sunting | sunting sumber]

  • Oleh penyanyi Wales, Dorothy Squires pada musim panas tahun 1970. Versi Squires mencapai nomor 10 di Tanggal Lagu Singel Britania Raya.
  • Bassis Sex Pistols, Sid Vicious merekam lagu dalam versi punk rock yang liriknya diganti dan tempo dipercepat. Versi ini mencapai urutan ke-7 di Britania Raya pada tahun 1978.
  • Lirik lagu yang direvisi oleh Paul Anka pada tahun 2012, dinyanyikan oleh Chris Mann dalam album Roads.
  • Tom Jones merekam versi daur ulang "My Way" pada tahun 1971 sebagai sisi-B singel yang juga ditulis oleh Paul Anka, "She's a Lady".
  • Oleh Chara dalam album Montage (1996).

Serbaneka[sunting | sunting sumber]

  • "My Way" diketahui sebagai lagu yang paling banyak dinyanyikan dalam upacara pemakaman di Britania Raya.[7]
  • Mantan Kanselir Jerman Gerhard Schröder meminta lagu ini diputar dalam pesta perpisahan militernya, sebelum pengangkatan Angela Merkel.
  • Chorus lagu Bon Jovi "It's My Life" merujuk kepada lagu ini, yang tertulis dalam kalimat "My heart is like an open highway/Like Frankie said, I did it my way.". Lagu ini pun didaur ulang oleh Paul Anka dalam Rock Swings.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
"Take This Job and Shove It"
oleh Johnny Paycheck
Singel nomor 1 RPM Country Tracks
(versi Elvis Presley)

21-28 Januari 1978
Diteruskan oleh:
"What a Difference You've Made in My Life"
oleh Ronnie Milsap