Muslimah (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Muslimah
Format Drama
Pembuat Soraya Intercine Films
Pemeran Titi Kamal
Okan Kornelius
Lucky Hakim
Ririn Ekawati
Tya Restyana
Negara  Indonesia
Jumlah episode 391
Produksi
Durasi 75 menit
Siaran
Saluran asli Indosiar
Periode siaran 1 September 2008–13 Desember 2009
Kronologi
Dilanjutkan oleh Tangisan Issabela


Muslimah adalah sebuah sinetron drama religi yang tayang di Indosiar setiap hari pukul 18.30 WIB. Sinetron ini menceritakan perjuangan hidup Muslimah, seorang TKW di Arab Saudi yang selalu dilanda derita dan nestapa. Namun dengan ketabahan hati Muslimah dia selalu bisa menghadapinya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berawal ketika Muslimah (diperankan oleh Titi Kamal) hendak menikah dengan Dafa (Okan Kornelius) yang tak lain dan tak bukan adalah pujaan hati kakaknya, Pretty (Tya Restyana). Pernikahan itu batal setelah Pretty hampir saja bunuh diri apabila Dafa menikah dengan Muslimah. Akhirnya, Muslimah merelakan Dafa untuk Pretty.

Di sisi lain, Naysila terkena kanker rahim stadium terakhir. Nasyilla ingin mencari suami yang sholehah yang bernama Muslimah dan dinikahi oleh seorang pejabat bernama Rafi (Lucky Hakim) yang sudah memiliki seorang istri bernama Nasyilla (Ririn Ekawati). Namun, rumah tangganya bersama Rafi pun tak berdiri kokoh karena Naysilla berusaha terus untuk menyingkirkan Muslimah. Hingga akhirnya, Muslimah kembali dicerai oleh Rafi.

Lalu, Petty dan Nasyilla pun dipenjara. Namun, Muslimah ingin Petty dan Nasyilla bebas dari penjara dan kahirnya dibebaskan. Lalu, setelah ibu Dafa sakit, Petty pun bersandiwara berbaik hati kepada Dafa. Ketika Muslimah memberitahu apa yang sudah sebanarnya terjadi, Dafa menuding Muslimah melakukan fitnah.

Sementara itu, Nasyilla melakukan sengketa tanah terhadap rumah Ibu Musilamh. Namun, akhirnya sengketa itu dimenangkan ibu Muslimah. Terakhir kali, Nasyilla sering bertemu dengan Muslimah. Dan secara diam-daim, Nasyilla mmenyuruh Muslimah pergi ke Arab Saudi dan bekerjasama dengan Lia

Muslimah ditipu oleh Naysilla sehingga Muslimah terdampar menjadi TKW di Arab Saudi. Di sana, dia menjadi budak di rumah Tuan Faruq. Di rumah itu Muslimah disiksa habis-habisan oleh Nyonya Fatum, ibu Tuan Faruq dan Nyonya Farah, karena tipu muslihat Lia, pembantu yang merupakan bawahan dari Naysilla. Dan menantunya yang bernama Yasmin. Merka selalu menyiksa Muslimah Muslimah mencoba kabur. Setelah ia kabur dan berhasil ditolong oleh Zubaedah, ternyata dia malah diperkerjakan sebagai penari perut. Namun, Muslimah berhasil diselamatkan oleh Ferry, yang merupakan teman Dafa di Indonesia.

Yasmin pun berubah menjadi baik dan ingin memberi pesangon kepada Muslimah. Alasannya, sejak Muslimah menjadi pembantu di rumah Nyonya Fatum, Faruq menjadi jatuh cinta kepada Muslimah. Dan Yasmin pun tidak dianggap. Sementara itu, Keluarga dari pihak Faruq dan Yasmin bersepakat untuk menikahkan Faruq dan Yasmin. Faruq pun menjadi kecewa karena tidak dapat menikahi Muslimah dan terjadilah perkawinan

Kisah lainnya adalah gonjang-ganjing rumah tangga Naysilla-Rafi. Karena usaha Rafi bangkrut, Naysilla diminta ibunya untuk bercerai. Namun, Naysilla tidak mau. Selain itu, ibu Naysilla juga ingin membuktikan bahwa Izza, buah hati Naysilla-Rafi yang memiliki tiga mata, adalah anak jin, karena dapat menggerakan sesuatu dengan cahaya yang keluar dari matanya.

