Musion Eyeliner 3D Holographic Projection

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Musion Eyeliner 3D Holographic Projection
Situs web http://www.musion.co.uk/
Perusahaan / Pengembang Musion Systems Ltd
Jenis Proyektor
Orang Penting Uwe Maass
Ian O'Connell (Director)
James Rock (Director)
Lokasi London, United Kingdom

Musion Eyeliner adalah sebuah sistem proyektor 3D holografik definisi tinggi (high definition 3D holographic video projector system) yang dapat menghasilkan video hologram 3 dimensi bergerak dalam sebuah pengaturan panggung yang menggunakan teknologi Pepper’s Ghost. Eyeliner menghadirkan efek video ke dalam kehidupan nyata seperti misalnya di dalam sebuah pertunjukan seni, konferensi, atau persentasi pameran dagang. Pembawa acara dapat tampil ditemani oleh sosok manusia virtual atau karakter animasi yang interaktif seperti efek yang ditampilkan dalam film produksi Warner Brothers, “Who Framed Roger Rabit?”.[1]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Eyeliner 3D Projection System dikembangkan pertama kali oleh Uwe Maass, yang membuat desain sistem proyektor 3D ini setelah penelitiannya terhadap teater ilusi Pepper’s Ghost. Eyeliner dilindungi oleh hak paten dari Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Korea Selatan, Eurasia, dan negara-negara penting lain di dunia.[2] Hak cipta Amerika Serikat dan Eropa diberikan pada tahun 1999 dengan menjelaskan metode inventif dan novel untuk membangun sebuah panggung yang memungkinkan untuk memproyeksikan gambar manusia virtual yang dapat bergerak bebas di panggung. Penemuan ini membutuhkan foil transparan yang dibentangkan di depan proyektor sebagai layar, foil dipilih karena memiliki sifat reflektif yang mirip dengan cermin semi-kaca, selain itu foil juga memiliki tingkat fleksibilitas dan keamanan yang baik. Panggung yang digunakan untuk sistem proyeksi 3D ini berukuran mulai dari 2 meter kubik, gambar yang akan diproyeksikan berukuran mulai dari 50 sentimeter persegi hingga 20 meter x 100 meter.[3] Konten yang diproyeksikan bermacam-macam, seperti misalnya, manusia virtual, animasi, kendaraan seperti truk dalam ukuran asli, pemandangan, properti, bahkan mesin, alat-alat farmasi, dan peralatan atau komponen-komponen elektronik. Sistem Musion saat ini hadir di Amerika Serikat, Asia, Australia Timur Tengah, dan Eropa. Dan telah dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan internasional seperti Telstra dan Cisco.

Cara Kerja[sunting | sunting sumber]

Komponen-komponen utama dari Eyeliner 3D Projection System adalah:

  • Video proyektor (teknologi proyeksi DLP dengan kartu definisi tinggi (high definition)/ minimal resolusi sebesar 1400 x 1050 dan tingkat keterangan 7000 + lumens. Jenis instalasi di daerah dengan intensitas cahaya yang tinggi memerlukan dinding LED setebal 6 milimeter atau 4 milimeter yang melapisi atap gedung sebagai sumber video.
  • Untuk instalasi kecil digunakan TFT Plasma atau layar LCD berkualitas tinggi.
  • Hard-disk player dengan ukuran 1920 x 1080i HD graphic cards, Apple atau PC server, dan DVD player.
  • Musion Eyeliner Foil dan satu set panggung berikut pencahayaan dan audio-nya.
  • Show controller.[4]

