Museum Ukir Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Museum Ukir Nusantara merupakan sebuah museum ukir pertama di dunia, museum ukir tersebut berada di Indonesia tepatnya di Jepara. Museum Ukir Nusantara[1] disebut juga Museum Ukir Jepara karena letak museum tersebut di Jepara. Museum Ukir di resmikan oleh Wakil Bupati Jepara Subroto di SMP Negeri 6 Jepara Sabtu 12 April 2014.

Tempat[sunting | sunting sumber]

Museum Ukir Nusantara berada di bekas gudang SMP Negeri 6 Jepara. Bangunan SMPN 6 Jepara tersebut, dibangun pada tahun 1929 pada zaman Hindia Belanda dengan nama Open Bare Ambacht School dan berulang kali berganti nama seperti Sekolah Pertukangan pada tahun 1945-1949 hingga akhirnya berubah nama menjadi SMPN 6 Jepara dari tahun 2002 hingga sekarang.

Daya Tarik[sunting | sunting sumber]

Kerajinan ukir bagi warga Jepara sudah mendarah daging, sehingga keberadaan Museum Ukir di bekas gudang milik SMP Negeri 6 Jepara menjadi daya tarik[2] bagi masyarakat ingin menekuni kerajinan ukir. Museum Ukir yang memiliki koleksi aneka kerajinan ukir yang cukup banyak. Bahkan tidak hanya koleksi ukir khas Jepara, ada juga ukiran khas Suku Asmat yang menjadi penghias dinding. Setiap koleksi terdapat nama jenis ukiran dan tahun pembuatannya, sehingga setiap pengunjung yang melihat aneka koleksi ukiran akan berdecak kagum. Museum tersebut juga memiliki bola dunia yang dibuat dengan motif ukiran. Bola dunia tersebut, katanya, awalnya merupakan pesanan dari Presiden Soekarno yang berkunjung ke SMPN 6 Jepara pada tahun 1962. Karena proses pembuatannya menggunakan peralatan sederhana, kata dia, proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.Akan tetapi proses pembuatan bola dunia tersebut bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan kepresidenannya sehingga belum sempat diserahkan.

Butuh dikembangkan[sunting | sunting sumber]

Supaya museum ukir ini ramai dan nyaman juga menarik perlu dikembangkan dengan menambakan beberapa fasilitas pendukung, yaitu:

  • Mini Teater (memutar sejarah film ukir Jepara, ukir dunia, dll)
  • Cafetaria/ Kantin dengan ornamen ukiran
  • Rumah Adat Jepara rumah yang penuh ukiran dengan motif ukiran Jepara kuno
  • Gazebo dengan ornamen ukir khas Jepara dan atap wuwungan khas Rumah adat Jepara
  • Taman bermain anak-anak (bergambar ukiran warna-warni)
  • Toko Sovenir (gantungan kunci berbentuk Macan Kurung, kaos bertema Jepara, dll)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-13. Diakses tanggal 2014-04-13. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-13. Diakses tanggal 2014-04-13.