Lalu, Lia mencoba menyiram air keras kepada Yasmin, dan ternyata Musimah memcahkan botol air keras dan Lia pun terpeleset terkena air keras. Dua minggu kemudian, Umi Fatum menyuruh Muslimah kerja di Umi Fadaqh, kakaknya. Di sana ada Elena, yang merupakan kakaknya Lia. Dan pergi dengan Yasim dan Faruq. Di sana, secara diam-diam, Faruq dan Eelena melakukan perselingkuhan. Namun, Yasmin dan Nyonya Fadaqh melakukan perzinahan. Namun, Muslimah menolak mentah-mentah. Yasmin pun menjadi bermusuhan dengan Muslimah.

Karena tidak tahan, akhirnya Muslimah kembali ke Nyonya Fatum dan dipulangkan oleh Elena. Elena pun meminta imbalan kepada Nyonya Fatum. Yasmin pun memberitahu bahwa Musliah telah melakukan perselingkuhan. Tetapi, Abi Osman tidak percaya dengan kata Yasmin. Elena dan Lia pun masuk penjara. Lia masuk penjara untuk waktu sementara. Dan Elena mencoba memberi racun kepada Yasmin.

Lia pun menceburkan Muslimah ke dalam kali. Namun, berkat bantuan Fery akhirnya Muslimah dapat bertahan hidup. Dan sementara waktu, Muslimah dalam persembunyian. Keluarga Ny. Fatum mengira bahwa Muslimah suda mati. Dan Umi Fatum dan Fadaqh ketakutan melihat Muslimah. Dan akhirnya lari karena takut Muslimah akan balas dendam karena apa yang sudah merlakukan dan akhirnya pingsan. Dan ketika diadakan sidang tentang air keras, Lia pun dijatuhi hukuman 4 tahun. Dan keluarga Ny. Fatum menyadari bahwa Muslimah sesungguhnya masih hidup. Dan dalam persembunyiannya Musliamh pun kabur

Muslimah pun hampir diperkosa. Namun, berkat bantuan Faisal, Muslimah pun dibawa ke rumah sakit. Sementara itu, keluarga Ny. Fatum mengadakan pesta atas kedatangan Faisal yang sudah kuliah 4 tahun di Amerika. Umi Fatum, pun ingin Faisal dijodohkan dengan Farah. Namun, di dalam hatinya, Faisal ingin menikahi Muslimah. Namun, Yasmin, menyarankan agar jangan menikahi Muslimah. Karena dia menjadi sumber kebencian bagi keluarga Ny. Fatum dan Ny. Fadaqh. Lalu, Muslimah, Yasmin, dan Faisaln mengunjungi Lia yang lagi dipenjara. Namun, Lia mengatakan dan berteriak bahwa sesungguhnya Tuhan itu tidak ada. Akibatnya, Lia kesetrum lampu dan meninggal. Faisal pun ingin Muslimah kelur dari rumah sakit. Namun, Umi Fadaqh secara diam-diam mebawanya ke rumah Ny. Fatum. Dan perusahaan milik ayah tirinya Faisal diserahkan kepada Faisal.

Dan Elena, pun mengaku bahwa sesungguhnya yang berselingkuh itu bukan Muslimah dengan Faruq, tetapi Elena denga Faruq. Dan akhirnya Yasmin berteman lagi dengan Muslimah. Eelena sengaja mengaku hnya ingin membalas dendam terhadap keluarga Nyonya Fatum. Dan diketahui, bahwa Elena hamil. Elena pun terkejut. Lia pun menyaranaknd engan hamilnya Elena, dia akan terbebas dari penjara. Setelah Abi Osman, mengetahui, akhirnya Elena dengan Faruq menikah untuk mencegah lahirnya anak haram. Umi Fatum pun sedih karena anaknya menikah dengan budak.