Subjek direkam dalam bentuk HDTV (High Definiton Television), kemudian disiarkan pada foil melalui proyeksi HDTV dengan menggunakan digital hard-disk player Mpeg2 HD, atau Server Video Digital HD. Pemasangan foil dilakukan dengan menambahkan empat buah kaki agar dapat berdiri dengan kokoh atau foil dapat dibentangkan ke dalam kerangka panggung kemudian dibiarkan jatuh sehingga menggantung seperti tirai. Konfigurasi panggung lainnya yaitu dengan menutupi seluruh panggung dengan foil sehingga pemain di atas panggung dapat berinteraksi langsung dengan gambar hasil proyeksi seakan-akan terdapat dua orang pemain di atas panggung. Pemain juga dapat bernyanyi duet dengan manusia virtual, tokoh kartun, atau bahkan bentuk virtual dari dirinya sendiri.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Musion Eyeliner 3D Projection System dapat digunakan untuk:

Presenter Keynote Virtual[sunting | sunting sumber]

Teknologi Musion Eyeliner menggunakan internet MPLS berkecepatan tinggi (20mbites/detik) sehingga dapat menghadirkan bentuk holografik seukuran manusia yang dapat bergerak leluasa dan berkomunikasi dengan lancar tanpa ada jeda antara gerak bibir dengan suara yang keluar. Saat presenter berada di atas panggung, manusia virtual akan muncul dengan mulus di sampingnya seperti layaknya bersebelahan dengan manusia asli. Presenter juga dapat berkomunikasi dengan manusia virtual secara real time, tidak ada jeda waktu. Yang membedakan manusia virtual hasil proyeksi teknologi Musion Eyeliner dengan manusia asli adalah kita tidak dapat menjabat tangan mereka.

Industri otomotif[sunting | sunting sumber]

Produk mobil dapat dipamerkan di berbagai lokasi mulai dari lantai 20 sebuah gedung hingga ruang bawah tanah. Masing-masing komponen dan proses komplek sebuah mobil diwujudkan dalam animasi 3D yang dapat diputar dari berbagai sudut. Klien Eyeliner dalam industri otomotif: GM, Toyota, Peugeot, Ford, BMW, Honda, Fiat, dan Audi.

Periklanan[sunting | sunting sumber]

Eyeliner dapat digunakan menjadi media baru untuk beriklan. Dapat digunakan di bandara, pusat perbelanjaan, klub malam, atau billboard outdoor.

Peluncuran Produk[sunting | sunting sumber]

Produk baru yang akan diluncurkan diproyeksikan dalam bentuk virtual yang mengambang dengan skala yang sama dengan produk aslinya.

Konferensi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, BT Global Sales menggunakan Sistem Eyeliner untuk menciptakan persentasi “out of this wolrd” untuk konferensi Tim Sales Executive mereka yang diatur dalam sebuah permainan komputer virtual. Keberhasilan dan faktor “WOW” dari konferensi ini menuangkan pendapat dari pegawai BT sebagai "the best event they have ever been to".

Pameran dan Acara Perdagangan[sunting | sunting sumber]

Selama tahun 2007, Musion Eyeliner hadir dalam 3 pameran perdagangan dengan produk yang berbeda-beda:

  • Ford Otomotif dalam acara Geneva Motor Show
  • General Electric Aircraft dalam acara Paris and Dubai Air Shows
  • Caterpillar Engineering dalam acara Bauma Expo

Desain stand dari masing-masing acara berbeda, Caterpillar memilih untuk menyajikan stand yang benar-benar terbuka sehingga terlihat dari gang yang dilewati pengunjung. General Electric memilih tampilan terowongan semi-tertutup dengan pintu masuk dan keluar pada ujung terowongan. Sedangkan Ford menampilkan Musion Eyeliner dalam sebuah teater dan disajikan dalam berbagai bahasa.

Fashion Show[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007 terdapat sebuah fashion show di Amerika bernama Target Model-less Show yang diadakan di Grand Central Station, New York. Acara ini memberi warna baru dalam dunia fashion dan diperkirakan jumlah pengunjung pada acara itu adalah sebanyak 750.000 orang per hari dalam periode 2 hari.