Farah pun datang ke Arab dan sudah mendapatkan gelar sarjana. Farah pun bekerjasama dengan Elena utnuk melenyapkan Muslimah. Namun di sisi lain, Elena akan memporak-porandakan keluarga Ny. Fatum. Ketika Umi Fatum memarahi Muslimah. Umi Fatum terkena parfum yang panas dan dibawa ke rumah sakit. Farah pun membuat kesaksian palsu agar Muslimah dipenjara. Namn, Muslimah pun dipenjara gara-gara percobaan pembunuhan. Lalu, Faisal pun menarik gugatan yang dibuat oleh Farah. Dan Faruq dipenjara gara-gara kasus jual beli pistol. Muslimah pun terpaksa kabur karena menderita dan hampir mati dan diselamatkan Fery. Dan Muslimah pun kabur


Satu Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, Petty, Nyaslia, Dafa, Rafi, Izza rencananya akan pergi umroh ke tanah suci. Nasyilla pun takut ingin bertemu dengan Muslimah. Oleh karena itu, Nasyilla mencoba menolak ajakannya. Dan dia memberitahu Petty bahwa Muslimah perebut suami orang. Namun, dengan terpaksa Nasyilla pergi ke Arab. Izza pun emmpunyai firasat bahwa Nasyilla takut betemu dengan Muslimah.

Muslimah pun masih dalam persembunyian. Lalu, Muslimah hampir diculik dan diselamatkan Abdullah. Karea Farah mengira bahwa Muslimah sudah meninggal. Yang pada waktu itu melaksanakan umroh bersama Abdullah. Umi Fatum masih dirawat di rumah sakit dan Faruq masih di penjara. Lalu, Muslimah melaksanakan ibadah umroh. Ellena mencuri harta yang dimiliki oleh Ny. Fatum. Namun harta itu dirampas oleh preman dan diperkosa. Umi Fatum pun meninggal setelah satu tahun tidak sembuh.

Sementara di Indonesia, Bu Alya mendapat telepon dari Muslimah dan memberitahu bahwa Muslimah ada di Arab. Bu Alya pun mempunyai firasat bahwa nanti Muslimah akan tertimpa musibah. Oleh karena itu, Ibu Muslimah melaksanakan pengajian dua minggu sekali

Ketika di tanah suci, Rafi dan Dafa merasa iri melihat Muslimah bersama Abdullah. Mereka mengira bahwa Abdullah itu istri Muslimah. Nasyilla membius Muslimah dan membawanya ke kamar hotel dan Dafa menolongnya. Namun, Nasyilla memberitahu bahwa Muslimah telah berselingkuh dengan Dafa. Petty dan Dafa pun diadu domba oleh Nasyilla. Petty pun langsung benci kepada Dafa. Muslimah pun mencoba meyakinkan Nasyilla bahwa peristiwa perselingkuhan itu hanyalah rekayasa.

Elena yang berada di rumah sakit memberi kesaksian palsu bahwa dalang perkosaanya adalah Faruq. Dan jika Elena mati, kemungkinan Faruq terkena pasal berlapis dan harus siap dikenakan hukuman mati.

Nasyilla mencoba mengasih tahu kalau ada handphone yang jatuh. Tetapi, Nasyilla malah dituduh mencuri handphone

Nasyilla mengadu kepada tuan Abdullah bahwa Muslimah telah berselingkuh kepada Dafa. Lalu, Abdullah mempunyai bukti bahwa sesungguhnya Naysilla yang merekayasa. Petty pun benci kepada Naysilla. Rafi merasa malu kepada istrinya.

Lalu, Petty sudah baikan kepada Nayilla. Faisal membawa bukti sebnarnya kalau Faruq tidak bersalah. Bahkan, rekaman percakapan Muslimah dan Fery hampir disebarkan ke internet. Naysilla dan Petty menghina Muslimah bahwa dia sudah berselingkuh dengan Tuan Abdullah.

Ferry pun membenci Muslimah . Lalu, Naysilla dan Petty membuat rekaman bahwa Muslimah jatuh cinta kepada Abdullah. Naysila dan Petty bilang Muslimah ingin menikahi Tuan Abdullah. Padahal Muslimah tidak mau menikah dengan Tuan Abdullah. Dan terjadilah pernikahan antara Muslimah dan Tuan Abdullah namun dibatalkan oleh Ferry, Dafa, dan Rafi.

Setelah peristiwa tersebut, Tuan Ferry berpura-pura pulang ke Madinah, padahal tidak. Dan Naysilla dan Petty menuduh Muslimah dan Tuan Ferry sudah berselingkuh.

Lalu, Petty pun mengubur Muslimah hidup-hidup. Tetapi, untunglah ditolong oleh Izza. Keesokan harinya, Naysilla dan Petty mengurung Muslimah dI WC, Petty diculik dan dibawa ke kamar seseorang. Namun, Muslimah dibebaskan sesorang dan Muslimah membebaskan Petty. Namun, Petty bilang jangan ceritakan peristiwa yang terjadi sebelumnya

Lalu, akhirnya mereka pulang ke Indonesia. Di sana, Muslimah disiksa oleh Naysilla dan Pety. Dafa mengajukan perceraian kepada Petty dan alhirnya dikabulkan oleh pengadilan

100 Hari Kemudian[sunting | sunting sumber]

Muslimah dan Dafa pun menikah kembali. Petty pun menangis karena pria satu-satunya yang dia sukai adalah Dafa. Lalu, Petty menyuruh Marlina dan Suster Eni untuk mengagalkan renacana pernikahan. Lalu, Suster Eni dan Marlina bilang kalau Petty sedang menangis. Pernikahan pun menjadi sedikit kacau dan Muslimah ditiban genting oleh Petty dan dimasukkan ke rumah sakit. Lalu, beberapa hari kemudian Muslimah dan Petty kecelakaan namun berhasil diselamtkan. Petty pun berusaha memisahkan Muslimah dari Dafa. Lalu, Petty tinggal serumah dengan Muslimah dengan tujuan agar Muslimah hidup menderita.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Muslimah dimainkan Titi Kamal - Dia adalah gadis yang sholehah. Dia adalah anak yatim piatu dan Petty adalah kakak tirinya.
  • Rafi dimainkan Lucky Hakim.
  • Dafa dimainkan Okan Cornelius.
  • Izza - Adalah orang yang sangat merindukan Muslimah. Namun, Nasyilla menasihati agar jangan menyebut nama Muslimah.
  • Khumairoh - dimainkan Alessia Cestaro Anaknya Muslimah. Dia diajarkan berbuat jahat oleh Nasyilla agar Muslimah senantiasa menderita ketika sewaktu-waktu pulang ke Indonesia.
  • Nasyilla - Ririn Ekawati Dia adalah orang yang mengira bahwa Muslimah adalah perebut suami orang.
  • Petty - Tya Restyana Dia sekarang sudah tobat. Namun, ibu Dafa mengira bahwa itu hanya sandiwara. Dia sekarang mulai berbuat jahat ketika Muslimah kembali ke Indonesia dan menikah dengan Dafa.
  • Ny. Winka - Ia adalah orang yang tidak menyetujui pernikahan Mas Rafi dengan Nasyilla.
  • Robby - Teman karibnya Ny. Winka.
  • Cathy - Temannya Ny. Winka. Sewaktu kecil ayahnya mempunyai istri yang sangat banyak mempunyai banyak istri dan membuat ibunya gila. Karena ibunya banyak dan dia sakit hati. Akibat perbuatan itu, dia dimasukkan ke RSJ. Dan sampai sekarang dia orang yang dicari-cari di RSJ.
  • Umi Fatum - Mempunyai suami yang bernama Abi Osman. Mempunyai anak dua yaitu Farah dan Faruq. Dia terkenal orang yang jahat dan kikir. Dia juga dikenal sebagai penyiksa pembantu. Dalam cerita, dia sudah meninggal.
  • Abi Usman - Abi Usman atau yang dikenal dengan Abi Osman adalaha orang yang sangat baik. Mempunyai istri yng bernama Umi Fatum. Mempunyai dua anak, yaitu: Faruq dan Farah.
  • Faruq - Faruq adalah anak pertama dari Abi Osman dan Umi Fatum. Dia sangat menyukai gadis Asia.
  • Farah - Adiknya Faruq.
  • Zubaidah - Dikenal dengan Zubaedah. Seorang pelacur.
  • Fery - Orang yag sangat peduli terhadap Muslimah dan berteman terhadap Abdullah dan Dafa.
  • Vista - Mantan suami Fery. Dia mencoba agar Fery dan Vista bersatu. Namun, Fery memulangkan Vista ke Indonesia.
  • Abdullah - Ia adalah orang yg terkenal dengan kedermawannya. Dia mempunyai banyak istri dan seorang pengusaha kaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]