Instalasi Retail[sunting | sunting sumber]

Celebrity Brand Endorsement yang menggunakan Musion Eyeliner dalam instalasi retail mereka:

  • Sir Richard Brandson – Launching Virgin Digital (Virgin MegaStore, Oxford Street, London)
  • Girls Aloud – Sunsilk Hair Care – Unilever (Superdrug Store, London)
  • Toyota - Pre-launch of the Toyota Auris Hatchback (Bluewater Shopping Centre, London)
  • Fiat – Pre-Launch of the Fiat 500 in Immobili (Designer Furniture Store di Milan)

Konser Musik Live dan Pertunjukan Holografik Virtual[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008 untuk pertama kalinya sebuah konser menggunakan eyeliner sehingga penonton dapat menyaksikan sekaligus berinteraksi langsung dengan penyanyi virtual hologram. Artis-artis dan orang besar yang menggunakan Eyeliner dalam pertunjukannya:

Museum[sunting | sunting sumber]

Eyeliner bekerjasama dengan semua jenis video interaktif termasuk layar sentuh, teknologi gerak, dan bahkan konfigurator produk. Hal ini dapat digunakan untuk menghadirkan kembali karakter dari masa lalu untuk kembali hidup dalam bentuk virtual yang kemudian dapat menceritakan kisah mereka kepada khalayak. Beberapa museum yang telah menggunakan instalasi dari Eyeliner:

  • Tennis Wimbledon Museum
  • Manchester United Football Museum
  • Limavady Broighter Gold Museum

Kantor Pusat Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Prestasi perusahaan, sejarah, dan aspirasi dari perusahaan dapat ditampilkan dalam persentasi holografik.

Taman Hiburan[sunting | sunting sumber]

Sistem Eyeliner sedang diimplementasikan oleh perusahaan Taman Hiburan besar seperti Disney dan Universal Studios karena menawarkan solusi yang praktis daripada teknik kuno menggunakan kaca dan Perspex.

Upacara Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Dalam upacara penghargaan, Musion Eyeliner digunakan untuk menambahkan efek khusus agar pertujukan lebih hidup, untuk menghadirkan tamu holografik, pemenang, atau bahkan mereka yang berhalangan hadir dalam acara tersebut dapat tetap muncul di atas panggung dalam bentuk holografik untuk menerima penghargaan mereka. Musion Eyeliner pernah hadir dalam acara MTV Awards, menampilkan Gorillaz, dan pada acara Grammy Awards dengan menampilkan Madonna virtual yang muncul bersama musisi-musisi animasi.

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Walaupun Musion pada dasarnya adalah untuk pertunjukan secara live, namun bisa juga ditampilkan di televisi.

Teater[sunting | sunting sumber]

Pemain teater dapat berinteraksi dengan manusia virtual atau animasi. Gambar hasil proyeksi dapat dimunculkan kapan saja di panggung secara bebas. Sistem Eyeliner telah dipergunakan dalam acara 3LD Art & Technology Centre di Lower Manhattan, untuk pertunjukan mereka yang berjudul “Losing Something.”. Eyeliner digunakan untuk menghasilkan efek-efek mengejutkan di mana secara rutin aktor muncul dan melayang-layang di dalam ruangan secara tiba-tiba.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Musion Eyeliner telah digunakan untuk tujuan pendidikan seperti instalasi pada Museum. Selain itu juga bisa dipergunakan oleh guru untuk mengajar dengan menunjukkan setiap konsep dengan gambar berbentuk 3D.

Pengembangan Properti[sunting | sunting sumber]

Model properti holografik dapat dieksplorasi, dinavigasikan, dan didemonstrasikan dengan Sistem Eyeliner.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Musion_Eyeliner_3D_Holographic_Projection". 
  2. ^ "WP_Patent_Details". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-06. Diakses tanggal 2010-10-15. 
  3. ^ "Musion_Eyeliner_System". 
  4. ^ "Musion_Eyeliner_Mechanics". 
  5. ^ "Musion_And_You". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-06. Diakses tanggal 2010-10-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]